Comscore Tracker

Sroto Klamud Lezat Khas Purbalingga, Inovasi Baru Dunia Persotoan

Sensasi sotonya unik banget!

Sroto Klamud atau Sroto Kelapa Muda menjadi inovasi baru dalam dunia kuliner bidang soto. Sroto yang menjadi makanan khas Purbalingga, kemudian dikreasikan lagi menjadi sroto klamud dengan cita rasa baru.

Keunikan rasanya diakui hingga mendapatkan juara pertama kategori makanan dengan bahan dasar non beras pada ajang lomba makanan khas tingkat Provinsi Jawa Tengah Juli tahun ini. Mari kita mulai mengulik sroto klamud yang unik nan lezat ini.

1. Berlokasi di Toyareja

Sroto Klamud Lezat Khas Purbalingga, Inovasi Baru Dunia Persotoanminggatan.com

Sroto Klamud berlokasi di Jalan Toyareja, Dusun 1, Toyareja, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Buka dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore, sroto klamud ini selalu ramai pembeli. Hadiyah Rubi Wahyuni merupakan sosok yang berkat racikan tangan handalnya, terciptalah sroto klamud yang unik dan khas. 

2. Ketupat yang diganti dengan ciwel

Sroto Klamud Lezat Khas Purbalingga, Inovasi Baru Dunia Persotoanngidamkuliner.pw

Jika soto biasanya menggunakan nasi atau ketupat, sroto klamud ini menggunakan bahan non beras yakni menggunakan ciwel. 

Ciwel merupakan jajan pasar yang berwarna hitam kecokelatan yang terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi. Ciwel ini memiliki tekstur yang kenyal sehingga menghasilkan kombinasi yang menarik.

Baca Juga: 5 Kreasi Minuman Air Kelapa Muda Segar, Ada yang dari Thailand

3. Bihunnya diganti kelapa muda

Sroto Klamud Lezat Khas Purbalingga, Inovasi Baru Dunia PersotoanUnsplash/Jonas Dücker

Serutan kelapa muda menjadi pengganti dari bihun yang biasa digunakan dalam sroto. Daging kelapa muda diserut, ditaburi garam kemudian dikukus selama 30 menit agar rasa mentahnya hilang. Teksturnya juga kenyal dan segar lho.

4. Wadahnya menggunakan batok kelapa

Sroto Klamud Lezat Khas Purbalingga, Inovasi Baru Dunia Persotoanhealthlignetap.com

Jika biasanya sroto menggunakan mangkok, lain halnya dengan sroto klamud yang menggunakan wadah langsung dari kelapa muda lengkap beserta serabutnya.

Meskipun menggunakan batok kelapa, namun kuahnya tidak menggunakan air kelapa karena akan memberikan rasa asam. Selain itu, wadahnya juga digunakan hanya sekali pakai lho.

5. Harga ekonomis

Sroto Klamud Lezat Khas Purbalingga, Inovasi Baru Dunia Persotoanpesona.travel

Sroto klamud dengan daging ayam ini dihargai seharga 18 ribu sedangkan babat atau daging sapi seharga Rp20.000. Jika menggunakan mangkok biasa harganya Rp15.000 dan sroto original harganya Rp10.000 per mangkok. Murah bukan? Harga ini sangat recommended untuk merasakan sroto klamud dengan cita rasa yang unik dan lezat.

Penasaran bukan? Nah, sroto klamud ini wajib kamu coba ketika berkunjung ke tanah ngapak, agar bisa merasakan cita rasa baru dalam dunia persotoan!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Soto Ayam di Surabaya Selain Cak Har, Bikin Nagih!

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya