Comscore Tracker

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!

Siapa yang gak tahu pempek? Tapi tahukah kamu kalau pempek gak hanya kapal selam saja? Inilah jenis-jenis pempek yang kamu perlu tahu!

Berbicara soal kuliner, Palembang pasti identik dengan makanan khas “Pempek”. Dan, hampir semua orang pasti cukup familiar dengan jenis pempek Kapal Selam atau Lenjer. Padahal, ada banyak sekali jenis pempek lainnya yang nggak kalah enak, lho!

Supaya jalan-jalan ke Palembang makin maksimal, inilah jenis-jenis pempek selain pempek Kapal Selam yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Palembang!

1. Pempek Keriting

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!pempeklince.com

Dilihat dari bentuk saja kamu sudah pasti tahu mengapa pempek satu ini disebut pempek Keriting. Seperti bentuk otak. Tekstur pempek Keriting juga lebih lembut dan biasa disajikan dalam keadaan direbus saja. Namun, beberapa orang suka menyajikan pempek Keriting yang digoreng. Jika digoreng, jenis pempek satu ini menjadi garing. Apapun penyajiannya, semuanya tetap enak.

2. Pempek Panggang

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!Tokopedia

Ternyata pempek dibuat nggak cuma direbus ataupun digoreng aja, lho! pempek ada juga yang dipanggang. Pempek Panggang memiliki bagian tekstur luar yang sedikit lebih alot namun bagian tengah yang sangat lunak. Pempek panggang disajikan dengan cara dibelah dan diberikan ebi (udang kering), kecap manis, dan juga cabe ijo.

3. Pempek Lenggang

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!ejiebelula

Satu lagi jenis pempek yang dibuat dengan cara dipanggang adalah pempek lenggang. Pempek lenggang dibuat dengan proses dipanggang diatas mangkuk yang dibuat dari daun pisang. Pempek lenggang merupakan potongan pempek yang dipanggang bersama telur. Namun, kini orang banyak juga yang membuat pempek lenggang dengan cara digoreng seperti membuat telur dadar. Tentunya pempek satu ini memiliki rasa yang sangat gurih.

4. Pempek Kulit

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!Cookpad

Buat kamu yang suka makanan yang garing dan renyah, maka jenis pempek satu ini pilihan yang tepat. Pempek kulit ‘krispi’ dibuat dari daging ikan bagian kulit yang dibuat pipih dan digoreng hingga garing. 

5. Pempek Sosis

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!Pempekku 123

Jika kamu pernah dengar nama pempek lenjer, pempek satu ini merupakan kreasi modern dari pempek lenjer. Yang membedakannya adalah ditambahkannya sosis pada bagian tengah. Rasanya? Boleh dicoba.

6. Pempek Bulat

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!Cookpad

Jenis pempek satu ini sering juga disebut pempek adaan. Merupakan pempek yang diadon bersama potongan bawang dan santan. Pempek ini tidak melalui proses perebusan dan langsung digoreng. Pempek bulat memiliki aroma yang lebih sedap dan rasa yang lebih gurih.

7. Pempek Belah

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!Pempek 10 Ulu Palembang

Pempek belah merupakan pempek lenjer ukuran kecil dan dibelah. Seperti pempek panggang, pempek ini dinikmati dengan ebi, kecap, dan juga cabe ijo untuk yang suka pedas.

8. Pempek Dos

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!Muhammad Idham Azhari

Jenis pempek satu ini memiliki bahan yang berbeda. Tanpa ikan sama sekali. Bahan utama pempek dos adalah tepung kanji. Beberapa orang sering menganggapnya sebagai pempek vegetarian. Pada dasarnya setiap jenis pempek bisa dibuat menjadi pempek dos. Pempek dos memiliki tekstur lebih garing, namun lebih kenyal dan lembut.

9. Pempek Pistel

Nggak Cuma Kapal Selam: 9 Jenis Pempek yang Belum Kamu Tahu!Sisisil

Kalau biasanya pempek diisi dengan telur, pempek pistel memiliki isian yang sedikit lebih unik. Pempek pistel yang berbentuk seperti pempek telur pada umumnya diisi dengan tumisan pepaya muda yang diparut dan biasanya dimasak dengan santan dan juga udang kering. Soal rasa? Gurih banget!

Ternyata banyak jenis pempek yang belum pernah kamu coba, bukan? Petualangan kuliner kamu di Palembang memang baru bisa lengkap kalau kamu sudah mencoba semua jenis pempek ini.

Yohannes Markus Photo Community Writer Yohannes Markus

Mantan mahasiswa Arsitektur yang tengah mengumpulkan Dragon Ball || Contributor di Travelnstory.com, Markusyon.wordpress.com, dan blog-blog abrusb lainnya || Bisa diganggu lewat mail.yohannesmarkus@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You