Comscore Tracker

5 Bulgogi Khas Korea Selatan, Gak Cuma dari Daging Sapi, lho!

Rasanya dijamin menggugah selera

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata bulgogi? Banyak orang pasti langsung terpikirkan daging sapi yang dimasak di atas panggangan khas Korea Selatan.

Namun, ternyata ada banyak bulgogi khas Korea Selatan dan tak hanya terbuat dari daging sapi, lho. Kalau belum tahu, kelima bulgogi ini bisa dijadikan ide masakanmu hari ini. Bumbunya meresap banget!

1. Bulgogi klasik 

5 Bulgogi Khas Korea Selatan, Gak Cuma dari Daging Sapi, lho!ilustrasi bulgogi (pexels.com/makafood)

Bulgogi sangat mudah ditemukan di rumah-rumah Korea Selatan. Bulgogi juga dikenal sebagai daging sapi BBQ yang nikmat.

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu tinggal mengiris daging sapi, lalu dimarinasi. Kemudian, daging dimasak di atas api terbuka. Potongan terbaik untuk membuat hidangan ini adalah rib eye, sirloin, dan tenderloin.

2. Flank steak bulgogi 

5 Bulgogi Khas Korea Selatan, Gak Cuma dari Daging Sapi, lho!ilustrasi flank steak bulgogi (pexels.com/makafood)

Bulgogi biasanya menyajikan daging sapi bertekstur lembut dengan kualitas terbaik. Namun, makanan satu ini menyajikan bulgogi dari daging yang sedikit keras. Jus nanas dibutuhkan untuk melembutkan tekstur sekaligus dijadikan bumbu.

Daging steik biasanya dipanggang utuh dan dipotong saat hendak disantap atau disajikan. Untuk mengurangi tekstur kerasnya, daging juga perlu dipotong melawan serat otot.

3. Jeyuk bokkeum

5 Bulgogi Khas Korea Selatan, Gak Cuma dari Daging Sapi, lho!ilustrasi jeyuk bokkeum (pixabay.com/sharonang)

Bulgogi satu ini dibuat dengan memarinasi daging babi dengan saus berbasis gochujang dengan banyak jahe dan bawang putih. Hidangan ini sama populernya dengan bulgogi klasik.

Hidangan ini difavoritkan masyarakat Korea dari berbagai kalangan karena sangat cocok dijadikan hidangan makan bersama di lapangan outdoor. Jeyuk bokkeum juga disajikan dengan nasi dan berbagai lauk pendamping.

Baca Juga: 5 Makanan Korea Olahan Bulgogi, Bisa Disulap Jadi Hidangan Lain! 

4. Dak bulgogi

5 Bulgogi Khas Korea Selatan, Gak Cuma dari Daging Sapi, lho!ilustrasi dak bulgogi (pixabay.com/rocket design)

Cara membuat hidangan dak bulgogi juga sangat cepat dan mudah. Rasa bulgogi yang manis dan gurih sangat cocok dengan ayam yang lembut dan juicy. Biasanya, daging ayam ditambahkan perasan lemon untuk memperkuat rasa.

Bagian ayam yang disajikan biasanya menggunakan paha ayam tanpa tulang untuk rasa yang ekstra lembut. Tentu saja kamu juga bisa menggunakan daging ayam bagian lain, seperti dada dan daging filet lainnya.

5. Salmon bulgogi 

5 Bulgogi Khas Korea Selatan, Gak Cuma dari Daging Sapi, lho!ilustrasi salmon bulgogi (unsplash.com/GRANT LEE)

Kamu juga bisa menggunakan salmon untuk membuat hidangan bulgogi, lho. Daging salmon dimarinasi dengan bumbu bulgogi yang manis dan gurih. Rasanya dijamin sangat cocok dengan rasa salmon yang rich dan kaya akan minyak.

Kelima bulgogi ala Korea Selatan ini bisa kamu buat di rumah. Berbagai macam bahan dapat dijadikan kreasi bulgogi yang menarik, tidak harus menggunakan daging sapi. Dijamin semakin lezat, tak ada salahnya memasukkan bulgogi ke dalam menu harianmu.

Baca Juga: 5 Referensi Bulgogi Ekonomis untuk Lauk Makan bersama Nasi

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya