Comscore Tracker

5 Tips Bikin Ponzu Dressing untuk Salad Jepang ala Devina Hermawan 

Bisa dibuat tanpa blender, lho

Siapa di antara kalian yang gemar makan salad? Hidangan ini menyajikan perpaduan sayur sehat sehingga banyak digemari. Setiap negara di dunia dapat dipastikan memiliki salad andalannya masing-masing.

Termasuk dari negara Jepang, salad disajikan ponzu dressing dengan rasa gurih, asam, dan segar. Selain itu, cara pembuatannya pun sederhana dan praktis.

Bagi kamu yang ingin membuatnya di rumah, kamu tidak perlu khawatir salah dalam membuatnya. Berikut ada beberapa tips dari Devina Hermawan dalam membuat ponzu dressing untuk salad khas Jepang. Rasanya dijamin lezat yang membuatmu tidak bisa berhenti!

1. Buat ponzu dressing tanpa menggunakan blender 

5 Tips Bikin Ponzu Dressing untuk Salad Jepang ala Devina Hermawan Ponzu dressing (youtube.com/Devina Hermawan)

Salad Jepang umumnya menyajikan sayuran yang terdiri dari selada hijau organik, lettuce, edamame, tomat ceri, hingga timun kyuri yang disajikan bersamaan dengan ponzu dressing.

Kamu dapat membuat ponzu dressing menggunakan kecap asin dan dibuat tanpa blender. Campurkan cuka beras, ponzu, air, madu, minyak wijen, dan wijen panggang. Parut jahe dan bawang putih dan saring cairannya. Aduk hingga merata.

2. Tambahkan kaldu jamur agar lebih gurih 

5 Tips Bikin Ponzu Dressing untuk Salad Jepang ala Devina Hermawan ilustrasi kaldu (pexels.com/Katerina Holmes)

Salad juga bisa ditambah dengan mi soba sehingga dapat disantap sebagai menu utama. Untuk membuatnya lebih gurih, kaldu jamur perlu ditambahkan untuk melengkapi cita rasa pada mi soba.

Dengan menerapkan tips ini, salad Jepang akan tersaji lebih autentik sekaligus menjaga pola makan karena rasa salad dan soba yang cukup mengenyangkan.

Baca Juga: 9 Ragam Hidangan Mi Soba Khas Jepang, Toppingnya Beda-beda lho!

3. Madu dapat diganti dengan gula 

5 Tips Bikin Ponzu Dressing untuk Salad Jepang ala Devina Hermawan ilustrasi gula pasir (unsplash.com/Faran Raufi)

Madu pada salad akan menambahkan rasa manis sehingga lebih lezat dan tetap menyehatkan. Namun, masih ada alternatif selain madu untuk membuat hidangan tetap lezat. Gantilah madu dengan gula yang dilarutkan dengan air sehingga salad Jepang buatanmu masih kaya akan rasa dan sangat nikmat.

4. Dinginkan salad dressing di dalam kulkas 

5 Tips Bikin Ponzu Dressing untuk Salad Jepang ala Devina Hermawan ilustrasi kulkas atau lemari es (unsplash.com/Ello)

Setelah membuat dressing ponzu, masukkan ke dalam kulkas saat kamu mulai mempersiapkan bahan untuk membuat salad. Hal ini agar saus dressing lebih segar saat disajikan.

Dengan tips ini, dijamin hidanganmu menggugah selera dan tidak berhenti untuk nambah. Dijamin gak bakal bosen makan sayur, deh!

5. Aduk ponzu dressing sebelum disajikan 

5 Tips Bikin Ponzu Dressing untuk Salad Jepang ala Devina Hermawan penyajian ponzu dressing (youtube.com/Devina Hermawan)

Aduk terlebih dahulu ponzu dressing sebelum disajikan dengan sayuran. Sebab perpaduan minyak dan bumbu lain yang terkandung tidak bisa menyatu seutuhnya sehingga perlu diaduk sebelum dituang ke salad.

Itulah lima tips membuat ponzu dressing untuk salad Jepang ala Devina Hermawan. Ponzu dressing akan membuatmu lebih lahap memakan sayur sehingga membuatmu lebih sehat.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Ayam Char Siu, Biasa Dijadikan Topping Ramen! 

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya