Comscore Tracker

5 Fungsi Telur dalam Kuliner yang Wajib Kamu Ketahui!

Gak cuma buat lauk atau bikin roti lho

Telur merupakan bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar orang Indonesia. Telur sendiri terdiri dari bagian putih telur dan kuning telur. Pada dunia kuliner, selain diolah menjadi sebuah hidangan, telur juga memiliki fungsi penting yang digunakan sebagai pelengkap dalam pengolahan berbagai makanan.

Penasaran apa saja fungsi telur dalam dunia kuliner? Yuk kita simak penjelasan berikut.

1. Sebagai pengikat atau perekat

5 Fungsi Telur dalam Kuliner yang Wajib Kamu Ketahui!pixabay.com/stevepb

Putih telur mengandung protein yang tinggi yang dapat digunakan dalam merekatkan adonan. Selain itu juga karena sifat adhesivitasnya sehingga dapat mengikat bahan lain dan tekstur produk menjadi kompak. Contohnya yaitu pengikat pada sponge cake agar tekstur tidak terlalu beremah dan pada pembuatan bakso.

2. Sebagai pengembang

5 Fungsi Telur dalam Kuliner yang Wajib Kamu Ketahui!pixabay.com/Skitterphoto

Proses pembentukan buih dimulai saat putih telur dikocok kemudian gelembung udara akan ditangkap oleh putih telur dan terbentuklah buih. Pembentukan buih ovalbumin (paling kuat), ovomusin (menstabilkan buih) serta ovoglobin (meningkatkan kekentalan) berasal dari protein yang terdapat pada putih telur (albumin) yang dilakukan dengan cara pengocokan dengan kecepatan tinggi dan konstan. Daya buih tersebut dibutuhkan dalam pembuatan puding, roti, dll.

3. Sebagai pengental dan pembentuk gel

5 Fungsi Telur dalam Kuliner yang Wajib Kamu Ketahui!pixabay.com/Couleur

Berkaitan dengan kemampuan emulsi pada bagian kuning telur (emulsi minyak dalam air) yang banyak digunakan pada pengolahan saus minyak yaitu seperti mayonnaise. Protein dalam telur yang mengalami denaturasi akan mengakibatkan terjadinya penggumpalan protein atau pembentukan gel. Produk pangan yang menggunakan telur sebagai pembentuk gel adalah puding.

Baca Juga: 9 Tips Memasak Telur Rebus Setengah Matang yang Enak dan Gak Amis

4. Sebagai pelembut atau pengempuk

5 Fungsi Telur dalam Kuliner yang Wajib Kamu Ketahui!pixabay.com/Alexas_Fotos

Penggunaan kuning telur yang lebih banyak dapat membuat tekstur kue menjadi lembut karena sebagian besar kandungan pada kuning telur adalah lemak. Sehingga penggunaan pelembut sintetis atau cake emulsifier dapat dikurangi bahkan dihilangkan.

5. Sebagai pewarna atau garnish dan rasa gurih

5 Fungsi Telur dalam Kuliner yang Wajib Kamu Ketahui!pixabay.com/Pexels

Penggunaan kuning telur untuk pewarna pada makanan salah satunya dengan cara mengoles kuning telur pada cookies, kue, ayam panggang, dll dan dapat memberikan rasa gurih pada masakan. Kandungan dalam kuning telur yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna dalah lesitin.

Berdasarkan informasi di atas, ternyata fungsi telur dalam dunia kuliner banyak juga ya. Tidak hanya diolah, telur ternyata memiliki banyak fungsi yang sangat diperlukan dalam berbagai pengolahan makanan. Selamat mencoba!

Sumber:

Karina, S M dan Endang T A. 2017. Pengembangan Kuliner. Jakarta: Kemenkes RI

Soenardi. 2013. Teori Dasar Memasak untuk Siswa, Peminat, dan Calon Profesional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Baca Juga: 10 Makanan Unik Berbahan Dasar Telur Setengah Matang yang Bikin Ngiler

iyyys Photo Verified Writer iyyys

Ingin jadi freelance writer anonim tapi gagal (?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Just For You