Comscore Tracker

7 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara di Dunia, Enak Semua!

Gak kalah kok dari kue ulang tahun!

Di Indonesia, merayakan hari ulang tahun gak akan pernah lengkap tanpa adanya kue ulang tahun dengan lilin menyala di atasnya. Biasanya orang yang berulang tahun akan mengucapkan doa sebelum meniup lilin, dan membagikan potongan kue pertama pada orang yang paling penting dalam hidupnya.

Dilansir dari thedailymeal.com, walaupun tradisi di atas kedengaran sangat umum, tapi nyatanya gak semua negara merayakan ulang tahun dengan cara yang sama. Bukan cuma soal perayaan yang berbeda, beberapa negara di bawah ini bahkan memiliki makanan khas yang selalu mereka nikmati saat ulang tahun. Apa aja?

1. Longevity noodles dari Tiongkok

7 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara di Dunia, Enak Semua!instagram.com/limjenjen

Alih-alih kue ulang tahun, orang Tiongkok merayakan pertambahan usianya dengan menyantap semangkuk longevity noodles atau mie panjang umur. Pada dasarnya, mie panjang umur terdiri dari mie gandum, kuah kaldu ayam, dan telur sebagai toping. Kenapa harus mie?

Ini karena dalam kepercayaan masyarakat Tiongkok, mie melambangkan usia seseorang. Dan karena melambangkan usia, maka orang yang berulang tahun dilarang memotong mie baik itu dengan garpu atau gigi karena itu artinya mereka memotong usianya.

Sebagai gantinya, orang yang ulang tahun harus menyeruput mie sampai habis dengan harapan, dia akan memiliki kehidupan yang lama dan panjang persis seperti mie.

2. Fairy bread dari Australia 

7 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara di Dunia, Enak Semua!instagram.com/sweetestmenu

Kalau orang Tiongkok merayakan ulang tahun dengan semangkuk mie, anak-anak kecil di Australia lebih memilih mengonsumsi fairy bread saat ulang tahunnya. Tenang, meski namanya fairy bread, roti satu ini enggak benar-benar berbentuk seperti peri.

Disebut fairy bread karena roti ini dihiasi aneka taburan meses warna-warni. Meski sederhana, anak-anak Australia sangat menyukai fairy bread. Bukan cuma karena tampilannya yang cantik, tapi juga karena rasanya yang sangat manis.

3. Miyeok-guk dari Korea Selatan 

7 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara di Dunia, Enak Semua!instagram.com/maybebiggreen

Saat seorang anak berulang tahun, orangtua di Korea Selatan enggak akan membuatkan kue ulang tahun, melainkan miyeok-guk (미역국) atau sup rumput laut lengkap dengan potongan daging sapi di dalamnya. Selain sehat dan kaya nutrisi, tekstur rumput laut yang licin dipercaya dapat membuat orang yang mengonsumsinya memiliki kehidupan yang mudah dan beruntung dalam hal apa pun.

Baca Juga: 5 Ide Olahan Ayam Goreng untuk Menu Makan Perayaan Hari Ulang Tahun

4. Sandwiches De Miga dari Argentina 

7 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara di Dunia, Enak Semua!sandwichtribunal.com

Di Amerika Serikat, sandwich jadi menu sarapan favorit. Sedangkan di Argentina, sandwich adalah makanan favorit saat ulang tahun. Berbeda dengan roti sandwich Amerika yang tebal, orang Argentina lebih suka menggunakan miga atau roti tipis dan empuk untuk sandwich-nya.

Biasanya sandwich diisi dengan potongan tomat, keju, telur, paprika, selada, tuna, atau daging. Selain menyantap sandwiches de miga, orang Argentina juga memiliki tradisi menarik kuping orang yang sedang berulang tahun.

5. Pirozhki dari Rusia 

7 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara di Dunia, Enak Semua!instagram.com/nataliepis

Di Rusia, orang yang sedang berulang tahun akan diperlakukan dengan sangat baik oleh keluarga, maupun teman-temannya. Enggak cukup sampai disitu, mereka juga mendapat hidangan spesial berupa roti yang disebut pirozhki.

Yang lebih istimewanya lagi, orang yang berulang tahun bisa memilih sendiri isian pirozhki untuk ulang tahun mereka. Jika mereka penggemar makanan yang manis-manis, maka pirozhki akan diisi dengan potongan buah dan agar-agar. Sedangkan pirozhki asin memiliki isian yang lebih beragam seperti kol, daging, keju, kentang, dan juga telur.

6. Brigadeiro dari Brazil 

7 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara di Dunia, Enak Semua!instagram.com/mimoaweets_

Selain kue, pesta perayaan ulang tahun di Brazil gak akan lengkap tanpa brigadeiro. Brigadeiro adalah sejenis permen manis yang terbuat dari mentega, susu kental manis, dan coklat. Setelah semua bahan dicampur, adonan dibentuk bulat dan dibalut dengan potongan kacang.

Sama seperti fairy bread Australia, brigadeiro biasanya disajikan dalam pesta ulang tahun anak-anak. Meski begitu, banyak juga orang dewasa yang masih menyantap brigadeiro di momen ulang tahunnya.

7. Oto dari Ghana 

7 Makanan Khas Ulang Tahun dari Berbagai Negara di Dunia, Enak Semua!modernghana.com

Bagi orang Ghana, ulang tahun adalah momen yang spesial dan karena itu mereka berhak menyantap hidangan yang juga spesial. Di Ghana, orang yang berulang tahun akan memulai harinya dengan mengonsumsi oto.

Oto sendiri adalah makanan sejenis makanan yang terbuat dari ubi rebus yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan aneka bumbu seperti bawang merah, garam, dan bubuk udang kering. Agar lebih spesial, oto disajikan dengan telur rebus, nasi, sup, dan keripik pisang raja yang disebut kalewele.

Itu dia tujuh makanan khas ulang tahun dari berbagai negara dunia. Kamu sudah pernah coba salah satunya belum?

Baca Juga: 9 Dessert Ulang Tahun yang Wajib Dihidangkan di Berbagai Negara

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya