Comscore Tracker

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-beda

Wajib ada saat Ramadan tiba, nih

Kurma merupakan buah yang sangat dianjurkan dimakan saat berbuka puasa. Buah yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk melancarkan pencernaan.

Saat berpuasa seharian artinya tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa sangat baik dilakukan.

Tapi, tahukah kamu bahwa kurma memiliki banyak sekali jenisnya? Bahkan di Indonesia sendiri ada banyak banget jenis kurma yang dipasarkan. Inilah delapan kurma yang sering dijajakan di Indonesia.

1. Kurma ajwa

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-bedainstagram.com/grosiranjubah

Kurma ajwa lebih dikenal sebagai kurma Nabi. Kurma berwarna hitam pekat dengan sedikit corak di ujungnya ini sangat disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Rasanya manis dan teksturnya tidak lembek.

Harga kurma ajwa terbilang cukup mahal, yakni sekitar Rp400 ribu per kilogram.

2. Kurma medjool

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-bedainstagram.com/healthyfood_byzhafira

Kamu pernah lihat kurma dengan ukuran lebih besar dari biasanya? Ya, kurma medjool memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kurma lainnya. Makan satu buah saja sudah bisa bikin perutmu kenyang.

Untuk ukuran bijinya gak terlalu besar, jadi daging buahnya tetap banyak. Rasanya manis dan empuk, tapi tidak lembek.

3. Kurma sukari

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-bedainstagram.com/ajwad.store

Kurma sukari menjadi kurma terfavorit di Indonesia. Kurma ini sering disebut sebagai kurma basah. Rasanya sangat manis, tekstur yang sangat lembut. Daging buahnya yang tebal menjadi salah satu alasan kurma ini banyak diburu konsumen.

4. Kurma mesir

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-bedaInstagram.com/kadai.rangkoto

Banyak para pembeli yang menginginkan kurma dengan harga yang relatif lebih murah. Itu sebabnya kurma mesir selalu menjadi incaran pembeli. Ini karena harga yang dijajakan berkisar Rp50 ribu per kilogram atau bisa lebih murah.

Gak cuma karena murah, kurma ini juga memiliki ukuran yang agak besar dan rasa yang manis. Tapi, kekurangannya adalah kurma ini sering ada beberapa butir yang sudah mengering.

Baca Juga: Mengenal Kurma Ajwa yang Dapat Menangkal Sihir & Racun

5. Kurma lulu

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-bedainstagram.com/eni_kaind

Dilihat dari bentuknya, kurma yang satu ini terlihat mirip seperti kurma ajwa. Tak hanya itu, rasa dan teksturnya pun sangat mirip. Dikarenakan harga kurma ajwa cukup mahal, tak jarang juga para konsumen memilih membeli kurma lulu, meskipun hanya sekedar mirip.

6. Kurma tunisia

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-bedainstagram.com/twinkleshops_id

Kalau kamu ke supermarket di bulan Ramadan, kamu pasti sering banget melihat banyak kurma berjajar di rak. Nah, kurma yang suka dijual di supermarket itu adalah jenis kurma tunisia.

Ada dua jenis kurma tunisia yang biasa dijual, yaitu kurma tunisia basah dan tunisia tangkai. Perbedaannya, kurma tunisia basah terlihat seperti dilapisi madu dan lengket. Sedangkan kurma Tunisia tangkai buahnya masih menggantung ditangkainya. Kulitnya kering dan tidak lengket tapi daging buahnya tetap empuk.

7. Kurma khalas

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-bedainstagram.com/alshifashop

Pernah coba makan kurma, tapi terasa seperti makan permen? Kurma khalas memiliki rasa yang sangat manis, seperti permen dengan daging buah yang chewy. Kalau kamu punya masalah dengan gigi, kamu gak bisa terlalu banyak makan kurma yang satu ini. Hal ini karena rasanya yang sangat manis dan bisa membuat gigi jadi sakit.

8. Kurma iran

8 Jenis Kurma yang Sering Dijual di Indonesia, Manisnya Berbeda-bedainstagram.com/psmuslimgaleri

Kurma iran sering disebut kurma bam. Warnanya hitam pekat dan ukurannya lumayan kecil. Begitu kamu menggigitnya, akan terasa seperti makan buah anggur. Kurma ini biasanya dijual dalam bentuk boks kecil dan tidak bisa di ecer.

Itulah delapan jenis kurma yang banyak dijual di Indonesia. Kalau kamu sendiri biasa menyantap jenis yag mana, nih?

Baca Juga: 5 Kreasi Pastry Ini Menggunakan Buah Kurma, Manis dan Nikmat

Adara Prameswari Photo Writer Adara Prameswari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya