Comscore Tracker

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulang

Banyak pilihan!

Jangan lupa oleh-oleh ya!

Tak bisa bohong, hampir dari kamu semua pasti pernah mendengar kalimat ini ketika akan bepergian. Kamu pun harus menganggarkan dana lebih untuk membawa pulang oleh-oleh dan dibagikan. Nah, saat berkunjung ke Solo rasanya tak lengkap jika kamu tak beli oleh-oleh.

Cukup banyak toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi di kampung halaman RI 1 ini, salah satunya di Pasar Klewer. Nah, kalau kamu lagi main ke Solo, oleh-oleh ini patut kamu bawa pulang!

1. Surabi Notosuman

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangayok-jalan.blogspot.co.id

Jajanan ini adalah salah satu oleh-oleh paling populer di Solo. Surabi menyerupai pancake yang memiliki beberapa varian rasa, seperti keju, pisang, nangka, dan lainnya. Namun, Surabi Notosuman hanya memiliki 2 varian saja, biasa dan cokelat. Salah satu oleh-oleh surabi yang bisa kamu bawa pulang ada di Jalan Moh. Yamin, No. 28, Solo.

 

2. Rambak Petis

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangsobatwisata.com

Rambak terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang digoreng kering mirip seperti kerupuk. Rasanya gurih dan ada sedikit rasa pedasnya. Camilan ini sangat nikmat dimakan bersamaan dengan petis. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini kamu bisa datang ke kampung Jagalan, Jebres, Solo, di sana terdapat tempat produksinya.
 

3. Abon Mesran

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangyobels-snack.blogspot.co.id

Terbuat dari daging ayam dan sapi, Abon Mesran juga cocok untuk dibawa pulang. Rasanya juga nikmat, enak saat dimakan bersamaan dengan nasi hangat. Kamu bisa temukan kuliner ini di Jalan Kalilarangan, Serengan, Solo.
 

4. Bakpia Balong

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulanginsgrum.com

Tak hanya di Kota Gudeg saja, Solo juga punya bakpia dengan rasa yang khas, berbeda dengan yang ada di Jogja. Di sini kamu bisa menemukan Bakpia Balong yang memiliki beberapa rasa seperti kacang hijau, kacang hitam, ketan, cokelat dan lainnya. Lokasinya salah satunya ada di Jl. Urip Sumoharjo, timur Pasar Gedhe.

 

5. Brem Solo

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangtokopedia.com

Oleh-oleh ini dibuat dari peragian air tape. Rasanya unik, dingin, lumer di mulut. Dijamin kamu bakal suka. Kamu juga sangat mudah menemukan jajanan ini, hampir di semua toko oleh-oleh Solo tersedia. 
 

6. Ampyang

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangresepdanmasakan.com

Mungkin kamu juga mengenal kuliner ini dengan nama gulang kacang – salah satu makanan tradisional di Solo. Olahan ini terbuat dari gula merah, kacang dan jahe. Rasanya manis dan legit, di tambah ada rasa dari jahenya. Kamu juga sangat mudah menemukan oleh-oleh ini di Solo.

 

7. Srundeng

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangresepdanmasakan.com

Srundeng tak hanya dibuat dari parutan kelapa saja, tapi juga menggunakan daging di dalamnya. Srundeng ini bentuknya mirip seperti abon, rasanya juga sangat lezat, cocok dimakan dengan nasi panas. Sangat mudah menemukan kuliner ini di semua toko oleh-oleh Solo.

 

8. Serbat Jahe

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangmari-masak-serbat.blogspot.co.id

Serbat jahe adalah minuman jahe dan rempah – minuman tradisional Solo. Serbat jahe dibuat dalam bentuk tablet yang besar. Untuk membuatnya, tinggal masukkan ke dalam gelas dan tuangkan air panas. Tanpa perlu menambahkan apa-apa lagi di dalamnya, kamu bisa langsung menikmatinya. Minum ini bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat, cocok jika cuaca terasa dingin.

 

9. Roti Kecik Ganep

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangsolopos.com

Roti yang terbuat dari tepung ketan ini rasanya sangat gurih dan manis. Roti Kecik Ganep juga tahan lama, jadi cocok untuk oleh-oleh kamu. Biasanya sebagai teman menikmati kuliner ini adalah teh hangat ketika kamu lagi bersantai.

 

10. Klengkam

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangcookpad.com

Kuliner ini juga selalu ada di semua toko oleh-oleh di Solo. Klengkam adalah sebutan lain dari kering kentang yang dibuat dengan bumbu rempah. Biasanya kuliner ini sebagai pelengkap makanan dan bisa juga sebagai camilan saat bersantai.
 

11. Intip

11 Oleh-oleh Khas Solo yang Patut Kamu Bawa Pulangfoody.id

Selain di toko oleh-oleh, kamu juga bisa menemukan kuliner ini di pasar-pasar seperti Pasar Klewer. Intip adalah kerak nasi yang kemudian dijemur hingga kering lalu digoreng dengan minyak panas. Rasanya gurih dan renyah. Ada juga intip yang menggunakan karamel gula dan patut untuk kamu coba.

Bagaimana, sudah tahu apa oleh-oleh yang mau dibawa pulang? Semua kuliner itu sangat mudah untuk kamu temukan di pusat oleh-oleh Solo yang tersebar di sudut-sudut kota. Selamat berburu!

Nara Yana Photo Community Writer Nara Yana

Dog lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You