Comscore Tracker

5 Olahan Nasi yang Menyertakan Bihun Sebagai Pelengkap

Ada nasi goreng sampai nasi rames!

Tahu gak sih, bihun adalah salah satu variasi mi yang kerap dinikmati sebagai lauk makan pendamping nasi? Keberadaan bahan ini sangat populer untuk beberapa olahan tradisional favorit masyarakat Indonesia. Bihun dapat memberikan tekstur dan rasa yang lebih menarik pada masakan.

Ragam kreasi nasi tersebut bisa kamu jumpai di dalam lima penganan berikut ini. Yuk, simak semua hidangan yang dimaksud!

1. Nasi goreng

5 Olahan Nasi yang Menyertakan Bihun Sebagai Pelengkapilustrasi proses memasak nasi goreng (pexels.com/Anna Tarazevich)

Di Indonesia, nasi goreng sering kali dikreasikan dengan bahan apapun yang ada di jangkauan. Maka dari itu, tidak heran kalau santapan ini menjadi makanan terpopuler yang sukses memikat lidah saat dinikmati sebagai menu sarapan, makan siang, sampai makan malam.

Bukan cuma bahan-bahan seperti telur, ayam, atau sosis, tetapi bihun juga dapat dimasukkan ke dalam kreasi makanan ini. Keberadaannya menjadi tambah unik karena mampu memberikan tekstur yang berbeda pada makanan. Sudah pernah coba?

2. Nasi liwet

5 Olahan Nasi yang Menyertakan Bihun Sebagai Pelengkapilustrasi menikmati nasi liwet bersama (unsplash.com/Avel Chuklanov)

Nasi liwet adalah kreasi makanan yang populer di tengah masyarakat Sunda dengan bahan utama berupa nasi yang dimasak pakai santan dan bumbu-bumbu khusus. Cita rasa nasi yang gurih nan aromatik akan dimaksimalkan pakai lauk makan yang melimpah ruah.

Banyak sekali pendamping yang dapat dinikmati bersama nasi liwet. Mulai dari ayam goreng, ikan asin, sambal, lalapan, dan yang paling menarik adalah bihun. Biasanya mi tersebut akan dibumbui secara terpisah pakai perasa dari kecap atau cabai, lalu disantap bersama lauk lain secara bersama-sama.

Baca Juga: 10 Olahan Nasi Tradisional dari Berbagai Negara, Ada Nasi Tumpeng!

3. Nasi tumpeng

5 Olahan Nasi yang Menyertakan Bihun Sebagai Pelengkapilustrasi nasi tumpeng (pixabay.com/Mufid Majnun)

Pada beberapa acara penting yang diselenggarakan oleh orang Indonesia, nasi tumpeng adalah pilihan makanan hits yang hampir dikenali banyak orang. Hidangan ini terasa spesial bukan cuma karena bentuknya yang mengerucut dan warna kuning khas, tetapi makanan acapkali dilengkapi pakai lauk makan yang meriah.

Hampir mirip dengan olahan nasi liwet, tumpeng juga mempunyai lauk makan tidak terbatas. Ada ayam goreng, telur, ikan asin, tempe, dan kerap dilengkapi memakai olahan mi, salah satunya adalah kreasi bihun kecap. Kombinasi menarik sekaligus bikin kenyang.

4. Nasi uduk

5 Olahan Nasi yang Menyertakan Bihun Sebagai Pelengkapilustrasi nasi uduk (pixabay.com/Mufid Majnun)

Nasi uduk kerap dijajakan untuk pilihan menu sarapan yang enak dan mengenyangkan. Olahan nasi mengandung santan ini sangat gurih sehingga tetap lezat meskipun disantap tanpa lauk pauk.

Walau demikian, pilihan pendamping nasi uduk ini sangat beragam. Kamu bisa menikmati makanan favorit tersebut bersama irisan telur, tambahan bawang goreng, dan tidak lupa bihun kecap untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih menarik.

5. Nasi rames

5 Olahan Nasi yang Menyertakan Bihun Sebagai Pelengkapilustrasi nasi rames (pixabay.com/Mufid Majnun)

Nasi rames sangat populer di berbagai wilayah di Indonesia dengan aneka macam pendamping yang membuatnya terasa lebih sedap saat dimakan. Hidangan ini kerap menampilkan lebih dari dua lauk makan, sehingga kamu akan merasa semakin kenyang.

Bukan cuma dapat dinikmati bersama ayam goreng, sambal, telur, sampai kentang, tetapi nasi rames juga senantiasa menghadirkan mi sebagai lauk pendamping. Mulai dari mi goreng sampai bihun pun tersedia untuk memberi rasa dan tekstur terbaik pada nasi.

Meskipun kerap dibilang nyeleneh, namun menikmati nasi dan bihun adalah hal yang sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Kelezatan keduanya hampir tak dapat tergantikan sehingga cocok untuk kamu nikmati sebagai inspirasi santapan enak dan mengenyangkan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Nasi Goreng Abang-abang Disukai dan Laris Banget

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya