Comscore Tracker

Manis dan Legit, 7 Kue Khas Daerah Ini "Kembarannya" Kue Cubit

#MasakItuGampang: Di daerahmu ada juga gak?

Indonesia memang sangat kaya akan beragam jenis makanannya, tak terkecuali kue yang memiliki rasa yang manis dan legit. Kue Cubit menjadi salah satunya, kue yang sering dijumpai di ibukota ini ternyata juga memilki kesamaan dengan beberapa kue lainnya yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Kue panggang yang berbahan dasar tepung terigu, gula santan dan dengan topping meses ini kini semakin banyak dijumpai dengan beberapa topping lainnya. Banyak ditemui di daerah lainnya dengan rasa yang hampir sama, namun dengan nama yang berbeda dan beberapa kekhasannya. Inilah tujuh kue khas daerah yang serupa dengan kue cubit.

1. Kue Apem

Manis dan Legit, 7 Kue Khas Daerah Ini Kembarannya Kue Cubitmangcook.com

Kue yang dikenal di Jawa ini pada dasarnya memiliki rasa yang hampir sama dengan kue cubit. Jika kue cubit berbahan dasar tepung terigu, apem ini terbuat dari tepung beras, gula, santan dan kemudian dipanggang. Dengan komposisi yang hampir sama kue apem ini tentunya juga memiliki rasa yang manis dan legit. Selain itu, ciri khas pada kedua kue ini ada pada topping yang ditambahkan.

Jika kue cubit memiliki topping seperti meses, coklat, hingga selai manis lainnya, kue apem khas dengan topping nangka maupun daun pandan sehingga aromanya juga khas.

2. Kue Lumpur

Manis dan Legit, 7 Kue Khas Daerah Ini Kembarannya Kue Cubitcookpad.com

Kue lumpur memiiki bahan dasar yang sama seperti kue cubit, hanya saja dengan tambahan kentang dan telur membuat tekstur dari kue lumpur ini semakin lembut. Ditambah dengan topping kismis, kue yang satu ini memang sangat lembut, legit dan manis seperti kue cubit. Khas dari kue lumpur lainnya bisa dibilang, kue lumpur ini adalah kue cubit yang bertekstur basah.

3. Surabi

Manis dan Legit, 7 Kue Khas Daerah Ini Kembarannya Kue Cubitsurabibandung.com

Surabi, kue khas Sunda yang satu ini sangat miripdengan kue cubit. Hanya saja ukuran dari kue surabi ini lebih besar dibanding dengan kue cubit yang kecil. Kue surabi sendiri juga memilki dua jeis yang berbeda yakni surabi manis dan surabi asin. Surabi manis biasanya ditambahkan topping yang beragam seperti kue cubit, mulai dari meses, coklat, keju, madu atau beberapa gabungan macam-macam topping tersebut.

4. Kue Bingka

Manis dan Legit, 7 Kue Khas Daerah Ini Kembarannya Kue Cubitmakananoleholeh.com

Khas kota Banjarmasin, kue dari pulau Kalimantan ini sekilas memang serupa dengan kue cubit. Hanya saja jika beberapa kue yang disebutkan serupa denan kue cubit adalah dipanggang, kue yang satu ini masak karena digoreng. Sehingga kue bingka memiliki rasa seperti perpaduan kue cubit dengan kue cucur.

5. Kue Talam

Manis dan Legit, 7 Kue Khas Daerah Ini Kembarannya Kue Cubitbacaresepdulu.com

Kue talam yang berasal dari Tarutung, Sumatera Utara juga memiliki keserupaan dengan kue cubit. Sama-sama memiliki bentuk yang kecil, perbedaan antara kue talam dengan kue cubit terdapat pada bahan baku dan cara memasaknya. Kue talam ditambahkan dengan tepung sagu sehingga teksturnya lebih padat dan dikukus agar matang.Tak hanya itu, kue talam biasanya juga diberi tambahan pewarna hingga membuat sajiannya tampak semakin manis.

6. Kue Laklak

Manis dan Legit, 7 Kue Khas Daerah Ini Kembarannya Kue Cubitjajananbali.com

Bergeser ke pulau Bali, pulau yang kaya akan tempat wisatanya ini ternyata juga memiliki jajanan yang serupa dengan kue cubit. Kue laklak khas pulau Dewata ini juga serupa dengan surabi khas Sunda. Khasnya jajanan yang satu ini terdapat pada penyajiannya yang ditambahkan gula merah dan kelapa parut.

7. Wingko Babat

Manis dan Legit, 7 Kue Khas Daerah Ini Kembarannya Kue Cubitresepkoki.id

Seperti namanya, kue yang satu ini memang berasal dari Babat, Lamongan. Serupa dengan kue cubit maupun kue apem, kue ini juga merupakan kue yang dipanggang. Adonan utama yang terdiri dari tebung beras, kelapa dan gula membuat tekstur dari wingko babat ini lebih padat dan lebih kering dibanding kue cubit maupun apem.

Itulah ketujuh kue yang serupa dengan kue cubit, namun tetap memiliki kekhasannya masing-masing. Patut dicoba nih. Kamu sudah pernah coba yang mana saja?

Mega Photo Writer Mega

Write to save memory of life. Find me on instagram: @megmegaa_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya