Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbar

Ternyata banyak banget manfaatnya untuk kesehatan

Ketumbar adalah salah satu rempah yang sering kita jumpai dalam berbagai masakan. Biasanya ketumbar dijadikan bumbu pelengkap untuk menambah cita rasa masakan agar masakan terasa lebih enak. Selain untuk masakan, ternyata ketumbar memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan lho. Penasaran? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutin mengonsumsi air rebusan ketumbar.

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan KetumbarHabertruk.com

Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang menstabilkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus sehingga produksi enzim pencernaan dapat berjalan lancar. Dengan rutin mengonsumsi air ketumbar kamu dapat terhindar dari sindrom iritasi usus besar. Selain itu ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan lain seperti diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan. 

2. Dapat dijadikan obat untuk mengatasi batuk dan pilek

Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan KetumbarPexels/pixabay

Ketumbar memiliki banyak kandungan vitamin esensial seperti, asam folat, vitamin A, beta-karoten, dan yang paling penting adalah vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam ketumbar dapat dijadikan antioksidan alami untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Hal ini lah yang membuat ketumbar dipercaya dapat mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan KetumbarShutterstock.com

Biji ketumbar memiliki banyak kandungan nutrisi seperti, asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam stearat yang sangat efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol jahat dalam dalam darah dapat membantuk plak yang nantinya akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung. Dengan rutin mengonsumsi air ketumbar dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Bukan Dukun, Bali Akan Kembangkan Balian Pengobat Tradisional Herbal

4. Mencegah anemia

Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan KetumbarShutterstock.com

Anemia terjadi akibat defisiensi besi dan berdampak negatif pada efisiensi transportasi oksigen oleh darah. Biji ketumbar mengatasi defisit zat besi. Biji ketumbar mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi yang mencegah anemia

5. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri

Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbarswaggyingimages.com

Ternyata ketumbar juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat bakteri dan jamur. Kamu bisa memanfaatkan air rebusan ketumbar untuk mengatasi infeksi akibat jamur maupun bakteri.

6. Dapat dijadikan obat alami untuk diabetes

Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbarm.economictimes.com

Biji ketumbar memiliki kandungan serat tinggi alami yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Meskipun begitu, sangat disarankan untuk penderita diabetes tetap memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin untuk mengetahui efektivitas penggunaan ketumbar ini.

7. Mengatasi menstruasi tak teratur

Jarang Diketahui, Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Rebusan Ketumbarshutterstock.com

Jika kamu mengalami gangguan menstruasi yang tidak teratur, kamu bisa memanfaatkan biji ketumbar untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 6 gram biji ketumbar, 1 sendok teh gula, dan 1 liter air.

Rebus 6 gram biji ketumbar ke dalam setengah liter air. Tambahkan satu sendok teh gula saat air berkurang menjadi setengahnya. Minumlah campuran ini selagi masih hangat. Campuran ini harus dikonsumsi tiga kali sehari setiap hari.

Biji ketumbar mengandung stimulan alami yang merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat.

Sehingga memastikan rasa sakit akan berkurang dan siklus haid kamu lebih teratur.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi air rebusan biji ketumbar. Semoga bermanfaat ya.

Download aplikasi ide resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Dari 11 Obat Tradisional Ini, Seberapa Banyak yang Kamu Masih Buat Sekarang?

Meri Winna Photo Writer Meri Winna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya