Comscore Tracker

6 Tips Simpan Bahan Makanan Saat #DiRumahAja

Biar gak mudah busuk!

Karena wabah virus corona sudah menjalar sampai ke Indonesia tentunya kita harus tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran wabah. Meski harus tetap tinggal di rumah tentunya kita tetap harus makan dan membeli stok bahan makanan.

Namun banyak makanan yang cepat basi padahal di kondisi seperti ini tentu kita tidak bisa sering-sering pergi ke luar untuk belanja sayuran dan makanan pokok lainnya. Nah agar makanan tak cepat basi saat masa isolasi, yuk terapkan 6 cara berikut ini!

1. Jangan simpan semua barang dalam lemari es

6 Tips Simpan Bahan Makanan Saat #DiRumahAjaPexels/Engin Akyurt

Ada beberapa barang yang baiknya tidak disimpan dalam lemari es karena hanya akan membuatnya lembab dan cepat membusuk. Misalnya kentang, bawang putih dan bawang merah. Bahan makanan ini lebih baik simpan di tempat kering karena mampu bertahan selama seminggu.

2. Beli buah yang masih mentah sampai matang dengan sendirinya

6 Tips Simpan Bahan Makanan Saat #DiRumahAjaPexels/Though Catalog

Daripada beli buah yang matang dan akhirnya cepat membusuk lebih baik beli saja buah yang mentah atau setengah matang. Hal ini untuk mencegah buah cepat membusuk yang akhirnya malah terbuang begitu saja. Dengan membeli buah setengah matang tentunya buah tersebut akan tahan lebih lama dan saat matang nanti tentu bisa langsung dikonsumsi.

3. Atur lemari es pada kisaran suhu 4 derajat saja

6 Tips Simpan Bahan Makanan Saat #DiRumahAjaPexels/Magda

Untuk mencegah cepat busuk kamu pun bisa membeli buah yang masih mentah. Misalnya pisang, cobalah beli yang setengah matang dan simpan di meja makan saja. Beberapa hari pastinya pisang tersebut akan matang dan bisa dimakan. Dengan begitu buah-buahan yang kamu beli gak akan cepat membusuk.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menyimpan Makanan di Kulkas

4. Bungkus daging dengan plastik atau alumunium foil

6 Tips Simpan Bahan Makanan Saat #DiRumahAjaPexels/Mali Maeder

Dalam udara terbuka biasanya daging merah akan cepat membusuk. Oleh sebab itu baiknya simpan daging merah dalam bungkus plastik atau alumunium foil sebelum dimasukkan dalam freezer. Ruang kedap udara akan membuat daging tahan lama dan tidak cepat membusuk di masa isolasi seperti sekarang.

5. Simpan buah-buahan seperti jeruk dalam jaring

6 Tips Simpan Bahan Makanan Saat #DiRumahAjaPexels/Pixabay

Beberapa buah-buahan ada yang lebih awet jika disimpan dalam jaring seperti jeruk misalnya saat hendak dimasukkan dalam kulkas. Hal ini karena saat dimasukkan dalam jaring terlebih dulu tentunya jeruk dalam keadaan kering dan bebas lembab sehingga proses pembuskan pun akan dapat diminimalisir.

6. Simpan sayuran dalam tempat terpisah

6 Tips Simpan Bahan Makanan Saat #DiRumahAjaPexels/Picjumbo.com

Saat menyimpan sayuran memang baiknya disimpan dalam keadaan terpisah. Karena saat menyimpannya secara bersamaan biasanya akan cepat membusuk. Pisahkan semua jenis sayuran supaya kemungkinan terjadinya pembusukan pun kecil dan laju pembusukan bisa ditekan. Dengan begitu meski harus di rumah saja kamu tak perlu khawatir kekurangan bahan makanan.

Dengan begitu tentunya kita tak perlu khawatir lagi jika stok makanan membusuk tanpa sempat dikonsumsi. Karena saat wabah terjadi tempat terbaik adalah dengan tinggal di rumah.

Baca Juga: 10 Jenis Kesalahan Menyimpan Bahan Makanan Ini Mengundang Bahaya

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya