Comscore Tracker

Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! 

Dari nasi uduk hingga makanan padang yang lezat! 

Sebagai salah satu provinsi tetangga ibu kota dari seberang pulau, Lampung memang tidak se-fancy itu sebagai tempat wisata kuliner. Padahal, Lampung memiliki banyak sekali restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia, lho! Mulai dari nasi uduk, bakso, hingga masakan padang, semua bisa kamu dapati di provinsi ini. Tentu saja rasanya juga sangat lezat. 

Yuk simak 7 referensi restoran di provinsi Lampung ini yang bisa menjadi sasaran wisata kuliner kamu selanjutnya!

1. Nasi Uduk Toha 

Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! traveloka.com

Buat kamu para pencinta nasi uduk, kamu harus banget mencicipi nasi uduk di tempat ini! Sudah berdiri sejak tahun 1990an, restoran ini menyediakan nasi uduk sebagai sajian utamanya, yang kemudian bisa kamu tambahkan dengan menu lain seperti ayam goreng, ati ampela, tempe, tahu, lalapan, dan lain-lain.

Sebagai persinggahan utamanya, restoran ini terletak di Jl. RA Kartini No. 22, dan kini memiliki 2 cabang lainnya di Jl. Diponegoro No. 88B dan Jl. Pangeran Antasari No. 96.

Uniknya, Nasi Uduk Toha ini tidak buka dari pagi, lho. Melainkan dari sore hingga dini hari! Harganya juga terjangkau, dengan satu porsi nasinya sendiri berkisar di harga Rp8.000, sementara pelengkapnya dapat dinikmati dengan harga yang bervariasi dari Rp6.000-25.000. 

2. Bakso Sony 

Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! riniisparwati.com

Nah, kalau restoran yang satu ini, akan terasa nikmat sekali untuk kamu cicipi di sore hari, apalagi ketika lagi hujan! Menyediakan bakso yang juga legendaris dan dilengkapi dengan mie telor kuning dan bihun, Bakso Sony terletak di Jl. Wolter Monginsidi No. 42. Selain bakso dan mie, mereka juga menyajikan menu mie ayam bakso, lho!

Dengan harga berkisar Rp15.000 per porsinya, kamu wajib sekali mencoba warung bakso yang satu ini!

3. Jumbo Kakap 

Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! review.bukalapak.com

Pecinta seafood, mari merapat! Jumbo Kakap boleh dibilang sebagai salah satu restoran seafood yang paling nikmat di Lampung! Selain karena kamu bisa memilih langsung ikan-ikan, udang, dan sajian lainnya saat masih fresh di akuarium, restoran ini juga memiliki banyak variasi dalam cara pemasakannya mulai dari saus tiram, bakar kecap, steam, saus padang, dan sebagainya.

Restoran ini terletak di Jl. Ikan Kakap No. 45, dengan tempat yang luas dan cocok sekali untuk makan bersama keluarga, teman, atau bahkan tim kantor.

Harganya juga terjangkau, lho. Mulai dari Rp8.500 per ons-nya untuk ikan gurame, Rp36.000 per ons untuk lobster, dan Rp13.000-20.000 per ons untuk kepiting.

Baca Juga: 10 Pesona Puncak Mas Lampung, Surganya Selfie Saat Main ke Lampung

4. Mbok Wito 

Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! ksmtour.com

Restoran yang satu ini jangan kamu lewatkan ketika mencari makanan autentik khas Indonesia, ya! Mbok Wito akan memuaskan rasa laparmu dengan berbagai sajian yang lezat meliputi bebek bakar bumbu kacang, ayam penyet cabe ijo, sayur asam, mie tek-tek, nasi goreng, ikan, dan sebagainya.

Restoran ini kini beroperasi di 3 cabang, yaitu di Jl. Gatot Subroto No. 64, Jl. Arief Rahman Hakim No. 16A, dan Jl. P. Emir Moh. Noer.

Harganya juga relatif masuk akal, seperti sekitar Rp22.000 untuk menu ayam dan Ro35.000 untuk menu bebek. 

5. Nasi Bakar LG 

Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! traveloka.com

Nasi Bakar LG ini adalah restoran nasi bakar yang paling ikonik di Provinsi Lampung! Restoran ini menyajikan nasi bakar dengan varian pelengkap yang bermacam-macam, meliputi empal, ati ampela, ayam goreng, telur, hingga seafood. Tak hanya nasi bakar, menu lainnya seperti ikan gurame, udang, dan mie goreng juga bisa kamu dapatkan di sini.

Terletak di Jl. Way Sekampung No. 1, restoran ini pastinya memiliki harga yang terjangkau yang berkisar di antara Rp30.000-40.000 untuk satu porsi nasi bakarnya. 

6. Mie Khodon 

Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! pesona.travel

Mie Khodon adalah salah satu restoran legendaris lainnya di Provinsi Lampung yang sudah berdiri sejak tahun 1960an. Tempat kuliner yang satu ini menyediakan berbagai varian mie mulai dari mie rebus, mie goreng, bihun rebus, dan bihun goreng, dimana mie dan semua bahan bakunya dibuat sendiri, lho.

Awalnya dijual oleh sang pemilik dengan berkeliling di area Teluk Betung, Mie Khodon kini terletak di Jl. Ikan Bawal No. 22.

Hanya dengan sekitar Rp20.000, kamu bisa menikmati mie yang legendaris ini!

7. Begadang Resto 

Ingin Jelajah Kuliner Lampung? Jangan Lewatkan 7 Restoran Ini! garnesia.com

Nah, yang satu ini juga wajib sekali kamu cicipi! Restoran Begadang ini adalah restoran lainnya yang sangat ikonik dengan Provinsi Lampung, yang menyajikan berbagai macam masakan padang yang sangat lezat.

Seperti layaknya Rumah Makan Padang, restoran ini akan menjamu kamu dengan berpiring-piring masakan di meja begitu kamu baru saja duduk! Selain itu, ayam goreng telur dan rendang hitamnya yang terkenal itu dapat kamu pesan secara terpisah. Bahkan, banyak orang seringkali membungkus rendangnya untuk dibawa ke luar kota hingga luar negeri, lho!

Restoran ini kini sudah memiliki setidaknya 6 cabang, di mana lokasi utamanya berada di Jl. Diponegoro No. 164 dan Jl. Diponegoro No. 22. Dengan harga yang juga layak dan terjangkau, restoran ini jangan sampai terlewat, ya!

Itu dia 7 referensi tempat makan yang harus kamu ketahui jika ingin berwisata kuliner di Provinsi Lampung. Terlihat enak-enak sekali, bukan?

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Paling Seru Dijadikan Teman Wisata Kuliner, Doyan Makan!

Jessica Claudia Photo Writer Jessica Claudia

Penyuka kata.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya