Comscore Tracker

6 Kuliner Khas Daerah Paling Dicari Saat Ramadan

Selalu bikin kangen!

Indonesia memiliki banyak hal yang bisa dieksplorasi. Mulai dari kekayaan alam, budaya, sampai bahasa. Tapi kali ini IDN Times gak akan mengulas tiga hal tersebut. Kami mau mengajakmu melihat berbagai kuliner khas daerah yang selalu dicari saat Ramadan. Mau tahu apa saja?

1. Soto Kudus - Kudus

6 Kuliner Khas Daerah Paling Dicari Saat Ramadancookpad.com

Segarnya Soto Kudus memang selalu menggoda untuk menyantap kuliner ini. Ternyata gak cuma kita, warga Kudus pun menjadikan makanan tersebut sebagai menu andalan, termasuk saat Ramadan. Biasanya Soto Kudus disajikan sebagai menu berat saat berbuka.

2.Tahu gimbal - Semarang

6 Kuliner Khas Daerah Paling Dicari Saat Ramadaneatjogja.com

Kalau di Kudus menu kesukaannya sesuatu yang segar, maka warga Semarang pilih yang gurih dan juga pedas.Tahu gimbal menjadi menu andalan waktu berbuka di kota itu. Campuran tahu goreng, ketupat, telur yang dicampur bumbu kacang petis udang memang bikin siapa saja dijamin ketagihan.

3. Lemang - Aceh

6 Kuliner Khas Daerah Paling Dicari Saat Ramadanm.utusan.com.my

Di kota yang terkenal dengan  sebutan Serambi Mekah tersebut kuliner khasnya saat Ramadan adalah lemang. Lemang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan, santan, dan juga garam. Ketiga bahan ini dimasukan ke dalam bambu lalu dibakar. Biasanya lemang dijadikan menu takjil untuk berbuka.

4. Ikan saluang - Banjarmasin

6 Kuliner Khas Daerah Paling Dicari Saat Ramadancookpad.com

Untuk berbuka puasa, biasanya warga Banjarmasin akan memilih ikan saluang. Ikan saluang merupakan yang hiduo pada sungai di negara Brunei, Malaysia, dan juga Indonesia. Hal yang membuat ikan ini istimewa adalah sensasi kriuk saat dimakan. Biasanya ikan saluang dimasak dengan cara digoreng kering. 

5. Popaco - Ternate

6 Kuliner Khas Daerah Paling Dicari Saat Ramadanmerahputih.com

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Ternate saat Ramadan, jangan lupa cicipi kuliner khasnya yaitu Papaco. Papaco merupakan kue yang terbuat dari campuran tepung kanji, beras, dan juga santan. Rasa dominan dari makanan ini adalah manis dan asin. Biasanya papaco disajikan sebagai menu takjil saat puasa.

6. Tahu telur - Jawa Timur

6 Kuliner Khas Daerah Paling Dicari Saat Ramadanharianresep.blogspot.co.id

Setelah seharian puasa tentu tubuhmu membutuhkan energi yang diperoleh dari makanan. Nah warga Jawa Timur biasanya mendapat energi dari makanan khas mereka yaitu tahu telor. Tahu telor dibuat dengan campuran telor dadar, tahu goreng, serta diberi sambal petis yang pedas tapi juga manis.


Gak cuma makanan, daerah-daerah tersebut juga mempunyai tradisi menyambut Ramadan yang berbeda. Misalnya di Aceh ada tradisi Meugang, Semarang dengan Dugderan, dan Banjarmasin yang memiliki tradisi Bagarakan Sahur. Seluruh tradisi-tradisi tersebut biasanya dilakukan menjelang atau selama bulan puasa. 

Meski menyambut dengan cara berbeda tapi spirit yang dimiliki tetaplah memuliakan keagungan yang sama. Nah sekarang ini ada game seru yaitu Tualang Ramadan yang akan membawamu berpetualang ke berbagai daerah di Indonesia untuk melihat tradisi bulan Ramadan. Dengan memainkan game ini kamu bisa mengenal lebih dalam lagi mengenai tradisi menjelang Ramadan yang ada di Indonesia.

yummy-banner

Topic:

Just For You