Comscore Tracker

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!

Chef profesional membuat masakan rumahan jadi berkelas

Nama Eddrian Tjhia patut diperhitungkan dalam dunia kuliner Indonesia. Karena berasal dari Bangka, tak usah diragukan lagi jika chef Eddrian yang  memasak masakan Bangka, sudah pasti juara deh rasanya!

Berikut beberapa tampilan foto hasil masakan khas Bangka ala Chef Eddrian! Bisa jadi ide memasak kamu, nih!

1. Bawal tauco cabai hijau khas Bangka

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Bawal Tauco (instagram.com/eddriantjhia)

Bagi kamu penggemar ikan, pasti suka dengan ikan yang satu ini. Rasa ikan bawal memang beda dengan ikan lainnya. Dagingnya terasa empuk, gurih dan berisi. Rasanya yang lezat dipadu dengan saus tauco terasa nikmat di lidah. Apalagi dimakan dengan nasi hangat, tak terasa satu porsi pun tandas di piring.

2. Lakso bangka topping pempek udang dan kemplang

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Lakso Bangka (instagram.com/eddriantjhia)

Lakso merupakan masakan khas Bangka yang cukup populer. Isinya adalah mi putih lembut yang sedikit kenyal, lalu disiram kuah santan kuning, berbumbu ikan yang gurih. 

Adonan lakso biasanya terbuat dari tepung beras. Di sini chef Eddrian membuat lakso terasa lebih spesial dengan topping pempek udang dan kemplang. Dijamin rasanya juara banget!

3. Bakso ikan goreng khas Bangka

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Baso Ikan Goreng (instagram.com/eddriantjhia)

Hampir semua orang pasti menyukai bakso goreng. Eng piang, atau masyarakat Melayu menyebutnya dengan nama ampiyang, merupakan variasi makanan otak-otak yang asal mulanya diracik oleh masyarakat Tionghoa Belinyu yang proses memasaknya dengan cara digoreng. 

Eng piang lebih nikmat dimakan dengan cocolan saus sambal racikan. Rasanya yang gurih, pedas, dan ada sedikit asam membuatnya jadi favorit keluarga.

4. Keladi tanduk tumis belacan khas Bangka

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Keladi Tanduk Tumis Belacan (instagram.com/eddriantjhia)

Jangan meremehkan keladi. Di tangan chef Eddrian, keladi yang masih serumpun dengan talas ini bisa berubah menjadi masakan yang nikmat, lho. Saus belacan menjadi andalan utama pada masakan ini. 

Dengan perpaduan bumbu dapur yang pas, seperti bawang merah, bawang putih, kencur, gula, garam, air asam jawa, ebi, dan cabai rawit membuat masakan keladi menjadi istimewa.

Baca Juga: Resep Mi Kuah Ikan Khas Bangka, Kuahnya Kaya Rasa dan Gurih Banget

5. Asam pedas ikan pari khas Bangka

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Asam Pedas Ikan Pari (instagram.com/eddriantjhia)

Rasa ikan pari yang mantap membuatnya cukup populer di kalangan pencinta ikan. Ikan yang  bertulang muda ini bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat. Salah satunya dibuat asam pedas.

Memasak ikan pari membutuhkan perlakuan khusus agar mendapatkan hasil olahan yang maksimal. Untuk menghilangkan bau amonia pada ikan pari, kamu bisa melumuri dengan jeruk nipis atau dimasak dengan bumbu rempah yang banyak.

6. Baby cumi goreng asam khas Bangka

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Baby Cumi Goreng Asam (instagram.com/eddriantjhia)

Masakan ini sangat sederhana sekali. Bahan utamanya adalah baby cumi yang digoreng, lalu disiram saus asam. Untuk mendapatkan daging cumi yang empuk, tipsnya jangan terlalu lama menggorengnya. Jika tidak, daging cumi akan terasa alot.

7. Tahu masak belacan khas Bangka

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Tahu Masak Belacan (instagram.com/eddriantjhia)

Lagi-lagi saus belacan. Ya, karena belacan memang sudah menjadi trademark masakan Bangka. Apa pun bahan masakannya, walaupun ini hanya memakai tahu yang digoreng terlebih dahulu, jika memakai saus belacan, hasil masakannya pasti mantul. Pedas dan wangi belacannya bikin ketagihan.

8. Tumis cumi timun khas Bangka

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Tumis Cumi Timun (instagram.com/eddriantjhia)

Ini pun termasuk masakan yang mudah dibuat. Bahan utamanya hanya daging cumi dan irisan timun. Kemudian ditumis dengan menggunakan saus tiram dan bumbu lainnya. Rasanya tidak kalah enak dengan masakan Bangka lainnya.

9. Udang goreng asam jawa khas Bangka

9 Masakan Bangka ala Chef Eddrian Tjhia, Simple Berkelas!Udang Goreng Asam Jawa (instagram.com/eddriantjhia)

Sama seperti pada masakan nomor enam, hanya dagingnya saja yang diganti dengan udang. Cara menggoreng udang pun sama seperti menggoreng cumi, yakni hanya sebentar saja untuk mendapatkan rasa udang yang empuk.

Menarik, sekali, ya! Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satu masakan di atas? Masakan khas Bangka mana nih yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Resep Mie Koba Khas Bangka, Cocok Dinikmati saat Cuaca Dingin

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya