Comscore Tracker

Jangan Dibuang! 5 Makanan Ini Dapat Diolah Dari Kulit Pisang

Unik dan nikmat rasanya

Kulit pisang adalah salah satu limbah dari sisa pengolahan makanan yang masih kurang dimanfaatkan. Kulit pisang sendiri masih memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan gizi seperti lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin B, Vitamin C serta air terdapat di dalamnya. Dengan adanya kandungan gizi serta keberadaannya yang melimpah dan kurang dimanfaatkan kulit pisang dapat digunakan sebagai bahan olahan makanan. Berikut 5 olahan yang dapat dibuat dengan bahan dasar kulit pisang.

1. Dodol

Jangan Dibuang! 5 Makanan Ini Dapat Diolah Dari Kulit Pisangbisnisukm.com

Dodol merupakan salah satu produk olahan yang termasuk dalam jenis pangan semi basah. Biasanya, dodol digunakan sebagai makanan camilan atau makanan selingan.

Dodol dibuat dari campuran tepung, santan dan gula yang dikeringkan melalui proses pemasakan.

Dodol umumnya dibuat dari dua jenis bahan baku, yaitu bahan dari tepung-tepungan dan buah-buahan. Kulit pisang yang ditambahkan ke dalam proses pembuatan dodol dikategorikan ke dalam dodol buah-buahan.Penambahan kulit pisang ini berguna dalam mengurangi penggunaan tepung ketan. Tepung ketan sendiri memiliki fungsi sebagai terbentuknya tekstur dodol menjadi elastis.

2. Ice Cream

Jangan Dibuang! 5 Makanan Ini Dapat Diolah Dari Kulit Pisangfokusnasional.com

Siapa yang tidak suka dengan makanan satu ini? Hampir semua orang menyukai ice cream, kan. Ice cream bisa dibuat dengan menggunakan bahan baku kulit pisang. Namun, disarankan agar menggunakan kulit pisang yang memiliki aroma wangi seperti pisang raja.

Menurut Dosen Program Kekhususan Bionutrisi dan Inovasi Pangan Universitas Surabaya (Ubaya), Ardhia Deasy Rosita Dewi yang telah berhasil membuat ice cream kulit pisang, tahap awal pembuatan ice cream kulit pisang yaitu dengan membuat tepung kulit pisang. Cara membuat tepung kulit pisang yaitu dengan memotong kulit pisang seukuran dadu. Kemudian, dilakukan perendaman ke dalam air yang telah dicampuri dengan asam askorbat selama lima menit. Asam askorbat sendiri berguna untuk mengurangi pencokelatan pada kulit pisang. Setelah itu, kulit pisang dikukus sekitar lima menit lalu ditiriskan dan dikeringkan menggunakan oven dengan suhu 50 derajat selama 24 jam. Kulit pisang yang sudah kering kemudian dihaluskan dan diayak. Tepung kulit pisang inilah yang akhirnya ditambahkan ke dalam adonan ice cream.

3. Donat

Jangan Dibuang! 5 Makanan Ini Dapat Diolah Dari Kulit Pisangdelish.com

Donat adalah makanan berikutnya yang bisa diolah dengan menggunakan kulit pisang. Pembuatan donat dengan kulit pisang terbilang tidak sulit. Proses pembuatannya serta bahan utamanya tetap sama, hanya saja ditambahkan kulit pisang di sana.

Baca Juga: Harus Coba, 5 Olahan Jantung Pisang yang Mengugah Selera

4. Brownis

Jangan Dibuang! 5 Makanan Ini Dapat Diolah Dari Kulit Pisangpixabay.com

Brownis juga dapat dibuat dengan bahan tambahan kulit pisang, loh. Cara membuatnya juga tidak jauh berbeda dengann cara membuat brownis pada umumnya.

Brownis kulit pisang dibuat dengan cara mengocok terlebih dahulu gula dan telur hingga mengembang atau berwarna putih cerah. Selanjutnya, dimasukkan tepung, baking powder serta kulit pisang yang telah diblender. Kemudian, ditambahkan coklat dan mentega yang telah dilelehkan. Terakhir, adonan brownis dikukus selama kurang lebih 35 menit dan brownis kulit pisang siap dihidangkan.

5. Permen

Jangan Dibuang! 5 Makanan Ini Dapat Diolah Dari Kulit Pisangpixabay.com

Makanan terakhir yang bisa dibuat dengan bahan kulit pisang adalah permen. Mungkin kedengarannya kurang meyakinkan tapi membuat permen dari kulit pisang perlu dicoba.

Cara membuat permen dari kulit pisang sendiri cukup mudah. Caranya yaitu dengan  menambahkan langsung kulit pisang yang telah dibersihkan dan dihancurkan dengan blender ke dalam bahan campuran lainnya yang sudah dimasak. Campuran yang sudah dimasak sendiri terdiri dari campuran air, asam sitrat, gula pasir, dan gula cair (fruktosa). Disarankan, bila ingin memperoleh warna permen yang cantik dapat ditambahkan sari buah yang memiliki warna seperti yang diinginkan. Misal ingin warna merah atau ungu dapat ditambahkan sari buah naga merah.

Itulah 5 makanan yang bisa dibuat dengan bahan kulit pisang. So, bila habis mengkonsumsi buah pisang kulitnya jangan langsung dibuang dan silahkan mencoba mengolah menjadi makanan seperti di atas.

Baca Juga: 5 Resep Nikmat dari Kulit Pisang, Rasanya Dianggap Mirip Daging Lho!

Lilik Sri Rahayu Photo Writer Lilik Sri Rahayu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya