Comscore Tracker

5 Rekomendasi Nasi Gandul Paling Hits di Semarang, Gurih dan Sedap! 

Jangan lupa untuk mencicipinya kala main ke Semarang

Nasi gandul adalah hidangan berkuah berwarna kecoklatan yang merupakan kuliner khas Pati, Jawa Tengah. Penampakan dan sensasi rasanya sekilas mirip perpaduan antara rawon, gulai, dan semur daging.

Seporsi nasi gandul biasanya terdiri dari nasi, potongan daging sapi, dan kuah gandul. Cara penyajiannya beralaskan daun pisang. Buat kamu yang sedang berada di Semarang, berikut sederet tempat makan nasi gandul enak yang bisa kamu kunjungi.

1. Nasi Gandul Pak Memet 

5 Rekomendasi Nasi Gandul Paling Hits di Semarang, Gurih dan Sedap! Nasi Gandul Pak Memet (instagram.com/titip.tuku.id)

Tempat makan legendaris ini sudah berdiri sejak 1990. Keistimewaan Nasi Gandul Pak Memet adalah daging sapi dan babatnya yang empuk. Bahan dan kecap yang digunakan juga didatangkan langsung dari Pati untuk menjaga keaslian cita rasanya. Rasa kuahnya gurih dan tidak terlalu kental. Makin nikmat disantap bersama gorengan dan jeroan.

Untuk menikmati kelezatannya, cukup merogoh kocek mulai dari Rp8.000 saja. Nasi Gandul yang selalu ramai pembeli ini buka mulai pukul 16.00-21.30 WIB. Lokasinya di Jalan dr Cipto Nomor 12, Bugangan, Semarang, Jawa Tengah.

2. Nasi Gandul Pak Kong 

5 Rekomendasi Nasi Gandul Paling Hits di Semarang, Gurih dan Sedap! Nasi Gandul Pak Kong (instagram.com/dodit.r)

Nasi Gandul Pak Kong terletak di Jalan Anjasmoro Raya, Karangayu, Semarang, Jawa Tengah. Tempatnya tidak terlalu besar, tapi kebersihannya terjaga. Porsinya juga pas. Kombinasi hangatnya kuah dan nasi membuat hidangan ini terasa gurih dan nikmat. Sambalnya pun mantap.

Seporsi nasi gandul dengan lauk daging dipatok mulai dari Rp11.000, tergantung pada lauk yang dipilih. Ragam pilihan lauknya ada daging sapi, paru, iso, otak, ati, telur, babat, jantung dan perkedel. Nasi Gandul Pak Kong berjualan mulai pukul 16.00-22.00 WIB.

Baca Juga: 10 Kuliner Legendaris Semarang Selain Lumpia, Gak Kalah Menggoda

3. Nasi Gandul Pak Subur 

5 Rekomendasi Nasi Gandul Paling Hits di Semarang, Gurih dan Sedap! Nasi Gandul Pak Subur (instagram.com/eatandjournal)

Satu lagi tempat nasi gandul yang cukup populer di Semarang adalah Nasi Gandul Pak Subur. Saking ramainya, kedai ini bisa menjual ratusan porsi tiap harinya. Cita rasa kuahnya manis dengan tekstur daging sapi yang lembut. Bumbunya meresap sampai ke dalam, nikmat banget bahkan ketika dimakan tanpa kuahnya.

Alamat Nasi Gandul Pak Subur ada di Jalan Kh Ahmad Dahlan, Karangkidul,  Semarang, Jawa Tengah. Jam operasional mereka dari sore, dari pukul 17.00-23.00 WIB. Tapi sebaiknya jangan datang terlalu larut, kalau tidak mau kehabisan koyor dan urat.
 

4. Warung Nasi Gandul Pak Abdul 

5 Rekomendasi Nasi Gandul Paling Hits di Semarang, Gurih dan Sedap! ilustrasi hidangan nasi gandul (instagram.com/_iw4k_k4ring888)

Untuk mengobati rasa kangen makan nasi gandul khas Pati, kamu bisa mampir ke warung nasi gandul Pak Abdul. Warung ini cukup terkenal di Semarang dengan cita rasa otentik dan bumbu rempah khas yang kental.

Bumbunya begitu meresap kuat dan dagingnya effortless, super duper empuk. Tempatnya terawat dan bersih. Yang mau coba bisa langsung ke Jalan Sisingamangaraja, Candisari, Candi, Semarang, Semarang, Jawa Tengah. Mereka buka dari pukul 16.30-22.00 WIB.

5. Nasi Gandul Bu Sri 

5 Rekomendasi Nasi Gandul Paling Hits di Semarang, Gurih dan Sedap! Nasi Gandul Bu Sri (instagram.com/ nasigandulbusri)

Nasi Gandul Bu Sri yang berlokasi di Jalan Sambiroto Raya Nomor 91, Sambiroto, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah ini terkenal dengan isian dagingnya yang berlimpah. Pokoknya puas banget, deh.

Buat yang tidak terlalu suka masakan pedas, cocok banget makan nasi gandul Bu Sri karena rasa kuahnya cenderung manis. Kamu bisa menikmati nasi gandul Bu Sri untuk sarapan, makan siang, atau makan malam karena jam operasional mereka dari pagi pukul 07.00-21.30 WIB.

Menikmati seporsi nasi gandul memang lebih nikmat di malam hari. Dinginnya udara malam pas banget ditemani hangatnya kuah nasi gandul dan lembutnya daging. Yakin, gak mau coba saat ke Semarang?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Semarang, Bikin Malas Pulang

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya