Comscore Tracker

5 Kreasi Olahan Twinkie, Sponge Cake Isi Krim yang Menggugah Selera

Ada stroberi shortcake yang bisa dicampur dengan twinkie

Makanan ringan dari sponge cake belakangan sedang naik daun. Kenikmatan tersebut didapatkan dengan membagi-bagi kue menjadi potongan kecil yang pas untuk mengganjal lapar.

Salah satu hidangan tersebut dikenal dengan nama twinkie. Di Amerika Serikat, twinkie kerap merujuk pada camilan lembut berupa sponge cake yang berisikan krim kental di dalamnya.

Namun, kudapan tersebut pun tidak luput dari inovasi menarik, seperti lima kreasi berikut ini.

1. Homemade twinkie

5 Kreasi Olahan Twinkie, Sponge Cake Isi Krim yang Menggugah Selerailustrasi homemade twinkie (youtube.com/Cook With Aussie)

Twinkie versi tradisionalnya memiliki bentuk persegi panjang yang tidak begitu besar, bahkan dapat dikonsumsi dalam dua sampai tiga kali gigitan. Warna kue cenderung keemasan, sehingga mampu menarik hati penikmatnya.

Proses pembuatan twinkie cukup sederhana. Kocok telur bersama minyak goreng, susu, telur, tepung, krim tartar, gula, dan bubuk pengembang. Kemudian panggang. Setelah itu, semprotkan krim mentega dan gula ke dalam kue.

2. Strawberry shortcake twinkie

5 Kreasi Olahan Twinkie, Sponge Cake Isi Krim yang Menggugah Selerailustrasi strawberry shortcake twinkie (delish.com/Brad Holland)

Stroberi shortcake adalah makanan pencuci mulut yang paling pas dikonsumsi saat tengah hari. Lembutnya bolu yang menjadi dasar hidangan, berpadu satu dengan segarnya stroberi dan krim sebagai pelengkap.

Namun kali ini bolu tersebut bisa diganti menggunakan twinkie yang lembut serta memiliki isian creamy. Demi mempertegas tampilan, jangan lupa untuk mengiris kue dan selipkan beberapa potong buah di antaranya.

3. Chocolate twinkie

5 Kreasi Olahan Twinkie, Sponge Cake Isi Krim yang Menggugah Selerailustrasi chocolate twinkie (pixabay.com/Angelica Vaihel)

Mengolah suatu makanan manis belum lengkap bila tidak menyertakan cokelat sebagai salah satu opsi penambah rasa manis, sekaligus bahan untuk mempercantik makanan. Hal tersebut pun bisa diterapkan pada kreasi twinkie.

Terdapat dua cara populer untuk mengolah chocolate twinkie ini agar bisa disajikan dengan nikmat. Yakni mencampurkan bubuk cokelat serta dark chocolate ke dalam adonan utama, atau mencelupkan kue yang telah matang ke lelehan cokelat yang manis.

Baca Juga: Resep Cake Khas Jepang Ogura Pandan Cake, Lembut dan Wangi 

4. Twinkie cupcake

5 Kreasi Olahan Twinkie, Sponge Cake Isi Krim yang Menggugah Selerailustrasi twinkie cupcake (pexels.com/Julias Torten und Törtchen)

Bila kamu tertarik untuk menghias twinkie menjadi kudapan yang cantik dan memanjakan mata, maka olahan yang pas untuk dikreasikan adalah cupcake. Di sini, kamu bebas menggunakan macam-macam frosting supaya kue nampak sempurna.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan cupcake twinkie ini tidak jauh berbeda dengan kue homemade-nya. Sementara isian bisa diganti dengan selai marshmallow yang lebih praktis dan lembut saat digigit.

5. Twinkie bundt cake

5 Kreasi Olahan Twinkie, Sponge Cake Isi Krim yang Menggugah Selerailustrasi twinkie bundt cake (pexels.com/Daniel Trylski)

Bila twinkie lebih sering dijumpai dalam ukuran yang sangat kecil dan diperuntukan sebagai personal cake, maka dalam kreasinya kali ini kamu bisa menggunakan loyang bundt untuk membuat sajian yang lebih besar. 

Filling dari twinkie bundt cake ini bisa menggunakan buttercream atau dapat pula diisi memakai mashmallow puff. Selain lebih manis, komponen pun bisa membuat rasanya lebih seimbang disertai sensasi kudapan yang sangat lembut.

Twinkie mungkin masih belum terlalu familiar di telinga, namun jika sudah menyangkut sponge cake, maka hidangan ini sudah pasti mampu menggeser makanan favoritmu untuk dijadikan teman minum teh atau kopi.

Baca Juga: 5 Perbedaan Antara Sponge dan Pound Cake, Bisa Membedakannya?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya