Comscore Tracker

5 Ragam Olahan Bisque, Sup Kental untuk Teman Makan di saat Hujan

Sup ini identik dengan penggunaan seafood di dalamnya

Bagi penggemar olahan sup kental, bisque menjadi salah satu pilihan tepat untuk membuat hidangan penghangat tubuh. Umumnya, bisque diolah menggunakan bahan-bahan yang terkait dengan makanan laut, lho.

Bahan tersebut pula yang membedakan bisque dengan sup sejenis. Selain itu, kaldu yang dipakai pun cenderung menggunakan bahan-bahan hasil rebusan dari seafood, sehingga rasanya semakin fresh.

Agar lebih banyak tahu mengenai bisque, ada lima sajian populer tersebut yang bisa dijadikan inspirasi bagi untuk teman makan saat hujan.

1. Lobster bisque

5 Ragam Olahan Bisque, Sup Kental untuk Teman Makan di saat Hujanilustrasi lobster bisque (pixabay.com/Mogens Petersen)

Lobster bisque menjadi salah satu hidangan klasik dari sup ini yang dikenal memiliki rasa gurih yang menggugah selera. Bagian lobster yang digunakan dalam hidangan umumnya adalah lobster tail rebus.

Sebelumnya, panaskan wajan dan tumis bahan baku seperti bawang putih dan bombai, oregano, daun timi, lalu tambah dengan kaldu, serta pasta tomat. Campur bersama lobster dan haluskan memakai food processor.

Terakhir, masak kembali adonan tersebut dan bumbui dengan aneka penyedap. Jangan lupa masukkan heavy cream untuk menciptakan sup kental yang semakin creamy.

2. Shrimp and corn bisque

5 Ragam Olahan Bisque, Sup Kental untuk Teman Makan di saat Hujanilustrasi shrimp and corn bisque (pexels.com/Piotr Arnoldes)

Bisque gak harus diolah menggunakan satu bahan dominan saja, lho. Sebab dalam kreasinya kali ini, bisque dapat dimasak dengan nikmat menggunakan campuran antara udang serta jagung.

Kedua komponen utama bisa diturut dihaluskan memakai food processor. Namun, sisakan bagian utuh untuk ditambahkan ke dalam sup ketika telah masak, sehingga tekstur makanan pun akan lebih menarik.

Baca Juga: 5 Sup Daging Khas Meksiko, Rasanya Nikmat Bikin Gak Kuat! 

3. Tomato bisque

5 Ragam Olahan Bisque, Sup Kental untuk Teman Makan di saat Hujanilustrasi tomato bisque (pixabay.com/Aline Ponce)

Tomato bisque menjadi salah satu kreasi teranyar dalam olahan ini. Karena bahan baku yang digunakan tidak menggunakan makanan laut sama sekali, dan hanya terdiri dari penggunaan kaldu ayam, di samping bumbu yang digunakan.

Meski demikian, makanan ini tetap sedap untuk disantap. Terutama bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi seafood. Dan supaya adonan mudah tercampur, gunakan tomat yang telah dihancurkan ke dalam wajan, ya.

4. Seafood bisque

5 Ragam Olahan Bisque, Sup Kental untuk Teman Makan di saat Hujanilustrasi seafood bisque (pexels.com/Snapwire)

Buat kamu yang nggak bisa memilih bahan apa yang bisa dimasukkan ke dalam adonan bisque, maka solusinya adalah tinggal mencampur semua makanan laut yang ada untuk dimasak bersama.

Seafood tersebut sebaiknya direbus terpisah, untuk menghindari penyusutan air serta daging seafood yang belum matang di dalam sup. Sedangkan pembuatan adonan kuah yang digunakan tidak jauh dari kaldu, heavy cream, dan tepung.

5. Crab bisque

5 Ragam Olahan Bisque, Sup Kental untuk Teman Makan di saat Hujanilustrasi crab bisque (pexels.com/Denys Gromov)

Menjadi pilihan yang tidak kalah populer dari rekan-rekannya, olahan kali ini pun bisa dimasak menggunakan daging kepiting yang terkenal lembut, gurih, dan memiliki sensasi manis yang khas.

Biar rasanya semakin enak, gunakan campuran kaldu yang dihasilkan dari rebusan kepiting yang dimasak bersama bawang bombai, seledri, daun salam, peterseli, daun timi, serta garam dan gula.

Bisque menjadi salah satu pilihan sup yang menghangatkan, terutama kala sudah memasuki musim hujan. Teksturnya yang kental pun membuat sajian ini lebih mengenyangkan saat disantap. Yuk, icip!

Baca Juga: 9 Fakta Sup Kacang Merah, Sup Paling Sehat di Tiongkok

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya