Comscore Tracker

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Melulu

Gak digoreng tapi tetap lezat lho!

Ayam merupakan bahan makanan favorit banyak orang. Selain mudah didapatkan dan rasanya yang lezat, daging ayam juga bisa dimasak dengan berbagai cara serta bumbu. Selain itu, manfaat daging ayam juga beragam, diataranya, meningkatkan nafsu makan, menguatkan tulang, dan membentuk otot.

Akan tetapi, ada baiknya jika daging ayam diolah dengan benar supaya manfaatnya tidak hilang dan tidak menimbulkan penyakit. Selain kebersihan daging ayam yang perlu diperhatikan, kamu juga harus memperhatikan cara memasaknya. Tidak hanya digoreng, daging ayam bisa dinikmati dengan berbagai olahan lezat kok. Terlebih saat puasa, menghindari makanan-makanan yang digoreng akan baik bagi kondisi tubuhmu. Mau masak ayam apa nih untuk buka dan sahur nanti? Yuk, simak pilihannya!

1. Sup ayam

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Meluluwholefoodrepublic.com

Sup ayam adalah menu olahan daging ayam yang paling favorit. Memasak sup ayam diawali dengan merebus daging ayam. Kaldu ayam yang dihasilkan mengandung vitamin, nutrisi, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ditambah, aneka sayuran pada sup ayam menambah cita rasa sekaligus nutrisi pada olahan lezat ini. Selain itu, sup ayam juga bisa menjadi menu sehat yang membantu penurunan berat badan kamu. Sangat disarankan memilih ayam kampung untuk memasak sop ayam. Daripada ayam goreng yang mungkin akan membuat ternggorokanmu bermasalah, lebih baik pilih menu ini nih!

2. Ayam panggang

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Meluluepicurious.com/

Memanggang adalah salah cara satu memasak ayam yang baik dan sehat. Kendati membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi kandungan nutrisi dalam daging ayam tidak akan hilang. Memanggang juga dapat memunculkan aroma khas yang membuat masakan daging ayam menjadi lebih lezat. Ada baiknya jika kamu menyingkirkan kulit ayam karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Menu ayam panggang cocok banget lho jadi pilihan saat buka puasa. 

3. Tumis ayam

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Melulufoodandwine.com/

Memasak daging ayam dengan cara ditumis beserta bumbu dan rempah-rempah juga salah satu metode yang sehat. Saat menumis, kamu hanya perlu menggunakan sangat sedikit minyak. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel, brokoli dan sayuran lainnya untuk menambah cita rasa serta kandungan vitamin dalam masakan tumis ayam kamu. Hindari dulu deh mengolah ayam dengan cara digoreng saat bulan puasa, ini penting untuk menghindari kemungkinan kamu terserang radang dan batuk.

4. Ayam kukus

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Melulufoodandwine.com/

Mengukus adalah salah satu cara mengolah daging ayam yang bisa membunuh bakteri dan kuman dalam daging. Mengukus juga dianggap sebagai cara memasak yang sehat untuk daging ayam. Sebab, cara memasak yang satu ini tidak memerlukan minyak yang bisa menghasilkan kolesterol dan lemak jahat. Nah pas banget kan untuk kamu yang sedang berpuasa. Olahan ayam yang sehat ini cocok jadi menu sahurmu nanti.

Baca Juga: 7 Olahan Ayam Dengan Bumbu Legendaris Ala Indonesia, Mau Coba?

5. Bakso ayam

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Meluluflavcity.com/

Variasi masakan lezat yang bisa kamu coba adalah bakso ayam. Cincang daging ayam dan tambahkan bumbu, lalu bentuk menjadi bola-bola daging. Kamu bisa mengolah bakso dengan cara direbus dengan kaldu atau cukup dikukus. Cara mengolah ayam dengan cara direbus juga bisa membuat ayam tetap sehat untuk disantap. Merebus daging ayam hingga matang bisa menghilangkan bakteri dan kuman jahat. 

6. Ayam kebab

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Meluluhelengraves.co.uk/

Bukan hanya daging kambing saja yang bisa dimasak menjadi kebab, daging ayam pun bisa. Memadukan daging ayam dengan bahan-bahan lain seperti bawang bombay, white oil, madu, lada hitam dan juga paprika kemudian dipanggang. Kamu juga bisa menyajikannya dengan roti gandum. Lezat bukan? Menu ini bisa jadi pilihan menu berbuka bareng keluarga nih. Dijamin bisa makan enak tapi tetap sehat.

7. Ayam bumbu lemon dan jinten

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Melulubarefootcontessa.com/

Menu makanan ini juga menggunakan metode memanggang yang bisa menjaga nutrisi daging ayam tetap utuh. Selain itu, perpaduan ayam dengan lemon sangat cocok untuk menu diet sehat. Campurkan ayam dengan bumbu seperti bawang, bubuk jinten, olive oil dan juga paprika. Kemudian, siram dengan perasan air lemon. Voila! Menu olahan ayam tanpa digoreng pun bisa kamu nikmati tanpa takut resikonya.

8. Ayam isi bayam

8 Pilihan Makanan Olahan Ayam, Gak Goreng Meluluthatlowcarblife.com/

Sudah tidak diragukan lagi jika sayur bayam merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat. Kamu bisa mengolah daging ayam dan bayam dengan cara dipanggang. Tumis potongan ayam dengan bumbu seperti bawang putih, garam, dan sedikit merica lalu masukkan bayam. Setelah itu, pangang tumisan daging ayam dan bayam tadi dengan butter atau margarin. Tambahkan sedikit merica dan garam. Mudah banget 'kan? Pastinya pilihan menu ini jadi rekomendasi olahan ayam selain digoreng saat bulan puasa. Dijamin enak deh!

Sekarang, kamu sudah memiliki berbagai cara untuk mengolah ayam bukan? Jadi, selain enak, kamu bisa menyantapnya olahan ayam dengan sehat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ayam Geprek, 5 Resep Kekinian yang Bisa Dibikin Sendiri di Rumah

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya