Comscore Tracker

5 Makanan Khas Lombok, Pedas Namun Menggoda Selera

Surga untuk para pecinta makanan pedas nih!

Lombok merupakan salah satu daerah di Indonesia yang cukup terkenal sebagai tempat tujuan wisata. Tidak mengherankan sih, karena memang banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi disana. Misalnya saja Gunung Rinjani, Danau Segara Anak, Pantai Bengko-bengko, Pantai Selong Belanak, Pantai Kuta, dan lain sebagainya.

Selain mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada, saat ini para wisatawan yang datang ke Lombok juga sudah mulai gemar mencicipi aneka makanan khas di daerah tersebut.

Masyarakat Lombok sangat suka menyantap aneka makanan dengan cita rasa pedas, karena itu tidaklah heran kalau kuliner khas Lombok banyak sekali memakai cabai. Cocok banget ya untuk kamu para pecinta kuliner pedas.

Nah kalau kamu kebetulan sedang berkunjung ke Lombok, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi 5 makanan khas berikut ini.

1. Ayam Taliwang

5 Makanan Khas Lombok, Pedas Namun Menggoda Selerafactsofindonesia.com

Ayam Taliwang adalah salah satu hidangan kuliner paling terkenal di Lombok. Makanan ini berasal dari Taliwang, Sumbawa Barat. Bahan baku utama dari makanan ini adalah ayam, cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan aneka bumbu dapur lainnya.

Cara pengolahannya pun termasuk sederhana, yakni dengan cara dipanggang atau dibakar. Biasanya masyarakat Lombok menyantap Ayam Taliwang ini ditemani dengan nasi hangat dan Plecing Kangkung.

2. Plecing Kangkung

5 Makanan Khas Lombok, Pedas Namun Menggoda Selerainstagram.com/moeslims_kitchen

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, Plecing Kangkung merupakan makanan yang sering disantap dan disajikan bersama dengan Ayam Taliwang. Bahan utama membuat makanan ini adalah kangkung, namun kangkung di Lombok sedikit lebih besar dibanding dengan kangkung yang biasanya.

Cara membuat Plecing Kangkung juga sangat mudah, setelah dibersihkan kangkung cukup direbus saja. Kemudian disajikan dengan sambal cabai terasi diatasnya. Rasa terasi khas Lombok membuat Plecing Kangkung menjadi lebih lezat. Apalagi kalau dimakan dengan sepiring nasi panas.

Baca Juga: Resep Plecing Kangkung Khas Lombok, Bikin Nambah Porsi Berkali-kali

3. Nasi Puyung

5 Makanan Khas Lombok, Pedas Namun Menggoda Selerainstagram.com/kuliner.bima.dompu

Makanan ini berasal dari Kampung Puyung di Lombok Tengah, dan mulai terkenal sejak tahun 1980. Nasi Puyung ini bisa dibilang merupakan nasi campur khas Lombok, karena memang isinya nasi dan aneka lauk pauk.

Dalam satu porsi Nasi Puyung biasanya terdapat nasi, kedelai goreng, ayam suwir, kelapa parut dan sambal. Para pecinta kuliner pedas, pasti akan langsung jatuh cinta ketika mencicipi makanan ini. Karena cita rasa pedas dari makanan ini sangat mantap.

4. Beberuk Terong

5 Makanan Khas Lombok, Pedas Namun Menggoda Selerainstagram.com/balelombok

Beberuk Terong merupakan makanan khas Lombok yang memiliki rasa pedas menyegarkan. Bahan utamanya terbuat dari terong dan kacang panjang. Terong yang digunakan adalah terong mentah, namun ada juga yang menyajikan Beberuk Terong dengan memakai terong bakar.

Sambal yang disajikan bersama dengan terong terbuat dari cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah, garam, gula dan air. Perpaduan terong dan sambal memberikan rasa pedas yang menyegarkan pada makanan khas yang satu ini.

5. Ayam Rarang

5 Makanan Khas Lombok, Pedas Namun Menggoda Selerapicluck.net

Kalau dibandingkan dengan Ayam Taliwang, jelas kuliner yang satu ini kalah populer. Namun Ayam Rarang memiliki cita rasa yang lezatnya tidak kalah dengan Ayam Taliwang. Makanan ini berasal dari desa Rarang, di Lombok Timur. Sesuai dengan namanya, bahan utama untuk membuat makanan ini adalah daging ayam.

Ayam Rarang merupakan ayam bakar yang disajikan dengan bumbu pedas berminyak. Bumbunya sendiri terbuat dari cabai merah, cabai rawit, terasi, kemiri, bawang putih, ketumbar, dan bumbu lainnya. Masyarakat Lombok biasanya menyantap Ayam Rarang bersama dengan nasi dan sayur bening.

Sebelum kamu mencicipi kelima makanan khas Lombok diatas, kamu harus ingat kalau semuanya memiliki cita rasa yang pedas. Jadi untuk kamu yang tidak menyukai makanan pedas ataupun memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya hindari untuk mencicipi makanan tersebut.

Dan untuk kamu para pecinta kuliner pedas, jangan lupa ya untuk mencicipi makanan khas Lombok ini ketika kamu berkunjung kesana.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Khas Lombok, Nikmatnya Bikin Nagih!

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 09:00:05

Progress: 750.448 dari 813.350 TPS (92.26631%)

Just For You