Comscore Tracker

5 Hidangan Berbumbu Kecap Jahe yang Istimewa, Bikin Laper Terus!

Bisa digunakan untuk bahan masak apapun, lho

Macam-macam bumbu masak saat ini sudah berkembang dengan pesat. Ada bumbu masak yang secara runut menggunakan bahan dalam daftar panjang. Namun, ada pula yang hanya memerlukan sedikit komponen. Meski hanya menggunakan sedikit komponen, cita rasa yang dihasilkan terbukti tetap mampu untuk memanjakan lidah.

Salah satu bumbu masak yang nggak bisa dijauhkan dari dapur saat ini adalah kecap jahe. Kombinasi keduanya akan membawa sensasi manis dan hangat sehingga cocok diterapkan buat lauk makan apapun.

Yuk, coba simak satu per satu kelima hidangan di bawah ini yang bisa jadi inspirasi kombinasi bahan kecap jahe! Sudah pernah cobain, belum?

1. Ayam bumbu kecap jahe 

5 Hidangan Berbumbu Kecap Jahe yang Istimewa, Bikin Laper Terus!ilustrasi ayam bumbu kecap jahe (unsplash.com/Magda V)

Bosan terhadap olahan ayam yang sama setiap waktu? Coba, yuk, olahan daging dengan bumbu kecap jahe satu ini. Rasanya yang gurih akan berpadu bersama segarnya bumbu yang dibuat dari bermacam-macam rempah.

Hidangan ini menggunakan campuran antara kecap manis, kecap asin, cabai, bawang-bawangan, beberapa potongan jahe, dan penyedap. Masukkan seluruh bahan ke dalam sedikit minyak, lalu larutkan menggunakan tepung maizena biar bumbu mengental dengan baik.

2. Ikan kecap jahe 

5 Hidangan Berbumbu Kecap Jahe yang Istimewa, Bikin Laper Terus!ilustrasi ikan kecap jahe (unsplash.com/Mgg Vitchakorn)

Cara simpel untuk membuat ikan goreng makin enak juga dapat dilakukan dengan menyertakan bumbu kecap jahe di dalamnya. Macam-macam ikan dapat digunakan, mulai dari ikan kakap sampai ikan tongkol sekalipun.

Bumbu yang digunakan terdiri atas irisan jahe, cabai, bawang-bawangan, kecap manis, kecap asin, dan penyedap. Sebelumnya, ikan perlu digoreng terpisah dulu. Kemudian masukkan ke dalam saus yang dimasak bersama sedikit minyak.

Baca Juga: 10 Harga Bumbu Dapur di Belanda Vs Indonesia, Bikin Dompet Menangis

3. Telur kecap jahe 

5 Hidangan Berbumbu Kecap Jahe yang Istimewa, Bikin Laper Terus!ilustrasi telur kecap jahe (unsplash.com/Yeh Xintong)

Mengolah telur rebus untuk dibuat sebagai pendamping bumbu kecap adalah cara terbaik dalam membuat lauk makan. Rasa hidangan akan sedikit lebih manis dan tentunya mengandung rasa asin yang menggugah selera.

Setelah telur rebus dipotong-potong, siapkan bahan pelengkap, mulai dari jahe, bawang merah, bawang putih, bawang bombai, kecap manis, dan air atau kaldu. Lakukan koreksi rasa sebelum disajikan sebagai teman makan nasi hangat.

4. Sate udang bumbu kecap jahe 

5 Hidangan Berbumbu Kecap Jahe yang Istimewa, Bikin Laper Terus!ilustrasi sate udang bumbu kecap jahe (unsplash.com/Pirata Studio Film)

Khusus untuk makanan yang satu ini, bumbu kecap jahe akan digunakan sebagai pelengkap bakaran yang sempurna. Sensasi asap yang ada pada masakan sukses melahirkan pemicu supaya nafsu makan lebih meningkat.

Tinggal siapkan udang yang telah dibersihkan dan ditusuk, kemudian buat bumbu kecap dengan mencampurkan irisan jahe, kecap manis, saus sambal, penyedap, serta mentega. Kemudian, lumuri ke seluruh bagian udang sebelum dimasak.

5. Tahu kecap jahe pedas

5 Hidangan Berbumbu Kecap Jahe yang Istimewa, Bikin Laper Terus!ilustrasi tahu kecap jahe pedas (unsplash.com/Sherman Kwan)

Terakhir, ada bahan baku yang juga tidak kalah ekonomis dan gampang ditemukan di Indonesia, yakni tahu. Mencampurnya bersama kecap jahe akan melahirkan perpaduan rasa yang makin nikmat, lho.

Kali ini, bumbu kecap jahe yang digunakan terdiri dari bawang-bawangan, tomat, penyedap, kecap manis, irisan jahe, dan cabai rawit untuk membuat cita rasa yang dihasilkan terasa lebih pedas. Dengan begini, tahu pun bisa dijadikan menu pelengkap yang nikmat.

Bumbu kecap jahe menjadi salah satu perpaduan andalan yang mampu bikin lauk makan terasa spesial. Kombinasi rasa manis dan asin yang didapatkan juga dijamin bakal bikin kamu makin lahap makan. Tertarik untuk mencoba yang mana terlebih dahulu, nih?

Baca Juga: 5 Inspirasi Masakan Bumbu Andaliman yang Sedap Maksimal

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya