Comscore Tracker

5 Makanan dengan Sambal Pecak, Nikmatnya Auto Nambah Nasi 

Pencinta pedas harus kenalan dengan sambal ini

Macam-macam sambal di Indonesia sering kali mewarnai meja makan sebagai sumber penambah nafsu makan. Sambal pecak salah satunya yang sukses memikat lidah berbagai kalangan karena terasa gurih, pedas, dan segar.

Isian sambal pecak terdiri dari aneka bawang, cabai, dan tomat. Sebagian bawang perlu digoreng dan nantinya sambal disiram minyak biar makin sedap. Oleh sebab itu, sambal pecak cocok menemani berbagai makanan, lho.

1. Ayam sambal pecak

5 Makanan dengan Sambal Pecak, Nikmatnya Auto Nambah Nasi ilustrasi ayam sambal pecak (pexels.com/Engin Akyurt)

Daging ayam menjadi lauk makan andalan sudah sangat sering disajikan. Makanya, ada banyak variasi masakan dari ayam yang bikin satu rumah mendadak lapar. Salah satunya bukan lain adalah ayam goreng.

Namun, ayam berbalut bumbu marinasi dari macam-macam rempah ini dapat disulap agar tambah enak, lho. Goreng ayam tersebut sampai matang dengan sempurna, lalu masukkan ke dalam cobek berisikan sambal pecak. Aromanya menggoda banget!

2. Tempe sambal pecak

5 Makanan dengan Sambal Pecak, Nikmatnya Auto Nambah Nasi ilustrasi sambal pecak tempe (pexels.com/Agita Prasetyo)

Gak harus melibatkan bahan masak yang mahal. Untuk membuat sambal pecak terasa istimewa pun dapat dilakukan bersama komponen ekonomis kesukaan kebanyakan orang Indonesia, yakni tempe.

Hidangan jadi terasa makin gurih sekaligus kaya tekstur. Kamu bisa menggunakan potongan tempe yang sudah digoreng atau tempe bisa dihancurkan biar tambah sedap begitu ditambahkan ke dalam adonan sambal yang segar.

3. Ikan sambal pecak

5 Makanan dengan Sambal Pecak, Nikmatnya Auto Nambah Nasi ilustrasi ikan nila sambal pecak (yummy.co.id/Nirastorytummy)

Ikan adalah lauk makan favorit yang bisa dijadikan ide untuk membuat sajian enak dan gampang dibuat. Ragam olahan ikan hampir selalu disukai oleh warga Indonesia, belum lagi kalau dinikmati bersama sambal pecak.

Kali ini, kamu bisa menggunakan ikan nila yang mudah ditemukan. Bersihkan bagian luar dan dalam ikan sebelum digoreng garing. Bila nila sudah siap, sajikan bareng sambal pecak untuk menghasilkan santapan yang nikmat maksimal.

Baca Juga: Resep Sambal Pecak Oyong yang Bikin Kamu Tambah Nasi

4. Nugget sambal pecak

5 Makanan dengan Sambal Pecak, Nikmatnya Auto Nambah Nasi ilustrasi nugget sambal pecak (pexels.com/Lucas Andrade)

Bergeser dari olahan segar, produk makanan siap masak seperti nugget juga ternyata gak mau kalah saing. Hidangan yang umumnya hanya sering disantap bersama saus sambal ini akan semakin sedap setelah digabungkan dengan sambal pecak.

Cukup goreng nugget yang ada di rumahmu, lalu sisihkan. Masak sambal pecak dengan bahan dari bawang merah, bawang putih, cabai, gula, dan penyedap. Kemudian, masukkan nugget ke dalam sambal sambil diaduk-aduk.

5. Telur sambal pecak

5 Makanan dengan Sambal Pecak, Nikmatnya Auto Nambah Nasi ilustrasi telur sambal pecak (pexels.com/Rachel Claire)

Terdapat kreasi dari telur yang pas untuk dinikmati bersama sambal pecak. Makanan ini begitu cocok untuk dijadikan alternatif lauk bersama nasi putih, karena dibuat dengan bahan yang murah dan mudah ditemukan.

Telur sendiri bisa dimasak dengan berbagai cara seru, seperti diolah menjadi dadar ataupun disantap sebagai telur mata sapi. Semuanya tetap lezat, terutama jika sudah dicampurkan ke dalam adonan sambal pecak yang terkenal kaya rasa tersebut.

Kelezatan yang ditawarkan sambal pecak ternyata bisa bikin olahan di atas tambah enak. Belum lagi kalau dinikmati pakai nasi putih, pasti kamu akan nambah lagi dan lagi, deh. Mau coba yang mana dulu, nih?

Baca Juga: Resep Pecak Nila Bakar, Bumbu Segar dan Aroma Bakarnya Menggoda

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya