Comscore Tracker

5 Fakta Marshmallow, Camilan Manis yang Lembut dan Kenyal

Camilan ini banyak penggemarnya

Marshmallow digemari hampir semua orang. Rasanya yang manis, tekstur lembut dan kenyal, membuat siapapun akan ketagihan dengan camilan satu ini. Apalagi tren saat ini marshmallow banyak variasinya dari bentuk, rasa, hingga cara menikmatinya.

Di balik manis dan kenyalnya marshmallow, ada beberapa fakta unik. Apa saja fakta uniknya? Inilah 5 fakta marshmallow yang jarang diketahui penggemarnya.

1. Awalnya adalah sebuah tanaman

5 Fakta Marshmallow, Camilan Manis yang Lembut dan Kenyalhttps://pixabay.com

Camilan ini konon berasal dari tanaman herbal bernama Marsh Mallow atau Althea officinalis. Dulu di Arab, tanaman ini dijadikan untuk pengobatan, seperti obat batuk, sakit tenggorokan, dan sakit gigi. Sedangkan di Mesir getah tanamah Marsh Mallow dijadikan pelapis permen yang berbahan dasar madu.

2. Marshmallow yang pertama kali dibuat

5 Fakta Marshmallow, Camilan Manis yang Lembut dan Kenyalhttps://instagram.com/pastry_tales

Marshmallow pertama dibuat sekitar tahun 1850 di Prancis dengan mencampurkan putih telur, air, gula, dan getah tanaman Marsh Mallow sebagai pengikatnya, lalu dipanaskan dan dibentuk dalam cetakan. Marshmallow baru mulai dipasarkan 50 tahun setelahnya, dengan peralatan yang lebih canggih.

Baca Juga: 5 Resep Minuman Berbahan Marshmallow, Langsung Lumer di Lidah

3. Revolusi produksi Marshmallow

5 Fakta Marshmallow, Camilan Manis yang Lembut dan KenyalPexel.com/Luisquentero

Setelah marshmallow berkembang di pasaran, sekitar tahun 1948, muncul Alex Doumakes pendiri Campfire Marshmallow yang mematenkan proses pembuatan marshmallow yang lebih cepat dan efesien. Bahan pembuatannya pun berbeda dengan marshmallow pertama kali dibuat. Bahan dasar marshmallow modern terdiri dari gelatin, putih telur, gula atau sirup jagung, dan flavour.

4. Cara unik menikmati marshmallow

5 Fakta Marshmallow, Camilan Manis yang Lembut dan Kenyalhttps://instagram.com/whisperedfocus

Marshmallow di pasarkan dalam bentuk yang bisa langsung dimakan. Tetapi beberapa orang memilih menikmati marshmallow dengan cara yang berbeda, seperti ditaruh dalam cokelat panas, menjadikan marshmallow isian roti bakar, sebagai toping pada kue, dan ada yang memanggang di atas api sebelum memakannya.

5. Marshmallow dijadikan hadiah saat White Day

5 Fakta Marshmallow, Camilan Manis yang Lembut dan Kenyalhttps://matcha-jp.com

Jika Valentine identik dengan hadiah cokelat, di Jepang ada perayaan Hari Putih setiap tanggal 14 Maret, sebagai balasan Hari Valentine. Tren sejak dulu hingga sekarang adalah pria memberi teman perempuannya hadiah marshmallow berwarna putih.

Nah, itu dia fakta marshmallow yang jarang diketahui kebanyakan orang.

Baca Juga: 5 Bahan untuk Membuat Marshmallow Sendiri di Rumah, Gampang Caranya!

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Verified Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya