Comscore Tracker

5 Cara Menggoreng Tahu Susu Agar Tidak Rusak dan Hancur

Lebih lembut tapi menggorengnya juga gak gampang

Berbeda dengan tahu putih biasa, varian yang satu ini lebih lembut. Tahu susu teksturnya lebih halus baik saat masih mentah maupun masih digoreng. Hal ini menjadikan banyak orang lebih menyukai tahu susu dibandingkan dengan tahu biasa. Selain itu umumnya tahu susu juga sudah dijual dalam kondisi sudah dibumbui. Sehingga lebih memudahkan ketika memasak.

Namun, mengolah tahu susu dengan digoreng perlu trik khusus agar tidak hancur. Dengan teksturnya yang lembut membuat tahu susu gampang lumer saat dimasukkan ke dalam minyak. Simak tipsnya biar tahu susu milikmu nikmat dan gak hancur.

1. Memilih tahu susu

5 Cara Menggoreng Tahu Susu Agar Tidak Rusak dan Hancuren.wikipedia.org

Ketika membelinya pilihlah tahu susu yang segar. Gak disarankan untuk membeli tahu susu yang telah distok atau beku. Meskipun kualitasnya gak jauh beda, umumnya tahu yang telah berumur teksturnya akan berubah. Jika kamu membelinya dalam keadaan tidak segar, dikhawatirkan akan mudah hancur saat digoreng. Tanyakan ke pedagang tentang keadaan tahunya.

2. Goreng sesuai dengan potongan

5 Cara Menggoreng Tahu Susu Agar Tidak Rusak dan Hancursproutedkitchen.com

Tahu susu umumnya juga sudah dipotong dan gak dalam bentuk kotak yang besar. Ada yang dipotong kecil, adapula yang agak besar. Usahakan gak memotong kembali tahu susu menjadi lebih kecil. Jika kamu pengin banget memotongnya, pastikan gak terlalu tipis biar gak hancur. Kalau potongannya terlalu besar, kamu bisa membelahnya menjadi dua bagian saja.

3. Rendam dalam air hangat

5 Cara Menggoreng Tahu Susu Agar Tidak Rusak dan Hancurmaryellenscookingcreations.com

Setelah membeli dan mencucinya, rendam tahu susu dalam air hangat sebelum digoreng. Merendamnya dalam air hangat berfungsi sebagai 'proses pemasakan ' tahap awal agar teksturnya sedikit lebih padat. Hal ini membuat tahu susu gak akan ambyar saat digoreng.

Baca Juga: 7 Resep Simpel Membuat Olahan Tahu yang Bergizi, Semua Pasti Suka

4. Pastikan suhu minyak panas

5 Cara Menggoreng Tahu Susu Agar Tidak Rusak dan HancurPixabay.com/Three-shots

Sebelum memasukkan tahu susu ke dalam wajan, pastikan minyak goreng dalam keadaan panas. Jangan khawatir minyak akan meletus karena kandungan air dalam tahu, tiriskan sebentar setelah direndam bisa jadi solusi. Namun jangan sampai minyak terlalu panas karena menyebabkan kulit tahu lekas gosong namun isinya belum matang sempurna.

5. Tahu harus tenggelam dalam minyak

5 Cara Menggoreng Tahu Susu Agar Tidak Rusak dan Hancurthaitable.com

Ini dia tips yang paling penting. Jangan pelit minyak jika menggoreng tahu susu! Pastikan potongan tahu susu yang akan digoreng tenggelam dalam minyak. Jangan sampai ada bagian tahu yang ngintip ke permukaan minyak. Jika kamu menggoreng tahu susu yang gak sepenuhnya terendam dalam minyak, ini akan membuatnya hancur dan gak bisa dimakan.

Gak mau kan udah beli tahu susu tapi malah gagal menggorengnya? Lakukan lima tips di atas agar tahu susu buatanmu gak hancur dan matang sempurna.

Baca Juga: 7 Resep Simpel Membuat Olahan Tahu yang Bergizi, Semua Pasti Suka

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya