Comscore Tracker

5 Kudapan yang Dimasak dengan Cangkir, Gak Perlu Loyang

Kamu bisa bikin lasagna pakai cangkir agar lebih praktis!

Cangkir selama ini dikenal sebagai salah satu alat makan yang diperuntukan untuk minum, terutama sesuatu yang bersifat panas atau memiliki banyak bahan baku di dalamnya. Namun, seiring berjalan waktu, cangkir menjadi kian multifungsi, lho.

Di dalam dunia kuliner, cangkir-cangkir tahan panas bisa digunakan sebagai cetakan praktis untuk membuat aneka hidangan. Kira-kira apa saja makanan yang dimaksud? Yuk, simak lima kreasinya!

1. Pizza mug

5 Kudapan yang Dimasak dengan Cangkir, Gak Perlu Loyangilustrasi pizza mug (tastemade.co.uk)

Pizza yang selama ini kerap disajikan dengan ukuran lebar dan cocok disantap ramai-ramai ternyata memiliki versi personal yang tidak kalah praktis. Kamu bisa membuatnya sendiri di dalam cangkir anti panas, ya. 

Gunakan dough yang terdiri dari tepung terigu, bubuk pengembang, soda kue, garam, susu, dan minyak. Sementara topping bisa dikreasikan memakai saus pizza, mozarella, pepperoni, dan bahan lainnya. Masukkan dalam microwave, lalu diamkan beberapa saat.

2. S'mores mug

5 Kudapan yang Dimasak dengan Cangkir, Gak Perlu Loyangilustrasi s'mores mug (unsplash.com/Aliona Gumeniuk)

Bila s'mores tradisional tidak cukup mengenyangkan, karena hanya memiliki satu porsi sekali gigit untuk disantap. Maka kamu bisa memanfaatkan keberadaan cangkir anti panas di rumah untuk membuatnya lebih banyak.

Buat adonan dengan menyiapkan tepung terigu, susu, bubuk pengembang, bubuk cokelat, dan gula. Masak dalam microwave, lalu tambahkan marshmallow, biarkan masuk kembali beberapa detik di dalam microwave, kemudian sajikan dengan biskuit dan cokelat.

3. Chicken pot pie mug

5 Kudapan yang Dimasak dengan Cangkir, Gak Perlu Loyangilustrasi chicken pot pie mug (unsplash.com/Jessica Kantak Bailey)

Chicken pot pie biasanya disantap dalam sebuah wadah alumunium foil ataupun ramekin. Namun jika keduanya tidak tersedia, maka yang dapat digunakan adalah cangkir anti panas.

Isian dari chicken pot pie ini bisa disesuaikan dengan selera. Namun sebagai referensi, kamu bisa memakai kacang-kacangan, wortel, serta dada ayam. Masak chicken pot pie dalam microwave, dan makanan pun siap disantap.

Baca Juga: 5 Kudapan dari Biskuit Ladyfinger selain Tiramisu, Enak Dicicip!

4. Brownies mug

5 Kudapan yang Dimasak dengan Cangkir, Gak Perlu Loyangilustrasi brownie mug (unsplash.com/Hannah Pemberton)

Bila kamu terpikirkan untuk menyantap sesuatu yang manis dengan cepat dan praktis, maka olahan yang pas dimasak menggunakan cangkir anti panas tersebut tidak lain adalah brownies.

Gunakan tepung terigu, bubuk cokelat, chocolate chips, brown sugar, minyak, gula, dan ekstrak vanilla untuk dicampurkan. Kemudian, masak adonan beberapa saat dalam microwave sebelum disajikan.

5. Bacon lasagne mug

5 Kudapan yang Dimasak dengan Cangkir, Gak Perlu Loyangilustrasi bacon lasagne mug (realfood.tesco.com)

Ingin menikmati lasagna tapi takut gak habis karena dimakan sendirian? Coba untuk mengolah hidangan tersebut memakai cangkir. Sehingga, makanan akan terasa lebih pas, terlebih jika dikonsumsi untuk makan malam cepat.

Gunakan lasagna sheets dengan campuran saus marinara atau bolognese siap pakai, tambahkan dengan aneka keju, serta irisan sosis ataupun bacon di atasnya, supaya rasa makanan jadi lebih gurih.

Wah, ternyata cangkir memiliki beragam fungsi yang cocok untuk dijadikan sebagai inspirasi mengolah makanan atau camilan agar semakin praktis. Namun, pastikan bahwa cangkir yang hendak dipakai aman dan bisa digunakan dalam suhu tinggi, ya!

Baca Juga: Biar Gak Bosen Kerja di Rumah, Ini 10 Resep Camilan Enak dan Praktis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya