Comscore Tracker

5 Kuliner Ini Bergelar Iblis karena Tampilan dan Rasa, Berani?  

Siap-siap bikin bibir jontor 

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan masyarakat Indonesia gak jauh-jauh dari rasa pedas. Saking sukanya dengan rasa pedas, banyak penamaan menu makanan pedas yang dibuat seekstrim mungkin.

Bahkan kata 'iblis' pun sampai digunakan untuk menggambarkan cita rasa makanan yang super pedas, yang bisa bikin bibir jontor hingga perut mulas.

Tak hanya namanya saja, penampilannya pun bikin seram dengan banyaknya penggunaan cabai. Buat pecinta pedas, berikut sederet makanan populer yang punya gelar 'iblis' buat kamu coba. Awas, keblenger!

1. Bakso Sera Simo Pusat

5 Kuliner Ini Bergelar Iblis karena Tampilan dan Rasa, Berani?  potret hidangan Bakso Sera Simo Pusat (instagram.com/baksoserasimo_pusat)

Bakso Sera Simo Pusat cukup terkenal di Boyolali. Pasalnya, tempat makan ini menawarkan aneka menu bakso dengan ukuran tak lazim dan cita rasa yang super pedas.

Nama menunya saja sudah gahar, seperti bakso rusuk setan, bakso kawah merapi, bakso tumpeng merapi, bakso tong setan, bakso rusuk setan dan lainnya. Tak hanya kuah baksonya saja yang berwarna merah dan bisa bikin bibir jontor, tampilan bakso beranaknya juga bikin ngeri, lho.

Bayangkan, bakso ukuran raksasa ini diisi dengan puluhan butir bakso mercon, lengkap dengan ulekan cabai rawit pedas yang bikin merinding. Tak heran, jika bakso ini diberi julukan bakso iblis. Dijamin keblenger!

Alamat: Jalan Bangak - Simo, Kebayanan 3, Pelem, Boyolali, Jawa Tengah
Jam operasional: setiap hari, pukul 11.00-20.00 WIB
Harga: mulai dari Rp 8.000

2. Mie Gacoan 

5 Kuliner Ini Bergelar Iblis karena Tampilan dan Rasa, Berani?  potret hidangan mie iblis Gacoan (instagram.com/miegacoan.bali)

Kedai mi pedas yang berdiri sejak 2016 ini banyak digandrungi pelajar dan mahasiswa. Pasalnya, selain tempatnya yang asik buat nongkrong, nugas, ngobrol santai ataupun ngeksis bareng, harganya pun terjangkau.

Mie Gacoan punya menu mi ekstra pedas yang mendapat julukan 'Mie Iblis'. Penggemar makanan pedas sampai rela antri, lho, demi bisa mencicipi mi yang satu ini.

Mie Iblis ini diracik dengan 18 cabai yang diulek lalu dicampur ke dalam mie berbumbu. Selain mie iblis, mie lainnya ada mie angel dan mie setan. Sensasi pedasnya memang nampol banget, serasa membakar lidah. Tapi anehnya bagi penyuka pedas, justru malah bikin nagih, lho.

Alamat: Jalan Tebet Raya Nomor 35, Tebet, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00--23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp10.000

Baca Juga: 10 Kuliner Pedas Khas Sichuan, Nikmatnya Membakar Lidah!

3. Oseng Mercon Bu Narti

5 Kuliner Ini Bergelar Iblis karena Tampilan dan Rasa, Berani?  Oseng Mercon Bu Narti (instagram.com/kabarjogja)

Tak melulu dengan masakan manisnya, di warung oseng mercon Bu Narti Yogyakarta, kamu bakal merasakan kuliner super pedas yang bisa bikin keringat bercucuran. Warung yang sudah ada sejak tahun 1965 ini menyajikan hidangan yang dibumbui cabai ekstra hot.

Isi hidangan ini terdiri dari daging sapi, gajih, kikil, tulang muda dan kulit. Selain itu, ada pula ayam goreng, lele, burung puyuh goreng, iso dan babat goreng.

Kepungan irisan cabai rawitnya memang gak main-main. Gak heran dijuluki oseng 'mercon', karena bisa bikin mulut terbakar bak kena letupan mercon. Tapi anehnya, bikin kamu balik lagi makan di sini, ya kan?

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 107, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta
Jam operasional: Setiap hari, pukul 16.00--23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp15.000

4. Seblak Jeletet Murni

5 Kuliner Ini Bergelar Iblis karena Tampilan dan Rasa, Berani?  potret hidangan Seblak Jeletet Murni (instagram.com/seblak_jeletet_murni)

Kuliner lain yang mendapat gelar 'iblis' adalah Seblak Jeletet Murni. Kuliner ini populer berkat banyaknya YouTubers dan pengguna Instagram yang mengunggah pengalaman mereka mencicipi seblak ini.

Kuliner Bandung yang terbuat dari kerupuk basah ini menyajikan olahan seblak dengan 5 pilihan level pedas yang bisa dipilih. Ragam isiannya mulai dari ceker, kerupuk, makaroni, jeroan dan lainnya. Semangkuk seblak hangat dengan kuah merah menggenang memang bikin berselera.

Perpaduan antara kuah dan isian seblak memberikan sensasi tersendiri di lidah. Soal rasa, jangan ditanya, pedas nampol pokoknya. Harganya memang sedikit lebih pricey, tapi porsinya banyak dan dijamin puas. 

Alamat: Jalan Tj. Duren Utara 4 Nomor 56b, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Jam operasional: Setiap hari, pukul 14.00--22.30 WIB
Harga: Mulai dari Rp15.000

5. Sambal Iblis Bunda Felly 

5 Kuliner Ini Bergelar Iblis karena Tampilan dan Rasa, Berani?  Sambal Iblis Bunda Felly (instagram.com/sambaliblisbundafelly)

Bagi penggemar sambal super pedas wajib mampir ke Sambal Iblis Bunda Felly yang ada di Cilandak, Jakarta Selatan. Menunya memang biasa, seperti layaknya makanan kaki lima lainnya, namun jangan main-main dengan sambalnya. Ada ratusan cabai rawit merah super pedas yang diulek menjadi sambal ekstra pedas.

Sesuai dengan judulnya, sambal iblis inilah yang menjadi ciri khas rumah maka Bunda Felly. Lauknya beragam, ada ayam, bebek, nila, lele, gurame, pepes dan ati ampela.
Lalapan, pete, jengkol, tempe, jadi hidangan pelengkap pelanggan setianya yang tak bisa berhenti makan meski tersengat pedasnya cabai.

Alamat: Jalan RS Fatmawati Nomor 98A, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari, pukul 18.30--03.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp15.000

 

Sesuai tampilan dan rasanya, julukan 'iblis' memang layak disandang kelima kuliner di atas. Kuliner pedas mana, nih, yang sudah kamu coba?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Pedas Khas Sumatra Barat, Bikin Ngiler Seketika

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya