Comscore Tracker

5 Kreasi Bolu Sarang Semut Paling Unik, Nikmat Bukan Main

Ada yang dicampur umbi-umbian biar tambah enak

Sarang semut adalah sebutan bagi bolu karamel yang legendaris di Indonesia. Makanan ini bertekstur kenyal dan agak lembap dibandingkan bolu-bolu populer lainnya.

Walau namanya sarang semut, tetapi makanan tidak diolah dengan sarang semut sungguhan, lho. Nama itu disematkan karena bentuk bagian dalam kue bolu setelah dipotong mirip dengan tempat tinggal binatang mungil tersebut.

Gak cuma enak dijadikan camilan biasa, bolu sarang semut bisa dikreasikan menjadi beragam makanan enak, lho. Bahkan, dicampur dengan bahan lain pun tak kalah nikmat.

1. Sarang semut klasik 

5 Kreasi Bolu Sarang Semut Paling Unik, Nikmat Bukan Mainilustrasi sarang semut klasik (pixabay.com/Дарья Яковлева)

Bolu sarang semut menjadi salah satu makanan yang perlu dibikin secara telaten. Sebab, bila ada kesalahan dalam pengolahan gula, maka kue bisa jadi pahit dan bukannya manis seperti yang diimpikan.

Pada proses pembuatan kudapan, kamu harus membuat karamel dari gula dan air terlebih dahulu. Setelah siap, baru campur bersama telur, margarin, susu kental, terigu, maizena, hingga soda kue. Bila adonan sudah tercampur, kini waktunya memanggang.

2. Sarang semut keju 

5 Kreasi Bolu Sarang Semut Paling Unik, Nikmat Bukan Mainilustrasi sarang semut keju (pixabay.com/Ulrike Leone)

Untuk membuat bolu karamel ini semakin berwarna, kamu bisa melakukan kreasi terbaru terhadap makanan tersebut. Salah satunya dengan mencampurkan keju biar rasa kue jadi semakin manis dan terdapat sensasi asin yang menggoda di lidah.

Proses pembuatan adonan pun sama dengan olahan sebelumnya. Namun, pada tahap menuangkan adonan, kamu bisa membagi dua bahan tersebut. Setelah setengahnya sudah masuk loyang, masukkan beberapa lembar keju, lalu tutup pakai sisa adonan.

3. Sarang semut ubi 

5 Kreasi Bolu Sarang Semut Paling Unik, Nikmat Bukan Mainilustrasi sarang semut ubi (pexels.com/Valeria Boltneva)

Bukan hal mustahil untuk mengombinasikan sarang semut bersama bahan lain yang tidak kalah sedap. Itu dilakukan biar makin mengenyangkan saat dimakan. Bolu sarang semut dapat menambahkan ubi, lho.

Pembuatan sarang semut ubi ini bisa dimaksimalkan memakai ubi putih yang sudah dikukus. Supaya memudahkan bahan baku, adonan dicampur dengan tepung terigu hingga karamel tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kue Bolu Kukus Mengembang Sempurna, Pemula Wajib Tahu!

4. Sarang semut pandan 

5 Kreasi Bolu Sarang Semut Paling Unik, Nikmat Bukan Mainilustrasi sarang semut pandan (unsplash.com/freestocks)

Membicarakan bolu memang gak bisa menolak keberadaan pandan sebagai salah satu penambah rasa dan aroma di dalam sajian. Tak mau kalah eksis, penggunaan pandan juga diperlukan dalam membuat kreasi sarang semut, lho.

Pada sajian kali ini, kamu bisa menggunakan daun pandan segar yang telah diiris sampai penggunaan santan yang bikin kue tambah gurih. Bila diperlukan, masukkan juga pewarna makanan hijau untuk membedakan hidangan ini dengan versi klasiknya.

5. Sarang semut singkong

5 Kreasi Bolu Sarang Semut Paling Unik, Nikmat Bukan Mainilustrasi sarang semut singkong (pexels.com/Any Lane)

Pada sarang semut satu ini, kamu juga akan menemukan bahan tidak terduga yang digunakan dalam adonan. Apalagi kalau bukan singkong. Uniknya, bahan tersebut dipakai untuk menggantikan penggunaan tepung terigu, lho.

Kamu bisa mengupas bersih singkong dan parut habis. Baru campurkan ke dalam adonan bareng komponen lain, seperti karamel, soda kue, mentega, hingga minyak sayur. Masak seperti biasa, lalu sajikan olahan menarik ini.

Bolu sarang semut ternyata punya banyak sekali kreasi kreatif yang bisa bikin kamu heran. Terutama karena bahan pendamping yang digunakan, semuanya termasuk menarik untuk dicoba. 

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Panggang Selai Kacang, Creamy Banget!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya