Comscore Tracker

Wah, Kombinasi 5 Bahan Ini Bisa Bikin Gorenganmu Lebih Bervitamin

Rempah-rempah ini pasti ada kok di dapur kamu

Aneka "makanan rakyat" yang murah meriah berbahan dasar terigu, seperti: bakwan, pisang goreng, sukun goreng, ubi goreng, tahu goreng, atau tempe goreng tentu tidak asing lagi bagi kamu yang sejak lahir tinggal di Indonesia.

Nah, daripada beli, gak ada salahnya kan kalau di waktu senggang kamu membuatnya sendiri. Berikut ini 5 daftar rempah-rempah yang bisa kamu campurkan sekaligus dalam adonan (terigu) untuk menghasilkan gorengan yang tidak hanya enak, higienis, dan pastinya sehat.

 

1. Bawang Putih

Wah, Kombinasi 5 Bahan Ini Bisa Bikin Gorenganmu Lebih Bervitaminwww.Jitunews.com

Campuran terigu dan garam sebenarnya memang sudah cukup untuk menciptakan rasa pada gorengan. Namun, bawang putih yang ditumbuk halus dapat memberikan rasa gurih serta sebagai penguat rasa alami pada gorengan pisang, sukun, atau ubi yang kamu buat.

Nah, kabar baik lainnya adalah bawang putih merupakan bumbu yang mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiseptik. Kandungan vitamin A, B1 & C yang dimilikinya juga sangat bagus loh untuk kesehatan tubuhmu. Bahan dasar ini pasti selalu tersedia di dapurmu, kan?

2. Merica

Wah, Kombinasi 5 Bahan Ini Bisa Bikin Gorenganmu Lebih Bervitaminwww.hendyirawan.com

Bahan kedua yang ditambahkan pada adonan gorengan adalah merica. Sebagaimana halnya cabai, kandungan rasa pedas yang dimiliki oleh merica juga dapat memberikan efek segar dan mengunggah selera makan kamu. Wah, gorenganmu pasti akan menjadi semakin nikmat, nih.

Merica juga memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, seperti: A, B, C, E, dan K yang dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi tekanan darah tinggi, sebagai zat antioksidan, dan untuk kesehatan tulang. Rasa pedas itu banyak gunanya loh.

3. Kunyit

Wah, Kombinasi 5 Bahan Ini Bisa Bikin Gorenganmu Lebih Bervitaminwww.mnn.com

Kamu pasti sudah tahu kan reputasi kunyit sebagai pewarna makanan alami. Nah, setelah memasukkan bawang putih & merica, jangan sampai kamu lupa untuk menambahkan kunyit pada adonan ubi, tahu, tempe, atau gorengan sejenisnya untuk hasil akhir berwarna golden brown yang terlihat yummy.

Kunyit juga ternyata mengandung vitamin A, B1, dan C yang bagus untuk kesehatan mata, kulit, dan antioksidan untuk tubuhmu.

4. Ketumbar

Wah, Kombinasi 5 Bahan Ini Bisa Bikin Gorenganmu Lebih Bervitaminpxhere.com

Waktu pertama kali belajar masak, kamu pasti pernah bingung kan membedakan antara merica dan ketumbar karena bentuk  keduanya yang sama-sama bulat. Selain itu, kandungan vitamin pada ketumbar ternyata tidak berbeda jauh dengan merica, yaitu vitamin A, B1, C, dan K.

Oleh karena itu, jangan ragu, ya untuk memasukkan ketumbar dalam adonan gorenganmu, biar makin sedap dan memberikan manfaat lebih bagi tubuhmu. Bukan sekadar enak kan?

5. Daun Jeruk Nipis

Wah, Kombinasi 5 Bahan Ini Bisa Bikin Gorenganmu Lebih Bervitaminwww.majalah-holiday.com

Kamu pasti pernah coba tempe goreng yang diberi potongan halus jeruk nipis. Ya, tujuannya adalah untuk memberikan aroma wangi pada gorengan tersebut. Selain bisa memberikan aroma segar pada gorenganmu, daun jeruk juga ternyata memiliki manfaat untuk pencernaan dan kandungan vitamin C-nya merupakan aktioksidan alami yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, bukan hanya adonan tempe, jenis gorengan lain, seperti: pisang, sukun, ubi, dan bakwan bisa kamu beri potongan daun jeruk nipis untuk menghasilkan gorengan yang crispy dan menyehatkan tubuh.

Jadi, jangan ragu untuk mencobanya hari ini buat gorengan nanti sore!

Khalifah Annisa Natsir Photo Writer Khalifah Annisa Natsir

70% introvert, suka psikologi, humor, kopi, dan es krim.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya