Comscore Tracker

5 Jajanan Manis Nusantara yang Populer Saat Bulan Puasa

#ANGPOIN Orang Indonesia pasti gak asing lagi

Ada beberapa hal menarik yang bisa kalian lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Satu diantaranya adalah berburu takjil.

Di Indonesia, ada beragam makanan manis populer yang biasa dijual untuk berbuka puasa. Hidangan-hidangan ini tentunya cukup membantu di saat kamu sedang tidak sempat menyiapkan makanan di rumah. 

Lezat dan banyak dijajakan, inilah lima jajanan tradisional Indonesia yang mudah ditemukan saat bulan Ramadan. 

1. Serabi kuah kinca

5 Jajanan Manis Nusantara yang Populer Saat Bulan Puasainstagram.com/hellensalim

Ada dua jenis serabi yang populer di Nusantara. Yang pertama adalah serabi dengan kuah kinca gula merah. Lalu, lainnya serabi solo dengan pilihan topping di tengahnya.

Dari keduanya bisa dibilang serabi kuah kinca adalah yang kerap ditemukan sebagai jajanan menu berbuka puasa. Rasa kuah legit dipadu serabi yang gurih pasti membuatmu kembali bersemangat setelah berbuka puasa.

2. Kolak pisang

5 Jajanan Manis Nusantara yang Populer Saat Bulan Puasainstagram.com/dhy_kitchenworld

Sebagai orang Indonesia, pasti kamu tahu benar kan kalau kolak pisang menjadi makanan favorit saat bulan puasa tiba? Ya! Kuliner berkuah manis yang umumnya terdiri dari pisang, ubi, dan kolang kaling ini memang banyak ditemukan pada penjaja takjil karena besarnya minat pembeli.

Bisa dijajakan dalam keadaan dingin atau hangat, kolak pisang merupakan makanan yang dicari-cari saat waktu berbuka akan tiba. 

Baca Juga: 5 Resep Jajanan Khas Nusantara yang Berbahan Dasar Umbi-umbian

3. Kopyor roti

5 Jajanan Manis Nusantara yang Populer Saat Bulan Puasainstagram.com/jajananpasarjawa

Selain kolak pisang dan serabi kuah  kinca, ada juga nih kopyor roti berkuah santan yang punya rasa legit menggiurkan. Jajajan berbungkus daun pisang ini terdiri dari roti tawar, mutiara, kelapa muda, pisang, dan bihun yang sudah direbus.

Karena komposisinya yang lengkap ini, gak heran banyak orang merasa kenyang setelah menyantapnya. Wah, kamu juga?

4. Bongko pisang

5 Jajanan Manis Nusantara yang Populer Saat Bulan Puasainstagram.com/dapoersikoko

Kalau makanan satu ini paling lezat dimakan ketika sudah dingin. Rasanya mirip dengan kopyor roti, hanya saja isiannya dominan pisang raja. Teksturnya juga lebih padat dibanding kopyor roti.

Sajian manis ini dibungkus daun pisang sehingga tampak menggugah selera. Di daerah lain, jajajan ini punya berbagai nama salah satunya carang gesing. 

5. Bubur kacang hijau

5 Jajanan Manis Nusantara yang Populer Saat Bulan Puasainstagram.com/angkringan_kapoklombok

Saat ingin berbuka dengan makanan manis. Kamu bisa memilih bubur manis yang biasanya tersedia di bulan Ramadan, bubur kacang hijau salah satunya.

Kaya nutrisi, pantas saja banyak yang menjadikan menu satu ini sebagai teman berbuka puasa. Apalagi rasa nikmat kacang hijau yang lembut dan gurihnya santan membuat siapa pun tak berani menolaknya. 

Lima makanan lezat Nusantara tersebut umum ditemukan saat bulan Ramadan tiba. Selain itu, tentu masih banyak lagi menu-menu buka puasa dijajakan sesuai daerah masing-masing. Anyway, kalau kamu punya menu favorit apa, nih?

Baca Juga: Curi Perhatian, 5 Jajanan Khas Jawa yang Manis Penuh Warna

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya