Comscore Tracker

5 Hidangan yang Terbuat dari Sisa Donat, Jadi makin Enak!

Cocok dijadikan bread puding sampai sandwich

Donat merupakan makanan terkenal yang bisa disajikan dalam versi asin ataupun manis. Keberadaan makanan ini begitu disukai oleh berbagai lapisan masyarakat, terutama jika sudah dimaksimalkan menggunakan aneka macam toping atau isi.

Walau begitu, terkadang gak semua orang langsung menghabiskan donat setelah membeli. Jika kamu ada sisa donat dan bosan dimakan biasa, langsung saja olah menjadi beberapa kreasi hidangan sisa donat berikut ini.

1. Bread pudding donut 

5 Hidangan yang Terbuat dari Sisa Donat, Jadi makin Enak!ilustrasi bread pudding donut (pixabay.com/Daniel Albany)

Bread pudding menjadi sajian populer yang dibuat menggunakan roti tawar. Makanan tersebut seringkali dinikmati sebagai menu sarapan atau camilan ringan yang disantap bersama segelas teh dan kopi.

Bread pudding memiliki tekstur yang lembut, makanya gak heran kalau bahan utama itu bisa diganti memakai donat sisa. Cukup potong-potong donat, masukkan ke dalam loyang, lalu rendam menggunakan campuran susu, telur, gula, dan vanilla. Tinggal panggang, deh.

2. Donut french toast 

5 Hidangan yang Terbuat dari Sisa Donat, Jadi makin Enak!ilustrasi donut french toast (pixabay.com/Terri Cnudde)

Bila mendengar nama french toast, makanan yang terlintas pertama kali bukan lain adalah roti panggang. Tetapi hidangan tersebut rupanya dapat dikreasikan sedemikian rupa, hingga muncul varian doughnut french toast yang dibuat dari sisa donat.

Cara membuatnya sangat gampang. Siapkan terlebih dahulu rendaman dari susu, telur, vanilla, kayu manis, sirup, dan garam. Celupkan potongan donat ke dalamnya 30-60 detik, lalu masak di atas wajan berisikan lelehan mentega hingga permukaannya kecokelatan.

3. Keripik donat 

5 Hidangan yang Terbuat dari Sisa Donat, Jadi makin Enak!ilustrasi keripik donat (pixabay.com/Silvia)

Cara menikmati sisa donat biar terasa sedap berikutnya bisa dibuat menjadi keripik. Hidangan ini cukup unik lantaran makanan memiliki cita rasa manis sekaligus garing di bagian luar, mirip dengan keripik pada umumnya.

Pada proses pembuatan donat keripik ini, nantinya donat perlu diiris setipis mungkin. Setelah itu siapkan wajan dan masak donat sambil ditekan-tekan permukaannya agar semakin tipis. Setelah teksturnya menjadi garing, maka keripik bisa segera dinikmati.

Baca Juga: Resep Donat Tape yang Empuk, Cara Membuatnya Gak Ribet!

4. Donut cake pop 

5 Hidangan yang Terbuat dari Sisa Donat, Jadi makin Enak!ilustrasi donut cake pop (pixabay.com/Kris)

Kreasi termudah untuk memanfaatkan sisa donat menjadi aneka santapan sedap adalah dibuat sebagai cake pop. Hidangan ini memiliki bentuk serupa lolipop sehingga bisa menarik perhatian banyak orang, terutama anak-anak.

Donat sisa tersebut nantinya perlu dihaluskan agar lebih mudah untuk dibentuk menjadi bola-bola. Kemudian beri tusukan permen dan celupkan adonan donat tersebut ke dalam lelehan cokelat, tinggal beri topping sesuai selera biar semakin menarik.

5. Sandwich donut     

5 Hidangan yang Terbuat dari Sisa Donat, Jadi makin Enak!ilustrasi sandwich donut (pixabay.com/JayMantri)

Kalau sajian yang satu ini bisa bebas disesuaikan dengan selera kamu, lho. Karena sisa donat dapat dijadikan makanan manis atau asin, terutama jika donat tersebut belum diberi topping apapun sebelumnya.

Donat tersebut perlu dibelah menjadi dua, kemudian isi menggunakan macam-macam bahan. Seperti saus favorit, daging-dagingan, dedaunan keju, dan lain sebagainya. Setelah itu sandwich donat pun siap untuk dijadikan kreasi makanan yang lezat.

Memanfaatkan keberadaan sisa donat untuk dijadikan aneka macam hidangan akan terasa lebih efektif untuk menghabiskan makanan tersebut. Selain penampilannya yang berbeda, rasanya pun jadi semakin unik dan bisa membuat kamu terkesima.

Baca Juga: Resep Membuat Donat Rendah Kalori, Caranya Gak Sulit!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya