Comscore Tracker

5 Ragam Olahan Ketan Goreng untuk Teman Ngemilmu

Kamu tim ketan goreng asin atau manis, nih?

Ketan menjadi salah satu bahan masak yang sangat fungsional di Indonesia. Komponen ini dapat dijadikan aneka macam olahan menarik untuk membuat makanan tambah enak, terutama yang berktekstur kenyal.

Macam-macam sajian yang dibuat menggunakan ketan juga ada yang melalui proses penggorengan. Ragam hidangan tersebut sudah dirangkum ke dalam lima camilan yang ada di dalam daftar berikut ini. Yuk, cari tahu!

1. Uli ketan goreng 

5 Ragam Olahan Ketan Goreng untuk Teman Ngemilmuilustrasi uli ketan goreng (Yummy/Nila Iswahyudi)

Bicara soal ketan, makanan tradisional seperti uli pasti langsung terlintas di benak kita. Makanan tersebut memang cukup populer di beberapa wilayah di Indonesia. Terlebih karena uli memiliki tekstur hidangan yang kenyal dan gurih.

Proses pembuatan uli sendiri akan melalui dua tahap. Pertama adalah mengukus beras ketan, kedua dikukus kembali bersama parutan kelapa. Setelah itu, uli harus ditumbuk. Kemudian baru, deh, bahan baku ini dapat disimpan maupun digoreng garing.

2. Ketan goreng isi daging 

5 Ragam Olahan Ketan Goreng untuk Teman Ngemilmuilustrasi ketan goreng isi daging (pexels.com/Christina Polupanova)

Kalau makanan yang satu ini pas banget untuk dijadikan salah satu makanan andalan, apabila kamu punya sisa daging yang tidak disentuh lagi di rumah. Biar gak sia-sia, sebaiknya gunakan daging tersebut untuk isian ketan goreng.

Pembuatannya pun mirip dengan proses bikin ketan uli. Setelah adonan jadi, tinggal masukkan adonan daging dan bulatkan. Kemudian masak hidangan selama beberapa saat di dalam minyak panas, sampai permukaan gorengan keemasan.

3. Ketan goreng isi sambal 

5 Ragam Olahan Ketan Goreng untuk Teman Ngemilmuilustrasi ketan goreng isi sambal (unsplash.com/Anton)

Masih berkutat seputar isian, olahan ketan goreng kali ini bakal lebih nikmat saat kamu merasakan kepedasan yang lezat di dalamnya. Itu karena ketan goreng akan dilengkapi menggunakan sambal, sehingga kamu gak perlu bikin cocolan ekstra.

Sambal sendiri bisa dibuat menggunakan kombinasi cabai dan bawang-bawangan. Biar gak terlalu hambar, campurkan suwiran ayam atau ikan, lalu aduk rata. Masukkan ke dalam adonan ketan, dan goreng makanan tersebut sampai luarnya renyah maksimal.

Baca Juga: Resep Songkolo Bagadang, Ketan dengan Serundeng Pedas Manis

4. Ketan goreng cokelat 

5 Ragam Olahan Ketan Goreng untuk Teman Ngemilmuilustrasi ketan goreng cokelat (pexels.com/Robert Moutongoh)

Beralih ke makanan berikutnya, kali ini ketan goreng tidak cuma bisa dijadikan kudapan bercita rasa asin. Tetapi kamu pun mampu mengubah bahan tersebut sebagai gorengan manis untuk teman minum kopi sehari-hari.

Gak tanggung-tanggung, bahan yang digunakan dalam melengkapi ketan goreng adalah cokelat. Cukup jadikan beberapa potong bahan sebagai isian makanan. Kemudian campurkan adonan uli ke dalam tepung terigu dan masak.

5. Ketan hitam goreng isi unti

5 Ragam Olahan Ketan Goreng untuk Teman Ngemilmuilustrasi ketan hitam goreng isi unti (unsplash.com/Jullliia)

Terdapat dua jenis ketan yang begitu populer di dunia kuliner. Pertama adalah ketan putih, berikutnya merupakan ketan hitam. Pada bahan yang kedua, makanan selalu sukses dijadikan pelengkap untuk membuat sajian manis.

Proses pengukusannya pun dilakukan dengan mencampur pandan hingga gula merah. Nah, bila ingin digoreng, kamu bisa menyisipkan unti alias olahan kelapa parut manis ke dalamnya. Kemudian gulingkan dalam tepung sebelum digoreng.

Macam-macam olahan ketan goreng bisa dijadikan ide masakan simpel namun tetap menggugah selera. Ada rasa asin dan manis, untuk disesuaikan dengan kesukaan kamu dan orang-orang tercinta. Yuk, buat!

Baca Juga: 5 Kuliner Tradisional di Renon Denpasar, Mulai Harga Rp5 Ribu

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya