Comscore Tracker

5 Makanan Thailand dengan Bumbu Bawang Putih, Praktis!

Dominasi rasa bawang putihnya mantap!

Sama halnya dengan Indonesia, makanan Thailand juga sering menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakannya. Makanan Thailand dengan bumbu bawang putih ini gak ribet, makanya banyak orang memasaknya untuk masakan sehari-hari.

Bagi kamu yang ingin mencoba makanan Thailand dengan bumbu bawang putih, berikut deretan hidangan tersebut. Jangan lupa tambahkan ke daftar menumu, ya!

1. Babi bawang putih ala Thailand 

5 Makanan Thailand dengan Bumbu Bawang Putih, Praktis!ilustrasi babi bawang putih (youtube.com/Thai Cookbook TV)

Hidangan ini disebut moo kratiem, yang menyajikan daging babi tumis dengan bumbu bawang putih. Daging yang digunakan biasanya tenderloin babi yang diiris tipis dan dimasak dengan saus Thailand berwarna cokelat.

Sangat cocok disajikan dengan nasi jasmine, yang merupakan nasi sehari-hari Thailand. Untuk membuat hidangan ini, kamu hanya perlu daging babi, bawang putih utuh, pasta bawang putih, saus tiram, light soy sauce, gula, dan minyak untuk menggoreng.

2. Pangsit kucai bawang putih atau guichai tod 

5 Makanan Thailand dengan Bumbu Bawang Putih, Praktis!ilustrasi pangsit kucai bawang putih Thailand (youtube.com/Paillin's Kitchen)

Meski hidangan ini penuh dengan sayuran, namun guichai tod umumnya disukai oleh anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Kulit pangsitnya yang renyah dipadukan dengan isian yang empuk, lembut, dan kenyal. Sangat lezat disantap dengan saus asam manis khas Thailand.

Pangsit Thailand ini juga mudah disimpan di lemari es dan digoreng saat siap disantap. Aroma bawang putih dari masakan ini juga sangat menggugah selera, sehingga digemari oleh anak-anak.

3. Ayam lada bawang putih ala Thailand 

5 Makanan Thailand dengan Bumbu Bawang Putih, Praktis!ilustrasi ayam lada bawang putih Thailand (youtube.com/Pailin's Kitchen)

Hidangan ini biasa disebut dengan gai pad gratiem. “Gai” berarti ayam, “pad” berarti makanan yang ditumis, dan “gratiem” berarti bawang putih. Gai pad gratiem merupakan masakan Thailand olahan ayam yang sederhana namun sangat lezat.

Kombinasinya bersama nasi jasmine sangat cocok untuk disantap kapan saja. Hidangan ini dibumbui dengan saus tiram, soy sauce, thai seasoning sauce, saus ikan, lada hitam, lada putih, dan gula.

Baca Juga: 5 Trivia Miang Kham, Kuliner Thailand Utara Berbungkus Daun

4. Nasi goreng bawang putih 

5 Makanan Thailand dengan Bumbu Bawang Putih, Praktis!ilustrasi nasi goreng bawang putih (pexels.com/Shameel mukkath)

Hidangan ini menyajikan nasi goreng dengan bawang goreng yang renyah sebagai isian maupun garnish. Tidak hanya itu, minyak yang digunakan juga memakai garlic oil. Aroma bawang putihnya menjadi sangat harum dan menggugah selera.

Nasi goreng ini hanya dilengkapi dengan telur dan daun bawang. Semuanya serba bawang, mudah, cepat, dan sangat lezat!

5. Tumis udang goreng bumbu bawang putih 

5 Makanan Thailand dengan Bumbu Bawang Putih, Praktis!ilustrasi udang goreng bumbu bawang putih (youtube.com/Naina Cooking Thaifood Channel)

Hidangan ini dibuat dengan tiga bahan di antaranya udang, bawang putih cincang, dan kecap. Proses membuatnya hanya dengan menumis bawang putih cincang hingga agak kecoklatan, masukkan udang, dan masak hingga matang.

Bumbui dengan kecap dan masak lagi sedikit lebih lama agar kulit udangnya menjadi sedikit garing. Hidangan rumahan Thailand ini sangat difavoritkan oleh banyak orang.

Penambahan bawang putih sebagai bumbu sangat umum ditemui pada masakan Thailand. Selain cara memasaknya yang mudah, makanan Thailand dengan bumbu bawang putih memang selalu menggugah selera dan bikin ketagihan.

Baca Juga: 5 Makanan Thailand dengan Anggur, Rasanya Unik dan Lezat

Porcelain Photo Writer Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_pr ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya