Comscore Tracker

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan Sastra

Dengan koleksi buku menarik dan variasi kopi autentik

Selain sebagai kota wisata, Yogyakarta juga terkenal sebagai Kota Pelajar. Nuansa kota yang ramah dan tenang sangat mendukung atmosfer belajar yang nyaman bagi orang-orang dari berbagai kalangan dan usia.

Menjadi rumah bagi banyak perguruan tinggi dan mahasiswanya, Yogyakarta juga dipenuhi oleh berbagai tempat menarik untuk belajar ataupun sekedar membaca serta berdiskusi ringan, seperti kedai kopi.

Di antara beragam jenis kedai kopi yang menjamur, book cafe atau kafe buku menjadi alternatif tempat yang bisa dikunjungi. Menikmati kopi sembari membaca buku dapat menjadi alternatif kegiatan me time yang asyik. Selain itu, book cafe juga bisa menjadi alternatif tempat belajar bersama maupun sekedar nongkrong santai bersama teman.

Untukmu yang di Yogyakarta, berikut ini rekomendasi kafe buku hits yang nyaman dengan nuansa khas ala Kota Pelajar.

1. Kebun Buku

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraKebun Buku (instagram.com/anugrahhyang)

Toko buku merangkap kedai kopi yang menyenangkan ini tersembunyi dengan cantik di area Minggiran, sekitar 6 km dari pusat kota di kawasan Maliboro. Bernuansa klasik, sederhana, dan minimalis; Kebun Buku sangat cocok menjadi tempat diskusi, membaca buku, ataupun ngobrol santai bersama kawan.

Koleksinya didominasi oleh buku import second dengan kondisi terawat dan harga terjangkau. Jika beruntung, kamu bisa mengikuti kegiatan bedah buku, diskusi literasi, maupun pameran yang kerap diadakan di sini sembari ditemani kopi atau pilihan minuman lainnya.

Lokasi: Jl. Minggiran No.61A, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta, DIY 

Jam operasional: Selasa-Kamis pukul 11.00-18.00 WIB | Jumat-Minggu pukul 14.00-22.00 

Rentang harga: mulai Rp6 ribu hingga Rp20 ribu 

2. Luk Coffee and Book

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraLuk Coffee and Book (instagram.com/lukcoffeeandbook)

Sesuai slogannya, dari rasa jadi cerita, Luk Coffee and Book adalah alternatif tempat yang nyaman untuk duduk-duduk sendiri maupun nongkrong bersama teman. Kafe buku satu ini dilengkapi dengan berbagai koleksi buku menarik serta pilihan menu yang banyak dan variatif.

Dengan wifi kencang dan ambience yang tenang, tempat ini bisa menjadi pilihan spot belajar maupun bekerja online untuk kamu yang ingin mencari suasana baru.

Untuk yang hanya ingin sekadar nongkrong, mereka juga menyediakan beberapa board game untuk dimainkan pengunjung.

Lokasi: Jl. Cendrawasih No.358B, Pringwulung, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 11.00-23.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp12 ribu hingga Rp40 ribu.

3. Dongeng Kopi

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraDongeng Kopi (instagram.com/dongengkopi)

Kedai kopi yang merangkap taman baca sekaligus ruang komunitas ini sudah berdiri sejak tahun 2012. Interiornya klasik, dihiasi beberapa ornamen unik khas Jawa. Dengan konsep semi outdoor yang nyaman dan syahdu, Dongeng Kopi menyajikan buku dan berbagi pengetahuan untuk dinikmati bersama hangat kopi.

Meski cukup jauh dari pusat kota, aksesnya cukup mudah dengan pelayanan ramah serta berbagai pilihan kopi nusantara. Yang menarik, setiap pengunjung akan diberikan semacam buku harian sebagai kenang-kenangan.

Lokasi: Jl. Grogolan, Puntuk II, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp6 ribu hingga Rp35 ribu.

4. Erha Coffee & Literacy

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraErha Coffee and Literacy (instagram.com/erhacoffee)

Dengan konsep ruang diskusi, ruang belajar, ruang kerja, dan ruang apresiasi karya secara sekaligus; Erha Coffee & Literacy menghadirkan semuanya di dalam satu kedai kopi. Tempatnya nyaman dan tidak terlalu ramai, cocok bagi kamu yang ingin mencari suasana tenang.

Interiornya minimalis dan menarik dengan banyak kursi dan meja sehingga ideal untuk bekerja, belajar, ataupun sekedar nongkrong bersama banyak kawan. Di area belakang kafe juga terdapat area outdoor dengan pepohonan dan tanaman yang menambah sejuk suasana.

Lokasi: Gorongan, Jl. Wahid Hasyim, Ngropoh, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-24.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp8 ribu hingga Rp25 ribu.

5. Blanco Coffee and Books

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraBlanco Coffee and Books (instagram.com/blancocoffeeid)

Sesuai namanya, book cafe satu ini menyediakan berbagai buku dengan beragam genre menarik serta pilihan kopi dengan cita rasa klasik nan autentik.

Blanco Coffee and Books memiliki lahan pertanian dan pusat pengolahan kopi sendiri, sehingga kualitas kopinya dijamin terjaga, lebih mantap dan eksotik.

Atmosfernya nyaman, didukung oleh pelayanan yang ramah serta desain interior yang aestetik nan instagenic. Selain terdiri dari dua lantai, kafe ini juga dilengkapi dengan area outdoor sebagai smoking area bagi pengunjung yang ingin merokok.

Lokasi: Jl. Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-20.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp10 ribu hingga Rp40 ribu.

Baca Juga: 5 Kafe dengan Konsep Tropis di Yogyakarta, Hawanya Sejuk!

6. Kedai Donqui - Books Coffee Roastery

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraKedai Donqui (instagram.com/kedaidonqui)

Memiliki nama yang terbilang unik, Kedai Donqui adalah kependekan dari Don Quixote & Co. Nama Don Quixote sendiri diambil dari judul salah satu novel klasik asal Spanyol yang dianggap sebagai novel modern pertama di dunia.

Untuk yang senang santai-santai asik, kedai buku apik ini bisa menjadi alternatif yang ciamik. Selain menyajikan berbagai jenis kopi dan minuman lainnya, Kedai Donqui juga menyediakan banyak pilihan buku yang bisa dibeli maupun dibaca langsung di tempat.

Jika ingin jajan kopi sembari jajan buku sekaligus, book cafe satu ini bisa menjadi opsi.

Lokasi: Jl. Kaliurang Km 7, Babadan Baru, Kentungan, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 15.00-23.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp10 ribu hingga Rp25 ribu.

7. Nepa Mountain Book & Coffee

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraNepa Mountain Book and Coffee (instagram.com/cafe_dijogja)

Memadukan tema pegunungan dan buku menjadi satu coffee shop, Nepa Mountain Book & Coffee menghadirkan nuansa ala pegunungan Himalaya khas Gunung Everest di Nepal di Kota Pelajar.

Di depan kedai, terpajang poster bertuliskan "the vibes of Nepal van Jogja". Masuk ke dalam, pengunjung langsung disambut dengan pernak-pernik dan ornamen khas Nepal di dinding dan langit-langit.

Di depan bar, pengunjung bisa membaca buku berbagai genre atau membeli buku karya mereka tentang kisah pendakian gunung ke Himalaya dan Kilimanjaro. Dengan banyak pilihan buku, para bookaholic dijamin akan betah nongkrong di sini.

Lokasi: Jl. Sidomulyo No.19, Pojok, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY.

Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 18.00-00.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp8 ribu hingga Rp25 ribu.

8. Leiden Coffee & Work

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraLeiden Coffee and Work (instagram.com/coffeeshop.jogja)

Untuk yang ingin mencari suasana nyaman dan tenang, hidden gem satu ini bisa menjadi opsi. Dengan wifi kencang, terminal listrik, dan tempat duduk yang nyaman, Leiden Coffee * Work juga sangat ideal bagi pengunjung yang ingin belajar, mengerjakan tugas, diskusi kecil, membaca buku, ataupun sekadar nongkrong santai.

Di sudut ruangan terdapat koleksi buku bacaan yang terkurasi sebagai teman menikmati secangkir kopi. Selain pilihan kopi dan minuman lainnya yang enak, pengunjung juga bisa mencoba berbagai pilihan menu snack dan makanan yang lezat.

Jika beruntung, kamu juga bisa mencoba seasonal menu yang hanya disediakan di waktu-waktu tertentu.

Lokasi: Gg. Dandanggulo No. 7, Jl. Kaliurang No.KM 5, Pogung Kidul, Caturtunggal,  Mlati, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-23.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp15 ribu hingga Rp35 ribu.

9. Anomie Coffee

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraAnomie Coffee (instagram.com/anomiecoffee)

Tertarik membaca koleksi buku lawas sembari ngopi syahdu? Mampir ke Anomie Coffee bisa menjadi preferensi. Selain kopi, kafe ini memiliki perpustakaan dengan koleksi buku menarik untuk kamu penggemar dunia literasi.

Untuk para penikmat local coffee dan manual brewing, mereka menyuguhkan racikan kopi nikmat dan khas ala Anomie Coffee yang bisa dicoba.

Selain kopi, kafe buku merangkap working space ini juga menyediakan berbagai pilihan menu enak nan unik yang disajikan dengan cantik.

Lokasi: Jalan Gandok Baru Condongcatur, Manggung, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp7 ribu hingga Rp42 ribu.

10. Sintesis Coffee

10 Rekomendasi Kafe Buku di Yogyakarta untuk Pencinta Kopi dan SastraSintesis Coffee and Space (instagram.com/sintesiscoffee)

Coffee shop satu ini dilengkapi perpustakaan dengan lebih dari 600 koleksi buku dari berbagai genre. Suasananya juga nyaman dan bikin betah, cocok untuk bersantai sambil membaca dan menikmati pilihan menu signature dari Sintesis Coffee.

Untuk yang ingin mencari suasana tenang dan kondusif atau ingin lebih produktif, duduk di lantai 2 bisa menjadi pilihan. Selain itu, menunya juga beragam dengan banyak pilihan menu non kopi yang unik.

Pernah mencoba butterbeer, minuman khas film Harry Potter? Kamu bisa mencicipinya di kafe ini.

Lokasi: Jl. Kaliurang Km 5 no. 21A, Manggung, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB.

Rentang harga: mulai Rp13 ribu hingga Rp29 ribu.

Memadukan romantisme kopi dan buku menjadi satu, 10 kafe buku di atas bisa kamu coba singgahi. Selamat ngopi, penikmat literasi!

Baca Juga: 5 Kafe Hits di Yogyakarta yang Bikin Nyaman, Ada Tema Bohemian Jawa  

Nurul M Photo Verified Writer Nurul M

Berusaha menulis sesuai fakta. Mohon maaf jika terdapat misinformasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya