Comscore Tracker

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah Dicicipi

Rasanya sepedas apa, sih?

Mayoritas orang Indonesia menyukai makanan pedas. Semakin pedas rasanya, makin viral makanannya. Salah satu alasannya karena orang Indonesia sudah terbiasa dengan cita rasa masakan yang kuat, sehingga masakan pedas bukan lagi masalah

Selera yang berbeda justru dimiliki oleh para turis asing alias bule. Dilansir The Culture Trip, meski masakan Indonesia cocok di lidah mereka, namun rasa masakan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah kadang terlalu pedas.

Ngomongin soal makanan pedas, berikut delapan makanan khas Indonesia terpedas menurut para bule yang pernah mereka cicipi. Wah, kira-kira ada apa saja, ya?

1. Ayam taliwang

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah DicicipiAyam Taliwang (instagram.com/delavalent)

Berasal dari Lombok, ayam taliwang terbuat dari ayam kampung muda yang diolah dengan dua tahap. Pertama, ayam digoreng atau dibakar setengah matang, lalu dilunakkan dengan alu.

Ayam yang sudah lunak ini kemudian dibaluri bumbu-bumbu rempah yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, terasi, cabai dalam jumlah banyak. Kemudian, ayam dimasak hingga matang.

Nah, karena ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang berukuran lebih kecil, ditambah dengan bumbu rempah yang banyak, membuat rasa pedas di hidangan ayam ini jadi merata. Biasanya, ayam taliwang disajikan dengan plecing kangkung yang juga pedas.

2. Oseng-oseng mercon

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah DicicipiOseng-oseng Mercon (instagram.com/susan_gracia)

Dari Lombok, kita beralih ke Yogyakarta. Selain kaya akan budaya, Kota Pelajar ini juga jadi surganya makanan enak. Salah satunya adalah oseng-oseng mercon.

Sesuai dengan namanya, oseng-oseng mercon dibuat dari potongan daging sapi, potongan cabai dalam jumlah yang cukup banyak, plus sedikit gula arena. Rasanya? Kamu yang orang asli Indonesia pasti memiliki gambaran tentang betapa pedasnya hidangan istimewa ini.

3. Seblak 

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah DicicipiSeblak (instagram.com/bang_mament)

Siapa yang suka banget sama hidangan asal Tanah Sunda ini? Seblak awalnya berasal dari Bandung, Jawa Barat. Hidangan ini terbuat dari kerupuk mentah yang sudah direbus, dan diolah dengan aneka bahan lain, seperti telur, makaroni, potongan bakso, dan ceker.

Gak lupa, seblak juga dimasak dengan aneka bumbu rempah, seperti bawang putih, kencur, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. Kerupuk yang kenyal, aneka topping gurih, ditambah kuah pedasnya sudah pasti bikin para turis asing ketagihan.

4. Ayam betutu

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah DicicipiAyam Betutu (instagram.com/hestri.susilowati)

Liburan ke Bali gak lengkap kalau belum cobain ayam betutu. Hidangan khas Pulau Dewata ini adalah ayam yang dipanggang atau dikukus dengan daun pinang selama delapan sampai sepuluh jam. Sebelum dimasak, ayam diisi dengan beragam bumbu.

Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, bawang merah, kencur, kunyit, lengkuas, jahe, merica hitam, merica putih, dan bumbu rempah lainnya. Mengingat proses memasaknya yang lama, gak heran kalau rasa pedasnya bikin banyak bule kepedasan.

Baca Juga: 6 Makanan Pedas Khas Banyuwangi yang Nikmat, Menggoyang Lidah!

5. Mi aceh

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah DicicipiMie Aceh (instagram.com/laparlagimakanlagi)

Gak kalah dari kota lain, Aceh juga punya banyak kuliner yang nikmat. Salah satu yang jadi favorit yaitu mi aceh. Pada dasarnya, mi ini merupakan hidangan yang dipengaruhi oleh tiga budaya.

Mi yang digunakan merupakan mi kuning yang terinspirasi dari masakan China, bumbunya yang mirip kari terinspirasi dari India. Terakhir, orang Indonesia suka masakan pedas, orang-orang Aceh menambahkan cabai ke dalam bumbunya.

Ada dua varian mie Aceh yang bisa kamu cicipi, satu yang kuah dan satu lagi goreng. Biar lebih nikmat, mi ditambah potongan daging sapi, ayam, atau bahkan seafood untuk menambahkan rasa.

6. Rica-rica 

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah DicicipiRica-rica ikan kembung (instagram.com/ayu_riri_)

Kalau soal makanan bercita rasa pedas, orang Manado jagonya. Dalam bahasa Minahasa, rica berarti pedas. Berbeda dengan masakan lain, rica-rica sebenarnya adalah bumbu yang terdiri dari berbagai jenis rempah plus cabai yang diolah jadi satu.

Biasanya, bumbu digunakan untuk berbagai bahan makanan, seperti ayam, daging sapi, cakalang, hingga daging bebek. Saking pedasnya bumbu ini, menyebutnya dengan rica saja gak cukup, karena itulah namanya jadi rica-rica.

7. Balado 

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah DicicipiBalado (instagram.com/dapuruniola)

Kalau Manado punya rica-rica, orang Minang punya balado. Dalam bahasa setempat, balado berarti "dengan cabai". Sama seperti rica-rica, balado juga sebenarnya nama bumbu masakan. Bumbu satu ini dibuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, dan perasan jeruk nipis.

Balado biasanya dimasak dengan berbagai bahan makanan, namun yang paling favorit adalah dendeng balado, sajian daging sapi yang sudah dilunakkan kemudian diolah dengan bumbu balado. Kesukaanmu bukan, nih?

8. Bebek madura

Menurut Bule, Ini 8 Makanan Indonesia Terpedas yang Pernah DicicipiBebek Madura (instagram.com/filipusverdi)

Terakhir, ada bebek madura yang juga bikin para bule kepedasan. Uniknya, kalau biasanya masakan bercita rasa pedas memiliki warna merah, hidangan ini justru berwarna hitam. Gara-gara warnanya, banyak orang termasuk para bule tertipu dengan visualnya.

Kenyataannya, warna hitam pada hidangan bebek Madura dihasilkan dari proses pengasinan yang lama. Bumbunya sendiri terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, ketumbar, lada, kemiri, jahe, lengkuas, dan beberapa bumbu lainnya.

Jumlah cabainya yang gak kira-kira, ditambah proses memasaknya yang lama membuat rasa pedas di bebek madura meresap sempurna sampai ke tulang-tulangnya. Siap-siap lidahmu terbakar dibuatnya, ya!

Itu dia lima masakan Indonesia paling pedas menurut para bule. Menurut orang lokal yang terbiasa dengan masakan bercita rasa pedas, lima masakan ini kadang-kadang dianggap terlalu pedas, apalagi bule yang memang enggak biasa sama masakan pedas, ya?

Baca Juga: 5 Resto Mie Aceh Terenak di Jakarta, Gak Perlu Jauh-jauh!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya