Comscore Tracker

5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

Ada salad yang dicampur dengan udang dan tofu, lho!

Pepaya menjadi salah satu buah tropis yang terkenal karena manfaat baik untuk tubuh. Maka gak heran kalau buah tersebut senantiasa menemani waktu makan sehari-hari.

Bila suka, kamu dapat memanfaatkan pepaya untuk dijadikan olahan seperti salad yang kaya rasa. Ada sekitar lima pilihan yang dapat dijadikan ide memasak, supaya santapan jadi terasa nikmat.

1. Som tam

5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidahilustrasi som tum (pixabay.com/xegxef)

Som tam adalah salad pepaya populer dari Thailand yang mengandung sensasi rasa pedas dan segar memanjakan lidah. Uniknya lagi, jenis buah yang digunakan adalah pepaya mentah berwarna hijau.

Gunakan dressing dari campuran cabai, bawang putih, gula cokelat, kecap ikan, sedikit minyak, dan air lemon. Kemudian siapkan parutan pepaya, kecambah atau tauge, tomat, serta kacang untuk melengkapi sajian.

2. Papaya slaw

5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidahilustrasi papaya slaw (pixabay.com/Aeko2324)

Papaya slaw merupakan hasil adaptasi dari makanan originalnya bernama coleslaw, yang terbuat dari kol dengan campuran vinaigrette. Yaitu saus yang terbuat dari campuran antara cuka, mustard, madu, dan lainnya.

Pada papaya slaw, kamu bisa menggunakan pepaya hijau sebagai bahan utama. Tambahkan irisan sayur atau buah lain supaya kian ramai. Masukkan kacang panggang, cabai, hingga dressing, maka olahan siap disantap.

3. Papaya salad with prawn

5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidahilustrasi papaya salad with prawn (pixabay.com/Ruttikal Chularom)

Kreasi salad menarik yang melibatkan pepaya berikutnya bisa diolah dengan mencampurkan udang ke dalam sajian. Penggunaan bahan ini akan membuat makanan terasa lebih umami saat dikonsumsi.

Sedangkan dressing yang dipakai adalah dari cuka, air lemon, kecap ikan, cabai, bumbu perasa, serta daun bawang. Bila suka, kamu pun dapat menambahkan sayur daun berwarna hijau supaya isian terasa lebih lengkap.

Baca Juga: 5 Macam Olahan Waldorf untuk Ide Salad Buah dengan Seledri yang Lezat

4. Mango and papaya salad

5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidahilustrasi mango and papaya salad (pixabay.com/gettep)

Kalau kamu lebih suka menyantap salad bercita rasa manis, maka olahan berikutnya yang patut dicoba adalah mango and papaya salad. Seperti namanya, kamu memerlukan keberadaan mangga untuk bisa membuat sajian ini.

Cukup potong-potong buah yang hendak dikonsumsi, lalu tata dengan rapi di atas piring. Kemudian tambahkan sedikit madu dan air lemon. Maka hidangan pun akan menjadi salah satu menu makan yang menyegarkan hari-harimu.

5. Tofu and papaya salad

5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidahilustrasi tofu and papaya salad (pixabay.com/Chris Tweten)

Masih seputar hidangan salas bercita rasa gurih, santapan berikut ini akan terasa lebih maksimal akibat penggunaan tofu ke dalam olahan. Perpaduan tekstur lembut dan renyah akan membuat menu santapan makin berwarna.

Tofu bisa dimasak terlebih dahulu dengan saus kesukaan. Lalu susun dengan bihun, irisan pepaya, sayur daun berwarna hijau, dan kacang panggang. Lengkapi dressing dari kecap ikan, air lemon, cabai, hingga gula cokelat.

Ada macam-macam salad dengan beragam cita rasa menarik dari pepaya. Bahkan beberapa di antaranya cocok buat menemani waktu makan siang dan malam, agar terasa lebih praktis. Tertarik mencicipinya?

Baca Juga: 5 Salad Populer Khas Eropa Tengah, Gak Bikin Gagal Diet!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya