Comscore Tracker

5 Kue Buah dengan Gaya Swirl, Makin Menggugah Selera

#IDNTimesFood Gak sabar pengen cicip!

Menikmati aneka ragam kue dengan sentuhan rasa buah bikin kita sulit berhenti mengunyah. Terlebih jika tampilan hidangan tersebut dibuat makin menarik.

Salah satu gaya populer dalam menghias kue adalah swirl, teknik mengaduk adonan berlainan warna hingga menciptakan gradasi menarik yang mempercantik hidangan.

Berikut ini lima kreasi kue buah yang disajikan menggunakan teknik swirl, bisa kamu sontek untuk inspirasi saat memasak kue, nih. Catat, ya!

1. Swirl banana bread

5 Kue Buah dengan Gaya Swirl, Makin Menggugah Selerailustrasi swirl banana bread (tasty.com/Crystal Hatch Tasty Team)

Banana bread menjadi pilihan makanan pertama yang bisa diolah sebagai swirl cake. Tekstur kue yang lembap disertai rasa manis adalah ciri khas dari banana bread. 

Pada adonan banana bread, swirl dapat dibentuk dengan cara mencampur adonan utama menggunakan cokelat. Gunakan sumpit atau tongkat untuk mengaduk bagian coklat dengan adonan utama hingga membentuk pola yang diinginkan.

2. Raspberry meringue swirl

5 Kue Buah dengan Gaya Swirl, Makin Menggugah Selerailustrasi raspberry meringue swirl (realfood.tesco.com)

Kue berikutnya yang dapat dihias menggunakan teknik swirl adalah meringue. Kudapan rapuh yang diolah dari putih telur beserta krim tartar tersebut bisa dikolaborasikan bersama raspberry.

Buah tersebut dimasak untuk dijadikan selai yang kemudian dicampur ke dalam adonan utama. Lalu, aduk bagian selai hingga menyerupai pola menarik sesuai keinginan kamu. 

Baca Juga: Resep Lemon Pound Cake yang Empuk, Gak Kalah Enak dari Kue Lain!

3. Pumpkin swirl cheesecake

5 Kue Buah dengan Gaya Swirl, Makin Menggugah Selerailustrasi pumpkin swirl cheesecake (tasteofhome.com/Taste of Home)

Cheesecake jadi pilihan terbaik dalam mengolah krim keju menjadi makanan lembut serta nikmat. Hidangan ini bisa dicampur dengan bahan lainnya untuk menghasilkan cita rasa beragam.

Salah satu kreasi cheesecake yang bisa kamu coba adalah mencampurnya dengan pumpkin puree. Adonan ekstra tersebut dapat kamu taburkan pada bagian atas cheesecake, kemudian aduk sampai muncul corak menarik. 

4. Cinnamon swirl apple pie

5 Kue Buah dengan Gaya Swirl, Makin Menggugah Selerailustrasi cinnamon swirl apple pie (pillsbury.com/Pillsbury Kitchens)

Tak mau kalah untuk tampil menarik, apple pie jadi hidangan selanjutnya yang bisa dikreasikan menjadi bentuk swirl.

Namun teknik tersebut diterapkan dengan menggulung adonan apple pie yang diletakkan sejajar rapi dalam loyang adonan utama. 

5. Blueberry and lemon swirl bar

5 Kue Buah dengan Gaya Swirl, Makin Menggugah Selerailustrasi blueberry and lemon swirl bars (taste.com.au/Jeremy Simons)

Kudapan lain yang tak kalah lezat hadir dengan sebutan blueberry and lemon bars. Sajian tersebut diolah menggunakan dasar crust berbahan biskuit atau adonan tepung.

Untuk isian, kudapan ini menggunakan bahan jus lemon, santan kelapa, dan kacang yang sudah dihaluskan. Swirl bisa didapatkan dari jus bluberi yang diaduk-aduk menggunakan sumpit.

Swirl memang kerap dijadikan alternatif untuk menghias kue jadi lebih cantik meski dengan teknik sederhana. Jadi, jangan ragu untuk mengolah kue kesukaanmu supaya tampil lebih cantik dengan metode ini, ya!

Baca Juga: Resep Cake Khas Jepang Ogura Pandan Cake, Lembut dan Wangi 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya