Comscore Tracker

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngiler

Berbukalah dengan yang manis

Bulan Ramadan sering identik dengan makanan kolak. Menu pembuka puasa yang berkuah santan dan gula merah ini memang sangat digemari masyarakat Indonesia. Karena selain manis dan gurih, kolak dipercaya bisa memberikan tenaga baru setelah seharian tidak menyantap makanan dan minuman. Berikut ini adalah jenis-jenis kolak yang paling digemari masyarakat Indonesia.

1. Kolak pisang

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilerresepkoki.id

Kolak pisang masuk dalam urutan pertama paling digemari masyarakat Indonesia karena sudah populer. Bahan dasarnya pun mudah didapat di semua tempat. Selain kolak pisang biasa, variasi kolak pisang kini sudah beragam seperti kolak pisang ijo, kolak pisang cokelat, kolak pisang keju, dan bahkan ada kolak es havermunt pisang.

2. Kolak umbi-umbian

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilercookpad.com

Selain direbus dan digoreng, umbi-umbian bisa juga dibuat kolak. Selain karena mudah didapat, umbi-umbian mengandung karbohidrat, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Jenis kolak umbi-umbian pun bermacam-macam. Mulai dari kolak ubi jalar, kolak singkong, kolak ubi ungu, kolak tapai, kolak biji salak, dan sebagainya.

3. Kolak pacar Cina

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilercemilangorengan.wordpress.com

Kolak pacar Cina berbentuk kotak-kotak sebesar dadu dan berwarna-warni ini banyak digemari. Sebab teksturnya yang lembut dan kenyal. Pacar Cina pun bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain agar lebih variatif.

4. Kolak kolang kaling

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilerhttp://wartakota.tribunnews.com

Buah kolang-kaling berbentuk bulat lonjong warna putih bening dan kenyal, serta memiliki kandungan air yang cukup banyak. Ini pun sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Sebab sangat nikmat.

5. Kolak labu

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilerhttp://www.aslibanget.com

Kolak labu sangat nikmat untuk disantap. Jenis labu yang biasa digunakan adalah jenis labu kuning (Labu parang). Karena teksturnya lembut dan sangat pas dijadikan kolak, selain dibuat sebagai makanan biasa dan obat.

6. Kolak candil

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilerhttp://bisikan.com

Kolak candil adalah kolak yang terbuat dari tepung ketan, dibentuk bulat-bulat kecil serta dimasak bersama santan dan air gula. Rasanya yang manis dan legit menjadi sensasi tersendiri saat pilihan kolak-kolak lain sudah terasa membosankan.

7. Kolak kacang hijau

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilerhttp://resepjuna.blogspot.com

Kolak kacang hijau merupakan kolak yang digemari oleh anak-anak. Karena biasa dijual sehari-hari di beberapa tempat. Rasanya yang manis dan gurih. Banyak mengandung manfaat dan nutris. Sangat baik bagi kesehatan.

8. Kolak ayam

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilerhttp://kuliner.panduanwisata.id

Terdengar aneh, namun ada kolak ayam yang menjadi tradisi setiap tanggal 22-23 Ramadan di Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kolak ini ternyata sangat nikmat untuk disantap. Selain nikmat, kolak ayam ini pun ternyata berkhasiat sebagai obat.

9. Kolak durian

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilercookpad.com

Tak banyak yang tahu. Ternyata ada kolak yang terbuat dari bahan durian. Rasanya yang berbau khas buah durian menjadi sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Pecinta buah durian semakin dimanjakan lidahnya karena bisa menikmati buah durian dengan cara berbeda.

10. Kolak radio

10 Kolak yang Paling Digemari di Indonesia, Jangan Ngilerresepnasional.com

Kolak radio yang dikenal di wilayah Kabupaten Serang ini berisi aneka ragam buah-buahan lokal. Seperti jambu batu, salak, nanas, kolang-kaling, serta beberapa buah lain yang dimasak bersama air gula dan santan. Sensasi rasa salak yang manis dan agak sepet ini menjadi ciri khas tersendiri ketika menikmati kolak radio.

Sebenarnya, masih banyak kolak-kolak khas dari berbagai wilayah di Indonesia yang patut dijadikan pilihan untuk santapan berbuka puasa. Seperti kolak apel, kolak Aceh (bulukat kuah tuhe), kolding (kolak dingin) khas Medan, kolak Minang, dan sebagainya.

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya