Comscore Tracker

5 Macam Bubur Santan yang Sukses Pikat Semua Kalangan

Ada bubur manis dan asin yang patut dicicipi

Menikmati bubur sebagai salah satu penganan andalan merupakan tradisi yang sejak dulu sudah diterapkan oleh beberapa orang di Indonesia. Maka dari itu tidak heran jika di negeri ini ada banyak sekali kreasi bubur yang menarik untuk dicicipi.

Bahan yang tidak bisa dipisahkan dari pengolahan bubur salah satunya adalah santan. Keberadaan bahan ini mampu membuat hidangan terasa lebih creamy dan gurih, serta akan memberikan hasil akhir yang maksimal.

Berikut ini terdapat lima olahan bubur santan yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Ada yang cocok untuk sarapan, makan malam, bahkan hidangan pembuka, lho!

1. Bubur jagung santan 

5 Macam Bubur Santan yang Sukses Pikat Semua Kalanganilustrasi bubur jagung santan (unsplash.com/Max Griss)

Bubur yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama dari jagung, sehingga tidak mengherankan kalau rasanya cenderung manis. Makanan tersebut akan pas sekali jika dinikmati saat sarapan atau cuaca sedang mendung, karena makanan mampu menghangatkan tubuh sekaligus membuat kenyang.

Pembuatan bubur jagung terbilang simpel, karena kamu hanya perlu memisahkan jagung dari bonggolnya. Kemudian blender sedikit dan sisakan jagung pipilnya sebagai penambah tekstur. Selanjutnya bahan ini akan dimasak bersama rebusan santan, kayu manis, pandan, lalu diberi gula pasir dan susu cair, supaya kuahnya cenderung lebih gurih saat disajikan. 

2. Bubur kacang merah 

5 Macam Bubur Santan yang Sukses Pikat Semua Kalanganilustrasi bubur kacang merah santan (id.tastemade.com)

Bubur kacang tidak selalu terpaku pada kacang hijau, melainkan kacang merah pun sama-sama bisa dibuat menjadi santapan manis yang super lembut. Bubur ini dikombinasikan pula bersama kuah santan yang membuat rasanya jadi agak gurih dan kental. Selain itu, bubur cocok sekali dinikmati untuk berbagai kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Membuat bubur kacang merah sangatlah sederhana. Untuk proses pertama dilakukan dengan merendam kacang merah semalaman. Setelah itu kacang akan direbus bersama daun pandan, gula merah, dan aneka bumbu perasa. Masukkan juga tepung hunkwe untuk membuat teksturnya jadi makin lembut. Saat matang, makanan pun siap disajikan bersama kuah santan yang creamy.

Baca Juga: 5 Trivia Bubur Ase, Bubur Istimewa nan Langka dari Tanah Betawi

3. Bubur singkong lumer

5 Macam Bubur Santan yang Sukses Pikat Semua Kalanganilustrasi bubur singkong lumer (pixabay.com/Elivelton Nogueira)

Bukan cuma enak untuk dijadikan gorengan, tetapi umbi-umbian satu ini pun dapat diubah menjadi bubur yang manis, lengkap dengan santan. Bubur dapat dijadikan inspirasi sajian untuk sarapan atau makan malam. Hidangan tersebut pun tidak kalah menarik daripada bubur bubur santan sebelumnya, terlebih karena teksturnya yang lembut.

Untuk membuat tekstur bubur yang halus, kamu perlu memarut singkong yang sudah dibersihkan. Nantinya bahan tersebut akan dimasak bersama santan, gula merah, gula pasir, serta daun pandan, supaya aroma bubur jadi lebih wangi. Dengan begini, makanan pun akan lebih cocok ketika disajikan saat masih hangat supaya enaknya maksimal.

4. Bubur candil kuah santan 

5 Macam Bubur Santan yang Sukses Pikat Semua Kalanganilustrasi bubur candil warna-warni (freepik.com/jcomp)

Candil merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sampai saat ini masih populer. Keberadaan makanan tersebut umumnya lebih sering dijadikan hidangan pembuka, karena rasanya yang manis dan ringan. Tetapi selain dinikmati begitu saja, biasanya candil akan dikreasikan dengan menambahkan pewarna supaya tampilannya makin cantik.

Sementara itu, bahan utama pembuatan candil terdiri dari tepung ketan. Adonan akan dibulat-bulat dengan ukuran yang mungil, lalu dimasak bersama gula merah. Setelah itu hidangan pun perlu dinikmati bersama kuah santan, sehingga terdapat kombinasi antara tekstur yang kenyal dan kuah creamy. Kombinasi terbaik yang membuat siapapun tergoda. 

5. Bubur nasi santan

5 Macam Bubur Santan yang Sukses Pikat Semua Kalanganilustrasi bubur nasi santan (pixabay.com/Piyathida Srikoom)

Jika sebelumnya makanan telah didominasi oleh aneka bubur bercita rasa manis, kali ini ada bubur asin favorit hampir semua kalangan yang bisa dibuat menggunakan santan. Apalagi kalau bukan bubur nasi. Salah satu alternatif sarapan yang mengenyangkan dan acapkali dinikmati bersama topping yang melimpah.

Pembuatan bubur nasi santan ini dapat dilakukan dengan cepat. Sebab kamu bisa langsung menggunakan nasi matang yang akan diolah bersama kaldu. Berikutnya masukkan macam-macam bumbu perasa, termasuk tambahan santan, lalu biarkan hingga tekstur adonan tersebut berubah menjadi agak encer dan kental, seperti bubur yang biasa ditemui.

Bubur menjadi salah satu makanan alternatif yang cukup ringan dan cocok untuk kebanyakan orang. Dengan menambahkan santan ke dalamnya, maka hidangan pun akan terasa semakin gurih.

Yuk, coba lima santapan ini!

Baca Juga: 5 Minuman Serba Sirup Jahe yang Sukses Pikat Lidah, Harus Dicatat!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya