Comscore Tracker

5 Takjil Berbahan Dasar Kopi yang Bisa Jadi Moodbooster Selama Puasa

Takjil kopi dicampur senja, mantap

Beberapa jam setelah sahur sih masih semangat, tapi menuju waktu azan kok berubah jadi lemas gitu sih? Ayo dong semangat, apalagi sebentar lagi ‘kan jam ‘kritis’ kita akan berakhir. Kalau masih susah untuk semangat, mau nggak mau IDN Times harus kasih lima jurus jitu ini deh untuk jadi moodbooster-mu selama puasa. Pecinta kopi, mari merapat!

1. Puding kopi susu

5 Takjil Berbahan Dasar Kopi yang Bisa Jadi Moodbooster Selama PuasaShutterstock/Alp Aksoy

Ingat, kopi nggak hanya dijadikan sebagai menu minuman, kalau kamu kreatif pun semua bisa ‘disulap’ menjadi menu makanan yang enak. Misalnya dengan puding kopi susu ini, apalagi ini bisa kamu jadikan sebagai ‘teman’ berbuka puasa. Buat kalian yang memang suka dengan rasa kopi yang strong, kamu bisa menambahkan takaran kopi. Tapi kalau mau cita rasa yang balance, takaran kopi dan susunya harus sama ya. Kalau sudah jadi, aroma pudingnya tuh nikmat banget!

2. Bolu kopi kukus

5 Takjil Berbahan Dasar Kopi yang Bisa Jadi Moodbooster Selama PuasaShutterstock/Viktor1

Berbuka dengan bolu kopi kukus, ditemani senja tuh kayaknya nikmat tiada tara ya. Sebenarnya, untuk proses pembuatannya sama kok dengan bolu kukus pada umumnya. Bedanya, bolu kukus yang satu ini dikasih tambahan bubuk kopi sebagai cita rasa utamanya. Apapun kopi favoritmu, bisa jadi bahannya. Ada yang pernah bikin atau cicip bolu kopi kukus?

3. Es kopi latte

5 Takjil Berbahan Dasar Kopi yang Bisa Jadi Moodbooster Selama PuasaIDN Times/NESCAFE

Sudah terlalu sering seduh kopi sachet-an selama di rumah? Bosan nggak sih seduh kopi yang itu-itu saja selama karantina di rumah ini? Coba yang sedikit berbeda dong, misalnya, es kopi latte. Semakin lama, banyak orang yang mulai berpaling dengan es kopi ketimbang kopi panas. Mungkin kamu salah satunya ya yang suka dengan es kopi latte

Percaya atau nggak, es kopi terbukti bisa bikin kamu jadi lebih semangat. Apalagi kalau kamu minumnya #NESCAFELattelicious! Anti ribet, minuman kopi latte siap minum ini dijamin bisa temani semua aktivitasmu selama di rumah. Tinggal pilih deh varian mana yang jadi favoritmu, #NESCAFELattelicious Éclair Latte, Choco Banana Latte atau yang Honey Latte. Ssst, disajikan dingin jauh lebih enak lho!

5 Takjil Berbahan Dasar Kopi yang Bisa Jadi Moodbooster Selama PuasaIDN Times/NESCAFE

Jadi, setelah ini pun IDN Times nggak mau dengar lagi ya kalau kamu ngeluh bosan selama di rumah saja. Itu tandanya, kamu butuh naikin mood dengan #NESCAFELattelicious tuh!

4. Donat kopi

5 Takjil Berbahan Dasar Kopi yang Bisa Jadi Moodbooster Selama PuasaShutterstock/tarapong srichaiyos

Biasanya, donat selalu ‘diramaikan’ dengan topping yang manis-manis, mulai dari meses, sprinkle, almond, taburan kukis, dan masih banyak lagi. Tapi kali ini, IDN Times mau kasih rekomendasi takjil donat kopi. Eits, tapi ini bukan maksudnya topping-nya diganti bubuk kopi lho ya. Bisa pahit banget! Tapi kita ‘bereksperimen’ dalam adonan donatnya, dengan menambahkan sedikit bubuk kopi. Kalau donatnya sudah matang, cukup menaburkan gula halus juga enak. Tenang, kopinya masih terasa kok di lidah!

5. Dadar gulung kopi

5 Takjil Berbahan Dasar Kopi yang Bisa Jadi Moodbooster Selama PuasaUnsplash/Todd Cravens

Baru dengar ya? Kalau kita bicara secara konsep, sebenarnya beberapa menu bisa lho dicampurkan dengan kopi, termasuk si dadar gulung kopi ini. Bisa dibilang sih dadar gulung ini merupakan pancake versi lokalnya. Sebagai adonan, kamu hanya membutuhkan tepung terigu, tepung kanji, telur, mentega, air dan tentunya bubuk kopi. Cetak di atas teflon anti lengket lalu gulung deh! Semudah itu, guys!

IDN Times mau tahu dong, dari kelima menu takjil berbahan dasar kopi ini, mana yang jadi favorit dan juara untukmu?

yummy-banner

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya