Comscore Tracker

5 Kedai Soto Legendaris di Semarang, Lezatnya Bikin Nagih

Seporsi gak akan cukup deh, pasti mau nambah terus!

Kamu pasti sudah tahu kalau soto merupakan salah satu kuliner yang sangat populer di Indonesia. Karena hampir semua daerah di Indonesia memiliki hidangan soto khasnya masing-masing. Termasuk juga Semarang, kota yang selama ini dikenal dengan kelezatan lumpianya.

Ternyata nih, Semarang juga mempunyai kuliner soto khas yang gak kalah nikmatnya dengan soto-soto lainnya di Indonesia. Bahkan, banyak kedai soto di Semarang yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Legendaris banget kan? Nah kalau saat ini kamu sedang berkunjung ke Semarang, kunjungi deh 5 kedai soto berikut ini :

1. Soto Ayam Pak Muri

5 Kedai Soto Legendaris di Semarang, Lezatnya Bikin Nagihimgrumweb.com/letsfindafood

Kedai Soto Ayam Pak Muri termasuk salah satu tempat makan soto legendaris yang ada di Semarang. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1986 di Stadion Diponegoro, Semarang. Walaupun sudah dikelola secara turun temurun, namun hingga saat ini kelezatan soto di tempat ini masih tetap terjaga.

Dalam satu porsi soto ayam, biasanya terdapat isian suwiran ayam, dan nasi yang disiram dengan kuah soto yang lezat, serta ditaburi dengan bawang goreng. Kamu juga bisa menyantap soto di tempat ini dengan tambahan aneka jenis sate, seperti sate telur puyuh atau sate kerang. Satu tusuk sate di kedai ini dijual dengan harga Rp. 2.500 saja.

Alamat : Jalan Raya Ki Mangun Sarkoro, Karangkidul, Kota Semarang, Jawa Tengah.

2. Soto Bangkong

5 Kedai Soto Legendaris di Semarang, Lezatnya Bikin Nagihinstagram.com/nilaliem

Walaupun dinamakan Soto Bangkong, namun bukan berarti bahan utama membuat soto ini adalah katak. Memang bangkong dikenal sebagai katak yang berukuran besar. Namun bahan utama membuat soto ini adalah daging ayam. Nama bangkong diambil dari nama perempatan tempat warung soto ini pertama kali berdiri, konon katanya di perempatan tersebut banyak terdapat bangkong.

Soto Bangkong sudah berdiri sejak tahun 1950, dan pada awalnya hanya merupakan warung soto kecil. Sama seperti soto pada umumnya, dalam seporsi Soto Bangkong biasanya terdapat isian daging ayam, nasi, dan kuah soto yang gurih. Rahasia kelezatan soto Bangkong terletak di kecapnya yang merupakan kecap produksi sendiri. Soto Bangkong bisa disantap dengan tambahan sate ati, kerang dan telur puyuh.

Alamat : Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. Soto Ayam Pak Man

5 Kedai Soto Legendaris di Semarang, Lezatnya Bikin Nagihinstagram.com/lifeforeat05

Kedai soto ayam ini sudah berdiri sejak 41 tahun yang lalu, dan kelezatannya sudah sangat terkenal di Semarang. Bahkan di bulan April 2018 lalu, bapak Jokowi dan Ibu Iriana pernah menikmati kelezatan soto di kedai soto ini. Soto Pak Man dikenal dikenal dengan kuah bening yang gurih, dan taburan bawang putih goreng yang melimpah.

Dalam satu porsi soto biasanya terdapat isian nasi, daging ayam suwir, tauge, dan bawang goreng yang disiram dengan kuah bening yang gurih. Sama seperti soto di Semarang pada umumnya, saat menyantap soto ini kamu bisa memilih lauk tambahan seperti sate telur puyuh, sate kerang, sate usus, tempe hingga perkedel.

Alamat : Jl. Pamularsih Raya No.32, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner Semarang yang Legendaris dan Wajib Dicoba!

4. Soto Bokoran

5 Kedai Soto Legendaris di Semarang, Lezatnya Bikin Nagihdeskgram.net/ndavidariyanto

Tidaklah sulit untuk mencari lokasi kedai soto yang satu ini, karena letaknya tidak jauh dari simpang lima. Walaupun hingga saat ini kedai Soto Bokoran ini masih sangat sederhana, namun selalu ramai dengan pengunjung yang datang. Kedai soto ini sudah berdiri sejak tahun 1945, dan nama Bokoran diambil dari nama jalan tempat kedai ini didirikan.

Kalau kebanyakan soto yang ada di Semarang memiliki kuah yang bening, namun soto Bokoran malah memiliki kuah yang agak kecoklatan karena dicampur dengan kuah sate. Untuk isinya tidak jauh berbeda dengan soto lainnya yakni nasi, ayam suwir, dan kuah soto yang gurih. Kamu juga bisa menyantap soto ini dengan berbagai lauk tambahan seperti gorengan, aneka sate, dan perkedel.

Alamat : Jalan Bokoran no. 55, kota Semarang, Jawa Tengah.

5. Soto Pak No

5 Kedai Soto Legendaris di Semarang, Lezatnya Bikin Nagihwebstagram.one/user/kediridelicious

Walaupun tidak diketahui pasti kapan tepatnya kedai soto ini didirikan, namun kedai Soto Ayam Pak No hingga saat ini sudah menjadi salah satu kedai soto populer di Semarang. Berbeda dari soto ayam Semarang yang biasanya berkuah bening. Soto Ayam Pak No malah terkenal dengan kuah kuningnya.

Dalam satu porsi soto, biasanya terdapat isian nasi, ayam, tauge, disiram dengan kuah kuning yang gurih dan diberi taburan daun bawang. Sama seperti soto pada umumnya, soto ayam ini bisa disantap dengan aneka sate, perkedel, tempe, dan aneka lauk lainnya.

Alamat : Jl. Kaligarang Raya, Barusari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Itulah beberapa rekomendasi kedai soto legendaris di Semarang yang harus kamu coba. Namun karena semuanya sangat populer di Semarang, maka sebaiknya kamu datang ke kedai soto di pagi hari saat kedai baru buka.

Karena biasanya saat siang hari, kedai-kedai soto di atas akan ramai dipenuhi oleh para pengunjung. Dan antrian akan bertambah panjang ketika jam makan siang tiba. Selamat berwisata kuliner di Semarang!

Baca Juga: 7 Makanan Khas Semarang Ini Cocok untuk Oleh-oleh Mudik Lebaran

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You