Comscore Tracker

5 Sajian Populer yang Dibuat dari Sisa Sayuran, Ada Kaldu!

Yuk, manfaatkan sisa bahan masak tersebut agar bermanfaat

Saat sedang memasak, biasanya sayuran menjadi salah satu bahan yang kerap bersisa. Daripada dibuang, lebih baik kamu memanfaatkan bahan tersebut untuk dijadikan aneka olahan sedap, baik itu makanan utama ataupun camilan.

Terdapat lima kreasi sajian yang bisa dibuat menggunakan sisa dari sayuran tersebut, seperti ragam olahan yang ada di bawah ini.

1. Bakwan sayur

5 Sajian Populer yang Dibuat dari Sisa Sayuran, Ada Kaldu!ilustrasi bakwan sayur (pexels.com/Chan Walrus)

Bakwan sayur adalah gorengan penyelamat yang paling pas di lidah masyarakat Indonesia. Hidangan ini bisa kamu temukan sebagai menu serbaguna, lantaran dapat dinikmati secara langsung sebagai camilan atau dimakan bersama nasi biar makin sedap.

Pembuatan bakwan sayur sendiri ternyata bisa dimanfaatkan dengan menggunakan sisa sayuran yang ada. Umumnya bakwan sayur dibuat dari irisan wortel, kol, dan bumbu perasa yang dibalut menggunakan adonan tepung terigu. Setelah itu digoreng sampai garing.

2. Curry puff sayuran

5 Sajian Populer yang Dibuat dari Sisa Sayuran, Ada Kaldu!ilustrasi curry puff sayuran (pixabay.com/wannapa kanpitak)

Sisa sayuran juga bisa diolah menjadi isian untuk curry puff, salah satu makanan populer yang biasa ditemui di Asia, khususnya Singapura dan Malaysia. Makanan ini hampir mirip dengan olahan pastel, hanya saja bagian kulitnya cenderung memiliki guratan seperti berputar.

Cara membuat isiannya sangat simpel, sebab kamu bisa menggunakan aneka macam sisa sayuran yang ada kemudian masak bersama bumbu kari. Setelah mengental, tinggal masukkan ke dalam kulit puff pastry atau karipap siap pakai. Berikutnya tinggal masak hingga seluruh komponen matang sempurna.

Baca Juga: 7 Tips Re-Grow Sisa Sayuran dengan Media Tanam Seadanya

3. Quiche sayuran

5 Sajian Populer yang Dibuat dari Sisa Sayuran, Ada Kaldu!ilustrasi quiche sayuran (pixabay.com/-Rita-👩‍🍳 und 📷 mit ❤)

Quiche sering disebut juga sebagai pai asin. Makanan ini dibuat menggunakan macam-macam sayuran, supaya hasil akhir makanan cenderung lebih bertekstur. Oleh sebab itu, tidak heran jika kamu bisa memanfaatkan sisa sayuran untuk diolah menjadi quiche.

Sayuran-sayuran tersebut nantinya perlu dibersihkan dan dicampur bersama adonan quiche yang terdiri dari susu, telur, krim, serta keju. Setelah semua adonan siap, tinggal panggang makanan tersebut hingga menjadi padat. Sajian pun cocok dinikmati bersama saus sambal. 

4. Kaldu sayur

5 Sajian Populer yang Dibuat dari Sisa Sayuran, Ada Kaldu!ilustrasi kaldu sayur (pixabay.com/Hans)

Tahu gak sih, selain daging ternyata sayuran juga kerap kali dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama untuk membuat kaldu? Bahkan bahan tersebut cocok untuk dijadikan pelengkap aneka macam masakan berkuah, biar semakin sedap dan gurih.

Untuk membuat kaldu sayuran, kamu bisa memanfaatkan sisa sayuran yang ada. Mulai dari wortel, kentang, seledri, bawang, serta bahan-bahan lain. Tinggal rebus sayuran tersebut, lalu tambahkan perasa dan dedaunan aromatik. Masak dengan api kecil sampai air kaldunya berubah warna.

5. Nasi goreng sayur

5 Sajian Populer yang Dibuat dari Sisa Sayuran, Ada Kaldu!ilustrasi nasi goreng sayur (pixabay.com/Gleen Ferdinand)

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau nasi goreng adalah teman akrab masyarakat Indonesia. Makanan ini sangat simpel tetapi sukses untuk membuat momentum apapun terasa lebih mengenyangkan.

Pembuatan nasi goreng sendiri bisa dimanfaatkan dengan menambahkan ragam isian, salah satunya dengan memasukkan sisa sayuran. Kamu bisa bebas menggunakan sayur apa saja untuk dimasukkan ke dalam adonan tersebut, lalu dimasak hingga matang.

Memanfaatkan sisa sayuran untuk diolah menjadi aneka penganan, mulai dari makanan ringan sampai makanan utama, dapat mengurangi sisa bahan masak yang terbuang. Belum lagi sisa sayuran tersebut juga tetap sedap, apalagi kalau diolah dengan cara yang seru.

Baca Juga: 10 Sayuran Enak yang Sering Jadi Topping Ramen, Rasanya Umami!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya