Comscore Tracker

5 Bahan yang Dapat Diolah Menjadi Perkedel Nikmat selain Kentang

Sudah pernah membuat olahan perkedel dari oncom?

Perkedel adalah makanan yang sering menemani waktu makan masyarakat Indonesia dan umumnya terbuat dari kentang. Bagian luar perkedel dibuat sedikit krispi akibat dari pemakaian telur, sementara bagian dalam mempunyai tekstur lembut.

Namun belakangan perkedel mengalami perkembangan sehingga tidak harus selalu bergantung dengan pemakaian kentang. Nah, berikut ini terdapat lima olahan perkedel dengan bahan-bahan selain kentang yang bisa kamu coba di rumah. Apa saja?

1. Perkedel oncom

5 Bahan yang Dapat Diolah Menjadi Perkedel Nikmat selain Kentangdapurumami.com

Oncom merupakan salah satu bahan baku hasil fermentasi yang populer di tanah air, teksturnya yang lembut dan memiliki aroma khas membuat oncom lebih sering dimasak dengan cara ditumis.

Nah, ternyata selain olahan tersebut, oncom pun cocok dibuat sebagai bahan utama pembuat perkedel. Tidak kalah praktis, pembuatan perkedel oncom pun tidak memakan banyak waktu, cukup siapkan telur, tepung, dan bumbu halus dari bawang-bawangan dan cabai.

Hancurkan oncom dan campur dengan bahan baku yang telah disiapkan, lalu bentuk perkedel sesuai selera sebelum digoreng hingga matang. Perkedel ini cocok disajikan dengan nasi atau sebagai camilan.

2. Perkedel tahu

5 Bahan yang Dapat Diolah Menjadi Perkedel Nikmat selain Kentangyummy.co.id/mami tiff

Perkedel selanjutnya datang dari bahan baku berupa tahu, salah satu menu sajian ekonomis yang menjadi kecintaan masyarakat tanah air ini menjadi primadona di setiap dapur Indonesia.

Sama seperti olahan perkedel pada umumnya, bahan baku yang perlu disiapkan dalam mengolah kudapan ini adalah tepung terigu, telur, serta bumbu halus. Namun khusus untuk perkedel tahu, akan lebih baik apabila kamu menggunakan jenis tahu kuning untuk dicampur ke dalam adonan.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Perkedel Kentang yang Enak dan Gak Mudah Ambyar

3. Perkedel kornet

5 Bahan yang Dapat Diolah Menjadi Perkedel Nikmat selain Kentangyummy.co.id/Indry Hapsari

Kornet adalah sebuah variasi dari pengawetan daging sapi yang biasanya dijual dalam bentuk kalengan. Makanan ini umum dimasak sebagai campuran hidangan tertentu, salah satunya untuk pembuatan perkedel.

Terdapat beberapa jenis perkedel yang dapat diolah menggunakan kornet, misalnya adalah perkedel kornet dengan kentang, singkong, atau tahu, namun adapula olahan perkedel kornet yang tidak bahan baku tambahan.

Dalam olahan perkedel kornet tanpa tambahan, kamu hanya perlu menyiapkan aneka bumbu halus, potongan bawang daun, tepung terigu dan telur, campurkan semua bahan jadi satu dan goreng sampai matang.

4. Perkedel ikan

5 Bahan yang Dapat Diolah Menjadi Perkedel Nikmat selain Kentangyummy.co.id/Cicik Ary

Ikan adalah salah satu sumber protein dan nutrisi yang cukup mudah ditemukan di tanah air dengan beragam jenis serta ukuran, mulai dari ikan basah atau yang diasinkan dijual di berbagai penjuru Indonesia.

Ikan tidak harus diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dipepes, sesekali ikan dapat dimasak menjadi makanan nikmat seperti perkedel. Daging ikan yang dipakai pun tidak terbatas, mulai dari tenggiri sampai ikan teri.

Untuk menghasilkan perkedel yang padat, kamu bisa menambahkan kentang dalam adonan, namun bila enggan, kamu bisa menggantinya dengan memasukan sedikit tepung beras agar perkedel lebih berisi.

5. Perkedel tempe

5 Bahan yang Dapat Diolah Menjadi Perkedel Nikmat selain Kentangyummy.co.id/Susi Faniati

Bahan baku hasil fermentasi kedelai selanjutnya, yakni tempe, memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat, selain harganya yang terjangkau, rasa tempe yang gurih dan nikmat sangat cocok menjadi lauk pauk sehari-hari.

Bila kamu bosan dengan sajian tempe yang sama setiap saat, kamu dapat mengolah makanan yang dijual per papan ini menjadi perkedel tempe praktis dan nikmat. Sebelum diolah, tempe lebih baik dimasak terlebih dahulu agar lebih mudah dihaluskan.

Setelah dihaluskan, campur tempe ke dalam adonan perkedel bersama dengan potongan daun bawang, bentuk sesuai selera, dan goreng sampai matang sempurna.

Itu dia kelima olahan perkedel selain kentang yang bisa menjadi teman nyemil atau pengganti lauk pauk menikmati nasi di rumah, kalau kamu sendiri sudah pernah mencicipi perkedel mana saja?

Baca Juga: Resep Mudah Bikin Perkedel Ayam Cincang yang Lembut dan Gurih

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya