Comscore Tracker

5 Makanan Indonesia yang Makin Nikmat dengan Kremesan, Kriuk!

Sensasi renyahnya bikin goyang lidah

Kremesan adalah sebutan bagi adonan tepung yang digoreng garing dan biasa digunakan untuk melengkapi masakan. Di Indonesia, bahan ini menjadi akrab di lidah karena bisa memberikan sensasi kriuk yang nikmat.

Gak cuma itu, kremesan pun bisa dibuat menjadi dua jenis, lho. Ada yang versi asin dan manis. Bila kamu penasaran kuliner Indonesia apa saja yang serasi berdampingan dengan kremesan, cek lima jenis masakannya berikut ini, yuk!

1. Ayam kremes

5 Makanan Indonesia yang Makin Nikmat dengan Kremesan, Kriuk!ilustrasi ayam kremes (yummy.co.id/Tine Wahyudi)

Bicara soal kremesan, salah satu santapan populer Indonesia yang gak bisa dilupakan adalah ayam kremes. Perpaduan daging lembut dengan renyahnya adonan tepung ini sangat pas jika disantap bareng nasi hangat.

Biasanya, ayam yang hendak diolah perlu dimarinasi dengan bumbu bawang dan kunyit. Kemudian, kremesan dibuat dari tepung tapioka, tepung beras, santan, kaldu, kuning telur, serta bubuk pengembang yang digoreng sampai kecokelatan.

2. Ikan goreng kremes

5 Makanan Indonesia yang Makin Nikmat dengan Kremesan, Kriuk!ilustrasi ikan goreng kremes (pixabay.com/Lesley Negus)

Ikan menjadi salah satu lauk yang juga cocok dimakan bareng kremesan. Bahkan, macam-macam jenis ikan populer di Indonesia bisa diolah serupa tanpa mengurangi rasa nikmat dalam makanan.

Penggunaan ikan nila, gurame, ikan kembung, sampai lele sekalipun enak bila diberi kremesan. Pastikan sebelum digoreng, ikan dibumbui dengan bawang, ketumbar, perasa, dan lainnya. Hal itu demi menghilangkan amis pada ikan.

3. Pisang goreng kremes

5 Makanan Indonesia yang Makin Nikmat dengan Kremesan, Kriuk!ilustrasi pisang goreng kremes (pexels.com/Cats Coming)

Siang hari di tengah hujan paling enak makan pisang goreng. Namun, rasanya akan jadi berkali lipat bertambah lezat begitu gorengan populer Indonesia ini dilengkapi lapisan dari kremesan.

Biar lebih sedap, jangan lupa memasukan vanila dalam adonan pelapis pisang goreng. Sedangkan kremesan perlu ditambah gula. Masukan adonan kremesan lebih dulu ke dalam minyak baru susul dengan pisang agar tertutup dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Masak Buntut Goreng Kremes dengan Sambal Balado, Dijamin Nagih

4. Paru kremes

5 Makanan Indonesia yang Makin Nikmat dengan Kremesan, Kriuk!ilustrasi paru kremes (pexels.com/Geraud pfeiffer)

Paru jadi makanan kesukaan masyarakat Indonesia berikutnya yang sering disajikan bersama kremesan. Tekstur keduanya melengkapi dan membuatnya pas ketika disantap sebagai lauk utama.

Paru sendiri umum diolah dengan cara digoreng. Akan tetapi, kali ini proses penggorengan bisa dilakukan dua kali. Pertama, lakukan setengah matang, lalu dimasak bersamaan dengan adonan kremesan yang gurih.

5. Tahu kremes

5 Makanan Indonesia yang Makin Nikmat dengan Kremesan, Kriuk!ilustrasi tahu kremes (pixabay.com/Julia)

Tetap sedap meskipun dikreasikan bersama kremesan, tahu jadi kesukaan banyak orang. Tahu biasanya dijadikan untuk teman santai sore hari. Sensasi lembut dan renyah dari tahu bikin ketagihan.

Hampir sama dengan yang lain. Proses pemasakan tahu kremes juga memerlukan adonan yang dimasukan lebih dulu dalam wajan, lalu tambahkan tahu dan masak bersama-sama. Bila sudah matang, lipat kremesan dan angkat hidangan.

Kremesan menjadi salah satu bahan penting untuk dijadikan penambah tekstur bagi aneka macam makanan. Di Indonesia sendiri, kelima santapan di atas akan terasa lebih lengkap bila sudah berpadu dengan adonan tepung tersebut.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Kremes yang Mudah Dibuat, Manis dan Kriuk

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya