Comscore Tracker

5 Jajanan Tradisional Legendaris Yogyakarta yang Masih Eksis

Jajanan rasa mewah dengan harga murah #LokalIDN

Yogyakarta merupakan kota istimewa yang memiliki beragam kebudayaan dan objek wisata yang dapat jelajahi. Tak hanya itu, kota ini juga terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Banyak turis baik lokal maupun mancanegara yang berwisata kuliner di Yogyakarta.

Street food atau jajanan kaki kima di Yogyakarta selalu memiliki daya tarik tersendiri. Kira-kira apa saja ya street food khas Kota Gudeg yang wajib dicoba? Pasti penasaran kan? Yuk, simak tulisan di bawah ini!

1. Lupis Mbah Satinem 

5 Jajanan Tradisional Legendaris Yogyakarta yang Masih EksisLupis Mbah Satinem (instagram.com/jogjakakilima)

Makanan satu ini sangat populer di Yogyakarta. Ya, Lupis Mbah Satinem menjadi jajanan yang wajib dicoba.

Lupis Mbah Satinem pernah masuk dalam film dokumenter street food serial yang ditayangkan oleh Netflix sehingga lupis seharga Rp5.000-10.000,00 ini pun semakin laris manis menjadi destinasi kuliner para wisatawan. Mbah Satinem menjajakan lupisnya di Jalan Bumijo 50, Bumijo, Jetis, Yogyakarta.

Lupis adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan disajikan dengan parutan kelapa pada bagian atasnya serta gula merah cair. Biasanya lupis ini sudah diserbu pengunjung pukul 06.00 WIB sehingga harus mengantre sejak awal agar tidak kehabisan.

2. Cakwe Pak Ahmad 

5 Jajanan Tradisional Legendaris Yogyakarta yang Masih EksisCakwe Pak Ahmad (instagram.com/kulinerjogja)

Cakwe Pak Ahmad patut menjadi jajanan yang wajib dicoba. Berlokasi di Jalan Jambon 53, Rogoyudan, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta, Pak Ahmad mampu menghabiskan adonan cakwe 10 – 20 kg. Harganya pun cukup terjangkau. Pembeli cukup merogoh kocek sebesar Rp2.500,00 untuk bisa merasakan gurihnya cakwe ala Pak Ahmad.

Walaupun berjualan menggunakan gerobak sederhana, cakwe buatan Pak Ahmad ini berhasil melahirkan banyak pelanggan. Selain itu, Pak Ahmad juga membuat saus sendiri untuk cocolan cakwe. Saus inilah yang membuat cakwe Pak Ahmad spesial.

Ketenaran Cakwe Pak Ahmad juga tak perlu diragukan lagi. Banyak food enthusiast yang meliput dan mempromosikan cakwenya.

Baca Juga: 5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!

3. Cilok Gajahan 

5 Jajanan Tradisional Legendaris Yogyakarta yang Masih EksisCilok Gajahan (instagram.com/jogjabikinlaper)

Cilok Gajahan merupakan salah satu cilok yang digemari warga Yogyakarta. Tak hanya warga lokal, banyak wisatawan yang menyerbu kelezatan Cilok Gajahan.

Cilok Gajahan dapat dijumpai di sekitar Alun-Alun Selatan. Selain itu terdapat beberapa cabang yakni di, Jalan Seturan 173, Jalan Prof. Dr. Soepomo 48, Jalan Kaliurang KM 9,3; dan Jalan Tamantirto.

Cilok Gajahan dibuat dari adonan tepung kanji yang dibentuk bulat dan diberi isian berupa daging. Cilok Gajahan biasanya disajikan dengan sambal dan kecap yang nikmat. Satu porsinya dibanderol sebesar Rp5.000,00 dengan isi 30 biji cilok. Cukup terjangkau ‘kan?

Kini, tak perlu ke Yogyakarta untuk merasakan kelezatan Cilok Gajahan karena telah tersedia dalam bentuk frozen yang siap dikirim ke berbagai daerah di Indonesia.

4. Lumpia Samijaya 

5 Jajanan Tradisional Legendaris Yogyakarta yang Masih EksisLumpia Samijaya (instagram.com/voilajogja)

Lumpia Samijaya menjadi jajanan fenomenal yang tak kelah nikmat. Berlokasi di Jalan Malioboro 18 tepatnya di dekat Hotel Mutiara, Lumpia Samijaya selalu laris diserbu pembeli. Lumpia Samijaya ini sangat legendaris karena telah ada sejak tahun 1976. Lumpia Samijaya memiliki keunikan tersendiri.

Lumpia ini berukuran lebih besar dibandingkan lumpia lainnya. Isian lumpianya juga cukup banyak. Terdapat wortel, taoge, daging ayam, dan telur puyuh yang diselimuti oleh kulit lumpia.

Lumpia Samijaya disajikan dengan saus bawang, acar timun, dan cabai rawit hijau. Harganya dibanderol sebesar Rp5.000-6.000,00.

5. Rujak Es Krim Pak Nardi 

5 Jajanan Tradisional Legendaris Yogyakarta yang Masih EksisRujak Es Krim Pak Nardi (instagram.com/voilajogja)

Berdiri sejak tahun 1978, Rujak Es Krim Pak Nardi konon menjadi pelopor rujak es krim di Yogyakarta.

Rujak Es Krim Pak Nardi ini berlokasi di Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta. Jajanan legendaris ini cocok disantap di siang hari sebagai penghilang dahaga.

Satu porsi Rujak Es Krim Pak Nardi berisi potongan berbagai jenis buah yang disiram bumbu rujak dan diberi topping es krim. Ketiganya menghasilkan perpaduan rasa asam, manis, dan pedas yang menggoyang lidah. Untuk menikmati kesegara rujak es krim ini cukup merogoh kocek sebesar Rp7.000,00.

Kalian tentu penasaran untuk mecicipi kelima jajanan legendaris di atas ‘kan? Tak perlu berlama-lama, setelah PPKM usai langsung cus pesan tiket dan berangkat ke Yogyakarta ya! Jajanan tadi dijamin bikin ketagihan deh!

Baca Juga: 5 Kuliner 'Mbah' yang Legendaris di Yogyakarta, Rasanya Istimewa!

Diana A Photo Verified Writer Diana A

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya