Comscore Tracker

6 Kesalahan Membersihkan Kulkas yang Sebaiknya Kamu Hindari

#IDNTimesFood Supaya performa kulkas lebih tahan lama

Sebagai komponen elektrik, membersihkan kulkas tak boleh sembarangan. Ada perlakuan khusus yang perlu kamu perhatikan, agar performa kulkas tetap baik dan kulkas bisa selalu tampil bening.

Sayangnya, beberapa kesalahan ini masih kerap dilakukan saat membersihkan kulkas. Catat baik-baik, ya, supaya kamu tidak melakukan kesalahan membersihkan kulkas seperti di bawah ini!

1. Tidak mengeluarkan rak dan laci

6 Kesalahan Membersihkan Kulkas yang Sebaiknya Kamu HindariRak kulkas (unsplash.com/Erik Mclean)

Umumnya, rak dan laci adalah elemen bagian dalam kulkas yang didesain mudah dilepas dari badan kulkas. Namun, masih banyak di antara kita yang masih malas melepasnya saat membersihkan.

Alih-alih dilepas, disiram air hangat, dan dicuci dengan sabun piring agar setiap noda yang menempel bisa hilang, kita hanya mengelap seadanya.

Padahal noda seperti tumpahan sirup atau debu-debu yang menempel di dalamnya perlu ditutup dahulu beberapa menit dengan kain basah dan hangat. Tujuannya supaya noda membandel tersebut lebih mudah dilap.

2. Menggunakan pembersih kimia untuk interior kulkas

6 Kesalahan Membersihkan Kulkas yang Sebaiknya Kamu HindariIlustrasi cairan kimia (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Untuk kompartemen kulkas yang tidak bisa dilepas, kamu bisa mengelapnya dengan kain bersih. Namun, sebaiknya hindari penggunaan produk pembersih kimia karena sisa-sisa aromanya bisa saja menempel pada makanan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan campuran soda kue dan air dengan takaran satu banding tujuh. Bahan ini lebih ramah lingkungan dan pastinya aromanya lebih aman untuk makanan yang akan dimasukkan kembali ke dalam kulkas.

3. Membiarkan bau tak sedap memenuhi bagian dalam kulkas

6 Kesalahan Membersihkan Kulkas yang Sebaiknya Kamu HindariIlustrasi seseorang mencium bau tak sedap kulkas (authorizedco.com)

Sisa-sisa bahan makanan yang disimpan terlalu lama di dalam kulkas bakal meninggalkan bau tak sedap. Jika tak turut dihilangkan saat kamu membersihkan kulkas, aromanya bakal lebih sulit hilang dan mengganggu setiap kali kamu membuka kulkas.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut dengan memanfaatkan soda kue. Gunakan wadah terbuka dan letakkan beberapa sendok makan soda kue ke dalamnya.

Letakkan wadah berisi soda kue tersebut di bagian dalam kulkas yang aman. Soda kue akan bekerja dengan sendirinya untuk menyerap bau tak sedap.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Ini Justru Cepat Busuk jika Disimpan di Kulkas 

4. Tidak membersihkan karet di sekeliling pintu kulkas

6 Kesalahan Membersihkan Kulkas yang Sebaiknya Kamu HindariMengelap karet pintu kulkas (diy.stackexchange.com)

Lapisan karet yang mengelilingi pintu kulkas kerap luput dari proses membersihkan kulkas. Alhasil, karet di pinggiran pintu kulkas menjadi hitam karena debu dan kotoran yang dibiarkan hinggap berlama-lama.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring dan air hangat jika kotoran yang ada tak membandel. Namun, jika kamu menjumpai jamur, gunakan spon dan beberapa tetes cairan pemutih.

5. Luput membersihkan eksterior kulkas

6 Kesalahan Membersihkan Kulkas yang Sebaiknya Kamu HindariMembersihkan eksterior kulkas (maytag.com)

Gak cuma bagian dalam kulkas yang mesti kamu bersihkan, eksterior kulkas juga tak boleh luput dari perhatianmu. Pintu bagian luar, pegangan pintu, dan bagian atas kulkas perlu kamu lap secara rutin.

Gunakan kain berbahan mikrofiber yang dibasahi air biasa, lalu usap ke seluruh permukaan eksterior kulkas, selain bagian gulungan kondensor.

6. Membiarkan gulungan kondensor penuh debu

https://www.youtube.com/embed/o7Z4oVfJU20

Gulungan kondensor berada di bagian belakang kulkas sebelah bawah. Lokasinya yang tersembunyi sering terlupakan untuk dibersihkan. Akibatnya kondensor menjadi berdebu dan mengurangi kemampuan kulkas untuk meredam panas.

Cara terbaik membersihkan kondensor adalah dengan vacuum cleaner. Namun, kalau kamu belum memiliki vacuum cleaner, kamu bisa gunakan kemoceng berbahan lembut, kuas, atau sikat.

Nah, setelah mengetahui beberapa kesalahan di atas, semoga next time bisa teliti lagi saat membersihkan kulkas ya. Demi performa kulkas selalu prima dan tahan lama, ya kan?

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas, Tetap Segar dan Gak Cepat Busuk

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya