Comscore Tracker

Sejarah Cotton Candy, Permen Manis dengan Tekstur bak Kapas

Ternyata yang pertama kali membuat dokter gigi lho!

Cotton candy atau yang lebih dikenal sebagai permen kapas adalah salah satu jajanan yang populer, terutama di kawasan festival ataupun taman bermain. Rasanya yang manis dan teksturnya yang tipis bak kapas membuat permen yang satu ini banyak diminati orang.

Ternyata, permen kapas punya sejarah yang menarik lho. Mau tahu asal usul terciptanya permen kapas hingga akhirnya populer dan mendunia?

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Terinspirasi dari Sugar Spun

Sejarah Cotton Candy, Permen Manis dengan Tekstur bak Kapasleitesculinaria.com

Dilansir dari cottoncandy.net, permen kapas sangat erat kaitannya dengan sugar spun atau pintalan gula. Di abad ke-14, sugar spun dikenal sebagai pencuci mulut yang sangat populer di Italia. Sugar spun dibuat dengan cara mencairkan gula di atas panci dan membentuk benang gula dengan memakai garpu.

2. Mesin pembuat permen kapas pertama kali dibuat oleh William Morrison dan John C. Wharton

Sejarah Cotton Candy, Permen Manis dengan Tekstur bak Kapasdcdentalclinical.com

Dilansir National Geographic, seorang dokter gigi bernama William Morrison dibantu dengan penjual manisan bernama John C. Wharton membuat dan mematenkan sebuah mesim pembuat permen kapas bernama electric candy machine. Permen kapas pun tercipta berkat penemuan mesin oleh kedua orang tersebut.

Mesin buatan Morrison dan Wharton ini mulai dikenal saat pagelaran Louisiana Purchase Exposition pada tahun 1904. Di pagelaran tersebut, mereka berhasil menjual 68.655 box permen kapas dan pada saat itu dijual dengan nama Fairy Floss.

Baca Juga: 5 Fakta & Sejarah Dorayaki, Kue Favorit Doraemon yang Maknyus

3. Dikenal dengan nama Candy Floss dan Fairy Floss

Sejarah Cotton Candy, Permen Manis dengan Tekstur bak Kapasblog.burkett.com

Cotton candy atau permen kapas bukanlah satu-satunya nama untuk jajanan manis yang satu ini.

Dilansir dari wikipedia.com, permen kapas di Australia dikenal sebagai fairy floss. Sementara, permen kapas di Inggris, Irlandia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Arab, India, dan Sri Lanka dikenal dengan nama candy floss.

Sementara itu, nama cotton candy pertama kali dikemukakan oleh seorang dokter gigi bernama Josef Lascaux. Kata cotton terinspirasi dari karena permen kapas buatannya miripnya tanaman kapas yang tumbuh di Louisiana, tempat di mana Lascaux tinggal.

4. Tootsie Rolls Industries adalah perusahaan yang memproduksi permen kapas terbesar di Amerika Serikat

Sejarah Cotton Candy, Permen Manis dengan Tekstur bak Kapaseconomycandy.com

Tak hanya identik dijual di festival ataupun taman bermain, permen kapas juga merambah ke industri jajanan dalam bentuk produk kemasan lho.

Tootsie Roll Industries, perusahaan yang memproduksi manisan dari Amerika Serikat memiliki permen kapas versi mereka yang bernama Fluffy Stuff. Fluffy Stuff diperkenalkan sejak tahun 2000 hingga sekarang. Berkat produk yang satu ini, Tootsie Roll menjadi perusahaan terbesar di Amerika Serikat.

5. Hari Permen Kapas Nasional ditetapkan pada tanggal 7 Desember

Sejarah Cotton Candy, Permen Manis dengan Tekstur bak Kapasfoodimentary.com

Sangking populer dan berkesannya jajanan manis nan lembut yang satu ini, Amerika Serikat menetapkan Hari Permen Kapas Nasional atau National Cotton Candy Day di Amerika yang jatuh pada tanggal 7 Desember lho.

Wah, tak hanya manis dan lembut di mulut, ternyata permen kapas punya sejarah yang menarik dan unik. Setelah membaca asal usul jajanan yang satu ini, rasanya jadi pengen nyemil permen kapas ya.

Baca Juga: 12 Cotton Candy Dessert Kekinian Ini Bikin Gagal Diet, Melting Deh!

Imanuella Gerlani Photo Verified Writer Imanuella Gerlani

God with us.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya