Comscore Tracker

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatan

Semuanya wajib masuk list kulineranmu, nih

Tiongkok tidak hanya terkenal dengan wisata dan budayanya yang menarik. Berbagai kulinernya selalu menarik untuk dicicipi. Salah satunya olahan babinya.

Kalau kamu sedang liburan ke Tiongkok, sepuluh olahan babi khasnya ini harus masuk list kulineranmu. Catat ya!

1. Wonton soup

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatandelish.com

Makanan ini mirip pangsit. Isiannya terdiri dari daging babi ditambah wortel, jamur, dan daun bawang. Wonton soup ini bisa kamu temukan di hampir penjuru Tiongkok, karena merupakan makanan khasnya.

2. Sweet and sour pork

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatanyoutube.com

Dalam bahasa Tiongkok, makanan ini disebut sebagai tángcù lǐjí. Daging babi digoreng kering, lalu ditumis bersama saus asam manis. Saus tersebut dibuat dari gula, tomat, cuka, dan kecap asin. Ada pula potongan paprika sebagai pelengkapnya.

3. Red-fried pork

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatanchinasichuanfood.com

Memasak makanan ini membutuhkan daging perut babi, karena dirasa lebih lezat. Supaya lebih enak, red-fried pork dibumbui dengan wine, kecap asin, jahe, rempah-rempah aromatik, cabai, dan bawang putih.

4. Roast suckling pig

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatancookstr.com

Sebelum dipanggang, babi direndam di dalam air mendidih selama 10 detik untuk membersihkan kulitnya. Kenikmatan olahan ini diperoleh dari campuran cuka merah, wine, bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah.

5. Stewed pork vermicelli

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatanyumofchina.com

Babi rebus yang disajikan dengan mie ini merupakan salah satu makanan khas Tiongkok legendaris. Ada pun bumbu-bumbunya terdiri dari gula, minyak sayur, kayu manis, kecap hitam, dan wine. Taburan daun bawang membuatnya semakin sedap.

6. Dumpling stir fry

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatantaste.com.au

Daging babi yang dibungkus kulit pangsit ini digoreng terpisah dengan bumbunya. Salah satu kunci kenikmatannya adalah dari bumbu.

Bumbu pangsit berisi daging babi ini antara lain saus tiram, cincangan bawang putih dan merah, daun bawang, sedikit gula merah, serta biji wijen.

Baca Juga: 10 Olahan Babi Khas Korea yang Paling Bikin Ngiler, Sudah Coba?

7. Cantonese roasted pig

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatantheworksoflife.com

Sebelum digoreng di dalam minyak panas, daging perut babi dibaluri garam, gula, dan wine secara merata. Ada lada putih, bubuk cabai, dan garam kasar yang membuatnya semakin nikmat.

8. Dongpo pork

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatanfoodfornet.com

Hidangan satu ini memiliki aroma wine yang harum banget. Daging babi yang digunakan terdiri dari lemak, daging, dan kulit. Dipotong dadu, tapi tidak terlalu besar atau kecil. Dongpo pork merupakan makanan khas Hangzhou, Tiongkok. 

9. Ginger pork noodle soup

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatantripadvisor.com.au

Biasa disajikan untuk makan malam, sup babi kuah jahe ini mampu menghangatkan tubuh. Terbuat dari berbagai bumbu, seperti bawang putih, lada hitam, bawang bombai, kecap ikan, jahe segar, dan cuka beras. Potongan wortel dan paprika semakin melengkapinya.

10. Pepper salted spare ribs

10 Olahan Babi Enak Khas Tiongkok, Aromanya Jadi Lambang Kenikmatantaste.com.au

Bumbunya sederhana, tapi rasanya tetap istimewa. Ada merica Sichuan, garam, dan lada hitam. Pemberian garam dengan lada hitam dilakukan setelah selesai digoreng dan dingin.

Itulah sepuluh makanan olahan babi khas Tiongkok yang bisa jadi rekomendasi kulineranmu. Mana dulu yang pengin kamu cobain?

Baca Juga: 10 Olahan Babi Khas Indonesia Paling Enak, yang Mana Favoritmu?

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya