Comscore Tracker

5 Camilan Legendaris di Suryakencana Bogor, Pernah Coba yang Mana?

Surga kulinernya Kota Hujan, nih! #LokalIDN

Mau kulineran di Bogor? Jalan Suryakencana bisa jadi pilihan terbaik. Jalan yang juga sering disebut sebagai Pecinannya Kota Bogor ini memang jadi surganya kuliner di Kota Bogor. Sudah ada sejak dua abad lalu, Jalan Suryakencana sendiri terkenal dengan aneka kuliner legendaris.

Nyatanya bukan cuma makanan berat seperti soto atau nasi goreng yang dijual, di jalan ini juga terdapat banyak cemilan nikmat, beberapa di antaranya bahkan merupakan camilan yang sudah berusia puluhan tahun. Tertarik mencicipi? Berikut camilan legendaris yang dijual di sekitaran Jalan Suryakencana, Bogor.

1. Lumpia basah Gang Aut 

5 Camilan Legendaris di Suryakencana Bogor, Pernah Coba yang Mana?lumpia basah Gang Aut (instagram.com/vico.kuliner)

Kamu pasti pernah makan lumpia goreng. Tapi kalau lumpia basah, bisa jadi kamu belu mencobanya. Lumpia basah terbuat dari taoge, tahu goreng, bengkoang yang ditumis dengan telur dan aneka bumbu, lalu dibungkus dengan kulit lumpia mentah.

Di Bogor, lumpia basah ini merupakan cemilan favorit. Nah dari sekian banyak penjual lumpia di Kota Bogor, lumpia basah Gang Aut adalah yang paling legendaris karena sudah berjualan sejak tahun 1972. Menariknya, lumpia di sini masih dimasak dengan menggunakan arang sehingga aromanya jadi lebih menggugah selera.

Alamat: Jl. Suryakencana No.307, RT.01/RW.07, RT.01/RW.07, Sukasari, Bogor, Jawa Barat 16131

Jam buka: Senin sampai Sabtu, pukul 09.30-19.30 WIB (Minggu tutup pukul 16.00 WIB)

Harga: Rp15.000

2. Martabak Encek 

5 Camilan Legendaris di Suryakencana Bogor, Pernah Coba yang Mana?martabak Encek (instagram.com/kulinersamacici)

Para penggemar martabak sejati gak boleh lupa mencicipi martabak Encek di Suryakencana. Berjualan dari tahun 1975 dengan harga Rp250 perak, martabak Encek masih memiliki banyak penggemar sampai sekarang.

Beda dengan martabak kekinian yang punya banyak rasa, martabak Encek memang hanya menyediakan martabak coklat, kacang, dan keju. Tapi kalau soal rasa, wah martabak kekinian pasti kalah dengan rasa martabak legendaris satu ini. Hebatnya lagi, tekstur maupun rasa martabak Encek ini masih tetap enak dan lembut ketika dimakan keesokan harinya.

Alamat: Jl. Roda, RT.04/RW.02, Sukasari, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123

Jam buka: Selasa sampai Kamis, Sabtu dan Minggu, pukul 12.30-16.00 WIB

Jumat, pukul 12.30-17.00 WIB (Senin tutup)

Harga: Rp55.000

Baca Juga: 10 Potret Puncak Batu Roti, Spot Berburu City Lights di Bogor

3. Cungkring Pak Jum'at 

5 Camilan Legendaris di Suryakencana Bogor, Pernah Coba yang Mana?cungkring Pak Jum'at (instagram.com/mimolette_1106)

Cungkring adalah sate yang terbuat dari potongan dampal (telapak kaki) sapi, urat, kikil, dan cingur yang kemudian diberi bumbu. Di Bogor, jajanan ini udah mulai langka. Tapi kalau kamu penasaran, kamu bisa mampir ke cungkring Pak Jum'at.

Berjualan dari tahun 1975, cungkring Pak Jum'at ini sekarang dijalankan oleh generasi ketiganya. Meski begitu, rasa cungkringnya gak pernah berubah sama sekali. Oh ya, karena fans cungkring Pak Jum'at ini banyak, ada baiknya kalau kamu datangnya pagi-pagi supaya gak kehabisan!

Alamat: Jl. Suryakencana No.285, Babakan Ps., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123

Jam buka: Senin sampai Jumat, pukul 07.00-17.00 WIB 

Sabtu dan Minggu, pukul 07.00-16.00 WIB

Harga: Rp5.000 per potong

4. Asinan jagung bakar Pak Sabur 

5 Camilan Legendaris di Suryakencana Bogor, Pernah Coba yang Mana?asinan jagung bakar Pak Sabur (instagram.com/sarapansiangmalam)

Jagung dibakar lalu diberi bumbu, itu sih biasa! Kalau jagung dibakar, lalu dibuat asinan, nah itu yang jarang ada. Kuliner satu ini bisa kamu temukan di Suryakencana.

Seporsi asinan jagung bakar terdiri dari irisan timun, rendaman kerupuk mie, dan tentu saja jagung bakar yang sudah dipipil. Bahan-bahan itu kemudian diberi tambahan irisan gula merah dan disiram dengan kuah asam buatan sendiri.

Asinan jagung bakar Pak Sabur merupakan salah satu jajanan tertua di Suryakencana. Bayangkan saja, mereka sudah berjualan sejak tahun 1968. Lama banget, kan?

Alamat: Jl. Suryakencana No.289, RT.04/RW.02, Babakan Ps., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00-19.30 WIB

Harga: Rp20.000-30.000

5. Ngo hiang Gang Aut 

5 Camilan Legendaris di Suryakencana Bogor, Pernah Coba yang Mana?ngo hiang Gang Aut (instagram.com/nitip.papih)

Karena Suryakencana ini merupakan Chinatown atau Pecinannya Bogor, maka kamu wajib mencicipi camilan khas Chinese yang sudah berusia puluhan tahun di sini, namanya ngo hiang Gang Aut. Buat kamu yang belum tahu, ngo hiang ini mirip dengan batagor. Adonan ngo hiang digoreng lalu dipotong kecil-kecil, disiram dengan saus kental dan acar.

Bedanya kalau batagor terbuat dari daging ikan atau ayam, ngo hiang terbuat dari cacahan daging babi. Sayangnya karena terbuat dari daging babi, gak semua orang bisa mencicipi ngo hiang ini. Tapi buat kamu yang muslim tenang aja, masih banyak kok kuliner enak lain yang bisa dicoba!

Alamat: Jl. Suryakencana No.309 A, RT.01/RW.07, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16131

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.30-18.00 WIB

Harga: Rp45.000-77.000

Kuliner di Suryakencana memang gak ada matinya. Di daerah ini, kamu bisa menemukan banyak pilihan. Berbeda dengan daerah lain yang menjual makanan dan cemilan kekinian, Suryakencana justru terkenal dengan makanan jadul nan legendaris yang sulit ditemukan di mana-mana.

 

Baca Juga: 5 Kuliner Malam di Bogor Paling Ramai, Nikmat Banget!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya