Comscore Tracker

6 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Ada Tumpeng!

Tiap makanan punya makna mendalam

Ulang tahun menjadi momen yang sangat ditunggu oleh semua orang. Sebab, hari itu hanya diperingati satu tahun sekali. Tak heran jika banyak orang membuat momen ulang tahun sebagai suatu perayaan yang istimewa.

Ketika mengadakan acara ulang tahun, beberapa negara di dunia punya makanan khusus yang harus disajikan. Bukan sembarangan, hampir semua makanan yang disajikan saat ulang tahun memiliki maknanya sendiri.

1. Miyeok guk, Korea Selatan

6 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Ada Tumpeng!Sup Rumput Laut (instagram.com/dhylook)

Hidangan ini menjadi tradisi yang sudah turun-temurun di masyarakat Korea Selatan. Mereka percaya jika menyantap sup rumput laut saat ulang tahun maka akan diberi rezeki berlimpah dan kesehatan. Miyeok guk berisi rumput laut, irisan daging sapi, dan kaldu.

Miyeok guk menjadi bukti jika orang yang berulang tahun adalah pribadi yang berharga dan dikasihi oleh orang di sekelilingnya. Selain perayaan ulang tahun, ibu-ibu di Korea Selatan juga memakan sup ini setelah melahirkan untuk mendapatkan nutrisi.

2. Siu mie, China

6 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Ada Tumpeng!Mie Panjang Umur (instagram.com/milokitchen)

Menyajikan mi saat ulang tahun menjadi tradisi yang wajib dilakuka di China. Makanan tersebut disebut dengan siu mie atau mi panjang umur

Mereka menyantap makanan ini sebagai lambang dan doa panjang umur serta rezeki berlimpah. Mi yang disantap pun harus dimakan sampai ujung dan tidak boleh putus.

3. Payesh, India

6 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Ada Tumpeng!Payesh (instagram.com/tj_roc)

Payesh atau puding beras jadi hidangan wajib saat ulang tahun di India. Payesh terbuat dari nasi, susu, gula, serta rempah-rempah lainnya. Gak heran kalau aroma dari puding ini begitu memikat.

Tradisi makan payesh disebut dengan mayer hat'er payesh yang berarti payesh buatan ibu. Santapan ini menjadi harapan bagi orang yang berulang tahun agar tidak melupakan jasa ibunya. Wah, maknanya mendalam banget, ya!

Baca Juga: 5 Kue Ulang Tahun Kekinian yang Laris Manis di Pasaran, Makin Populer

4. Fairy bread, Australia

6 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Ada Tumpeng!Fairy Bread (instagram.com/theteacosy)

Makanan ini cukup simpel karena hanya roti panggang yang diolesi mentega dan ditaburi sprinkle. Meski terlihat sederhana, tapi ada makna mendalam dari fairy bread ini. Doa untuk mendapatkan hasil terbaik dari segala usaha terpancar dari kue ini

Fairy bread selalu ada di perayaan ulang tahun anak-anak Australia. Makna makanan ulang tahun ini adalah keceriaan dan kegembiraan. Sesuai banget dengan penampilannya, ya!

5. Nasi tumpeng, Indonesia

6 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Ada Tumpeng!Nasi Tumpeng (instagram.com/yunita_florentina)

Selain kue ulang tahun, di Indonesia juga menghidangkan nasi tumpeng saat perayaan ulang tahun. Hidangan ini berupa nasi kuning yang dibentuk kerucut dengan berbagai lauk pauk di sekelilingnya.

Nasi tumpeng ternyata sebagai simbol rasa syukur dan perayaan. Selain itu, nasi berwarna kuning ini juga memiliki makna representasi hubungan Tuhan dengan manusia dan manusia dengan sesama.

6. Mochi, Jepang

6 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Ada Tumpeng!Mochi (instagram.com/momochidong)

Masyarakat Jepang biasanya menyajikan mochi saat perayaan ulang tahun. Orang Jepang akan memilih membuat mochi dengan ukuran kecil daripada membeli kue berukuran besar.

Mochi terbuat dari tepung beras dengan berbagai isian manis. Biasanya, kue ini dibuat kecil-kecil agar bisa dinikmati bersama orang terdekat saat merayakan hari ulang tahun.

Makanan-makanan di atas wajib ada di atas meja makan saat perayaan ulang tahun di berbagai negara. Kalau kamu, makanan apa yang wajib ada di hari ulang tahun? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Nasi Tumpeng, Sajian Khas HUT Kemerdekaan Indonesia

Nadya Priscilla Photo Verified Writer Nadya Priscilla

You are the main character of your life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya